Pandemi Membuat Tren Glow Up

Sudah hampir 6 bulan lamanya pandemi COVID-19 di Indonesia, mayoritas kegiatan dilakukan di rumah agar dapat menekan persebaran virus ini. Baru-baru ini melalui aplikasi Instagram dan TikTok sedang ramai tren Glow Up Challenge masa pandemi, orang-orang melakukan perawatan ekstra pada wajah dan tubuh sesuai yang diinginkan. Bagikan bagaimana cerita perawatanmu masa pandemi, Kadics

6 Likes

Pada media sosial seperti Instagram, YouTube, Facebook, Twitter, terlebih platform yang sedang sedang banyak diakes seperti TikTok muncul tagar #GlowUpChallenge. Apabila terdapat sebuah kiriman yang mencantumkan tagar tersebut maka pengguna sedang menampilkan bagaimana penampilannya pada masa lalu dan dibandingkan dengan masa kini. Contohnya seperti thumbnail video di bawah ini

glow up challenge
Sumber: Youtube.com

Pada video tersebut menunjukan penampilannya di masa lalu kemudian dengan segala perawatan yang ia lakukan sehingga menjadi terlihat lebih baik. Tagar ini sangat menarik sehingga sudah digunakan sebanyak 3,393,161 kali dilansir berdasarkan http://best-hashtags.com/. Terdapat berbagai macam cara untuk memiliki penampilan lebih baik dari sebelumnya agar dapat membuat kiriman dengan tagar #GlowUpChallenge ini. Sebelum mengetahui cara mengkikuti tren glow up lebih baik kita pahami apakah yang dimaksud dengan Glow up

Glow Up merupakan idiom, jadi pengartiannya hanya bisa didefinisikan dalam satu frasa. Glow Up diartikan sebagai perkembangan secara signifikan dari seseorang dan konteksnya positif.

“To transform oneself in a significant way. The phrase can be applied to positive changes in one’s appearance, but usually focuses more on one’s successes in life and increased self-confidence”. Dilansir dari idioms.thefreedictionary.com

Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat dua poin seseorang dapat dikatakan mengalami Glow Up yaitu 1. terdapat perkembangan positif 2. menaikkan tingkat percaya diri. Terdapat panduan untuk Glow Up agar memudahkan pembuatan target melalui buku berjudul Project Glow Up: My Glow Up Workbook buku ini dapat diakses dan diunduh secara daring melalui tautan di bawah ini

Buku dengan tipe jurnal seperti ini bisa memudahkan pemula untuk teratur sehingga perubahan penampilan bisa sesuai target yang diinginkan. Selamat mencoba!

9 Likes

Saya percaya perlunya pendekatan secara menyeluruh ketika ingin pelakukan perawatan diri agar mencapai tujuan yaitu semakin lebih terlihat ‘cantik’. Saya merangkum beberapa rujukan perawatan diri dari majalah kesehatan dan Showbiz, saya pun mendapati empat kategori yang memudahkan program perawatan diri. Kadics juga bisa mencobanya untuk mengikuti tren Glow Up Challenge

1. Kesehatan dan Kebugaran Fisik

cnn
Sumber: cnnindonesia.com

“Mens sana in corpore sano”. Di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat

Kategori pertama adalah kesehatan dan kebugaran fisik, ketika tubuh dalam kondisi prima maka segala aktifitas akan lebih mudah untuk dilakukan. Perawatan diri membutuhkan ketelatenan dan effort yang tinggi sehingga apabila tidak diimbangi dengan keadaan tubuh sehat maka akan menghambat kegiatan perawatan diri. Hal-hal yang bisa dilakukan untuk mrnjaga kesehatan dan kebugaran fisik antara lain; olahraga rutin, makan secara teratur dan gizi seimbang, rutin melakukan kontrol kesehatan.

