Panduan perawatan untuk pemakai behel

Anda seorang pemakai behel alias kawat gigi? Jika jawaban Anda adalah ya, maka Anda harus menyimak tips-tips menjaga kesehatan gigi bagi Anda yang menggunakan kawat gigi di bawah ini. Hidup dengan kawat gigi tidak sulit, kok!

  1. Hati-hati pilih makanan
    Mengonsumsi makanan yang salah dapat merusak kawat gigi Anda. Selama beberapa hari pertama, dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang lunak dan halus. Potong kecil-kecil makanan Anda agar lebih mudah untuk dikunyah. Contoh makanan yang dapat Anda konsumsi antara lain adalah seperti nasi, pasta, fish cake, mashed potato, daging yang dimasak lunak, puding, es krim, pisang, dan buah yang dijus.
    Beberapa makanan tidak dianjurkan untuk dikonsumsi ketika Anda menggunakan kawat gigi karena dapat merusak kawat gigi adalah makanan yang keras, kenyal, lengket, dan perlu digigit. Contoh makanan yang harus dihindari adalah apel, permen karamel, kacang, dan permen karet. Permen karet sangat tidak dianjurkan karena dapat melekat pada kawat gigi.
  2. Hindari kebiasaan buruk yang merusak gigi Anda
    Anda mungkin punya kebiasaan menggigit kuku atau menggigit pensil. Kebiasaan tersebut harus segera Anda hentikan karena selain merusak gigi Anda, juga dapat mengganggu kawat gigi yang baru Anda pasang.
  3. Bersihkan sela-sela kawat gigi Anda setelah makan
    Penting bagi Anda untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi Anda. Selalu sikat gigi setiap selesai makan untuk menghindari adanya makanan yang terselip di kawat gigi. Waktu yang tepat untuk sikat gigi adalah 1 jam setelah makan.
  4. Kontrol rutin
    Selalu kontrol rutin ke dokter gigi untuk melihat perkembangan dan memperbaiki kawat gigi yang mulai longgar. Dianjurkan untuk kontrol setiap 3-10 minggu tergantung dari jenis kawat gigi yang Anda pakai dan anjuran dokter gigi Anda.
  5. Lindungi gigi saat olahraga
    Jika Anda seorang atlet atau memiliki hobi olahraga, Anda tetap dapat melakukannya. Gunakan pelindung mulut setiap berolahraga untuk melindungi gigi dan kawat gigi Anda, terutama apabila Anda melakukan olahraga kontak yang memiliki risiko tinggi. Apabila Anda menggunakan kawat gigi yang dapat dilepas, selalu lepas kawat gigi Anda saat bermain dan tetap gunakan pelindung mulut.