Panduan lengkap merawat blue tongued skink atau kadal panana

BlueTongueSkink

Bagaimana cara merawat kadal blue tongued skink atau kadal panana?

Perawatan Kadal Blue Tounge
Kadal yang disebut sebagai Blue Tounge ini adalah salah satu dari beberapa spesies dari genus Tiliqua, tetapi yang sering dijakdikan hewan peliharaan adalah dari subspesies scincoides Tiliqua. Kadal Blue Tongue adalah spesies yang ideal untuk para pemula karena mudah dijinakkan dan ditangani, tetapi mereka dapat mencapai panjang hingga 50 centimeter dan dapat hidup sampai 20 tahun.

Kandang untuk Blue Tongue
Ukuran kandang kadal ini tergantung dari ukuran tubuhnya. Bayi kadal blue tounge akan membutuhkan kandang berukuran 30 x 60 cm sementara yang dewasa membutuhkan kandang berukuran 45 x 90 cm. Kandang ini bisa menampung hingga 3 ekor, tapi jangan tempatkan 2 jantan dalam satu kandang karena kemungkinan mereka akan berkelahi. Kadal adalah makhluk tanah, hingga kayu untuk memanjat tidak diperlukan. Tapi tempat bersembunyi sangat diperlukan. Gunakan tumpukan batu, kotak kardus atau pipa pvc.

Untuk alas kandang, bisa digunakan pasir, serpihan kulit kayu, serbuk gergaji, karpet atau koran bekas. Pastikan blue tongue tidak menelan substrat berbasis kayu, dan jangan gunakan serutan kayu pinus sebagai substrat.