Pandemi Menyerang, ini 5 Cara Menjaga Kesehatan Mental

image

Waktu akan terus berjalan, begitu juga dengan kehidupan. Semua orang mengalami perubahan setiap waktunya, baik perubahan fisik, karakter maupun mental. Perubahan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik keluarga, lingkungan maupun keinginan. Setiap perubahan tentunya mempunya dampak bagi kehidupan baik yang positif maupun negatif. Untuk dapat membuat kehidupan yang positif haruslah mempunyai karakter yang baik dan mental yang kuat di setiap keadaan.

Berbicara mengenai mental, semua orang tentunya memiliki mental yang beragam dalam kehidupannya. Keberagaman mental seseorang dipengaruhi oleh berbagai hal salah satunya adalah keadaan. Untuk itu perlunya seseorang untuk membentuk kesehatan mental yang kuat sehingga mereka bisa menjalani kehidupan yang terus berjalan.

Berdasarkan data Riskesdas 2013 diketahui prevalensi gangguan jiwa berat secara nasional sebesar 1,7‰ (per mil), atau sebanyak 1.728 orang. Gangungan mental tersebut terjadi karena adanya rasa khawatir, kecemasan dan emosional yang tinggi bagi seseorang. Terlebih lagi kondisi saat ini yang sangat meresahkan bagi kita semua. Karena terjadinya penyebaran wabah covid 19 di Indonesia. Bahkan semua orang pun merasakan dampak yang sangat besar, baik dari kalangan atas maupun kalangan bawah. Dampak yang besar ini bisa mengakibatkan gangguan mental pada seseorang. Sehingga perlunya menjaga kesehatan mental di tengah pandemi yang terjadi.

Lantas bagaimana sosok orang yang memiliki kesehatan mental yang kuat? Apakah orang yang jarang menangis mempunyai kesehatan mental yang kuat? Atau mereka yang selalu tersenyum walaupun cobaan menghadapinya?

Perlu kita ketahui, ada banyak hal yang dapat menggambarkan seseorang mengalami mental yang kuat. semakin kuat mental seseorang, maka daya juang yang dimiliki pun akan semakin tinggi. Mereka selau berpikir positif dan bangkit sekalipun mesti menangis.

Untuk dapat berpikir positf dan bangkit tentunya tak semudah membalikan telapak tangan. Pasti ada aja cobaan yang menghampirinya dan itu membuat rasa hawatir yang berlebihan sehingga pikiran kita menjadi semakin keruh. Untuk itu perlunya seseorang untuk menjaga kesehatan mental di setiap kehidupan. lalu bagaimana menjaga kesehatan mental yang kuat, terlebih dalam kondisi pandemi ini? Antara lain adalah:

  1. Meningkatkan Iman
    image

    Seseorang yang memiliki iman yang kuat tentunya akan memiliki mental yang kuat pula, karena mereka percaya bahwa semua kejadian sudah ada yang mengaturnya. Bahkan dalam Islam seorang muslim masih mempunyai senjata yang terkuat walaupun cobaan menghampiriya yaitu do’a. pastikan didalam aktivitas selalu berdo’a dan melibatkan semua urusan adalah milik tuhan semata. Karena sejatinya setelah coba’an akan ada kebahagiaan.

  2. Berpikir Positif
    image

    Banyak orang yang mengalami kekecewaan dalam kehidupannya. Kekecewaan tersebut muncul karena kegagalan yang menimpanya. Untuk itu perlulah setiap orang memiliki pikiran yang positif. Karena dalam kehidupan tentunya ada pembelajaran yang positif didalamnya.

    “Berpikir positif akan membiarkan Anda melakukan segala sesuatu lebih baik daripada berpikir negatif.” – Zig Ziglar

    Ketika seseorang sudah bisa berpikir positif. Tentunya mereka akan mengambil pelajaran di setiap kejadian. Mereka akan selalu bangkit dan yakin bahwa akan ada kebahagiaan di masa yang mendatang. sikap dan keyakinan tersebutlah yang menyebabkan seserong mempunyai mental yang kuat.

  3. Bersyukur di setiap keadaan
    image

    “Hidup ini memang tidak mudah. Dan jadi lebih sulit ketika kamu hanya mengeluh dan menyalahkan orang lain.” – Mario Teguh

    Seringkali kita mengeluh dan menyalahkan orang lain dalam kehidupan, sehingga kitapun merasa resah dan khawatir dalam menjalani keadaan. Padahal kunci kebahagiaan adalah rasa syukur kepada tuhan yang menciptakan. Karena pada dasarnya bahagia itu sangatlah sederhana. Tidak perlu menjadi kaya untuk bahagia, cukuplah menerima dan ikhlas dengan keadaan yang ada

    Cobalah untuk bersyukur dalam setiap keadaan. Karena keadaan akan terus berubah. Tak selamanya kita akan merasakan senang dan sedih. Fase itu berubah-ubah dengan sendirinya. Sehingga kita hanya perlu bersyukur dan ikhlas menerima keadaan.

  4. Bercerita kepada orang lain
    image

    Mungkin banyak sekali orang yang merasa minder ketika ingin menceritakan masalahnya terhadap oranglain. Padahal melalui bercerita kita akan merasa didukung dan didengarkan. Sehingga bisa meluapkan sedikit beban yang kita rasakan. Melalui cerita hati akan menjadi lebih tenang dan tentram. Mungkin awalnya begitu sulit tapi cobalah untuk bercerita dan mulailah dengan menceritakan hal-hal yang positif kepada orang yang kita percaya.

  5. Tidur yang cukup
    image

    Ketika tidur, otak akan menjadi lebih rileks karena tidur dapat menyingkirkan protein racun yang diproduksi. Orang yang tidur dengan cukup akan mempunyai daya ingat yang kuat dan mampu mengontrol emosinya. Sehingga ini akan berpengaruh terhadap pembentukan mental yang sehat. Karena seseorang yang memiliki pikiran yang jernih dan daya ingat yang kuat akan mudah melakukan tindakan yang positif.

Untuk itu perlulah menjaga kesehatan mental yang kuat. Terlebih lagi di tengah kondisi pandemi ini. Karena mental yang kuat akan menumbuhkan jiwa yang sehat dan hati yang selalu merasa bahagia. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Dan menjadikan diri kita memiliki mental yang selalu kuat.

Semangat !

Referensi

  • Kementrian Kesehatan RI. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. Laporan Riset Kesehatan Dasar 2013. Jakarta; Kementerian Kesehatan RI. 2013.