2. Kesehatan Mental


Sumber: ui.ac.id

Secara fisik, kesehatan tubuh dapat diukur secara pasti. Hal ini berbeda dengan kesehatan mental, menurut sebuah artikel di bbc.com seseorang bahkan jarang dapat menyadari bahwa dirinya sedang tidak sehat secara mental atau psikis. Kesehatan mental berpengaruh pada proses perawatan diri karena mengingat tujuan dari perawatan diri itu adalah kepuasan pribadi. Pola pikir seseorang mengenai keberhasilan dari perawatan diri yang dilakukan yang sesuai adalah dengan menyesuaikan bentuk fisik tubuh dengan hasil terbaik yang dapat diraih. Saya sendiri memiliki referensi perawatan diri sesuai dengan konsep bersyukur dan self-esteem atau pengembangan diri. Ketika sesorang memasang target hasil perawatan yang tidak rasional dengan kondisi fisik maka akan menyebabkan beban berat pada proses perawatan diri.

3. Lingkungan

bangazul
Sumber: bangazul.com

Lingkungan bisa menjadi salah satu kategori dalam proses perawatan diri. Contoh mudah dalam memahami bagaimana lingkungan mempengaruhi proses perawatan diri adalah adanya tren Glow Up Challenge, tren ini dapat terbentuk ketika banyak dari masyarakat melakukan publikasi mengenai hasil perawatan diri yang dilakukan selama masa pandemi. Masyarakat yang beramai-ramai mengunggah mengenai hal tersebut menciptakan lingkungan media sosial mendukung untuk perawatan diri selama pandemi. Contoh yang dijelaskan sebelumnya masih berorientasi positif, akan tetapi terdapat kemungkinan lingkungan berkontribusi negatif pada proses perawatan diri. Seseorang dapat termotivasi lebih baik atau juga terbebani dengan standar umum masyarakat untuk menjadi lebih baik secara penamilan dari sebelumnya.

4. Penampilan Fisik

mantapps
Sumber: mantapps.com

Tujuan utama perawatan diri yang benar seharusnya adalah menjaga kondisi tubuh khususnya kulit sehingga tetap dalam kondisi prima. Definisi ini harus dibedakan dengan melakukan perawatan diri untuk mengubah bentuk tampilan fisik menjadi seperti fitur fisik orang lain. Memiliki tujuan perawatan fisik seperti orang lain memang tidak salah, akan tetapi bersyukur dengan penampilan fisik yang dimiliki akan menjadi nilai tersendiri yang lebih unik.

2 Likes

Saya sepakat mengenai Glow Up Challenge yang membutuhkan ketelatenan. Perawatan dilakukan secara rutin agar mencapai hasil yang maksimal. Selain buku seperti yang dibagikan @Diah_Lutfiani, saya menemukan beberapa aplikasi di Playstore android yang dapat membantu proses perawatan tubuh agar dapat mencapai hasil Glow Up maksimal.

1. Glow Face Tips


Sumber: play.google.com

Pada aplikasi ini memiliki fitur tips untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan bersinar. Kadics dapat mengikuti tips dan terdapat tanda apabila menerapkan tips yang diberikan pada aplikasi. Selain itu terdapat fitur live chat yang dapat digunakan untuk berdiskusi mengenai bagaimana perawatan yangs esuai dnegan jenis kulit yang dimiliki.

2. Habit Challenge - Build New Habits & Change Life


Sumber: play.google.com

Keep track of your new skills. Form good habits. Break bad habits. Improve yourself and your life.

Cara kerja aplikasi ini adalah dengan membuat kustomisasi kebiasaan yang ingin didapat dalam periode waktu tertentu dan menyesuaikannya dengan kesibukan. Jadi, dapat disimpulkan aplikasi ini seperti jurnal harian untuk menciptakan kebiasaan baik yang baru dan mencapai tujuan menjadi Glow Up.

3. Fabulous: Daily Motivation & Habit Tracker


Sumber: play.google.com

Keunggulan pada aplikasi ini adalah adanya pemantauan olahraga mingguan untuk menambah kebugaran. Selain itu Kadics juga bisa mendapatkan kata-kata motivasi untuk menambah semangat menjalankan program Glow Up. Pembentukan kebiasaan yang disediakan pada aplikasi ini pun berbentuk challenge sehingga Kadics dapat membagikan kemajuan yang didapat ketika menerapkan anjuran-anjuran dalam aplikasi. Terdapat beberapa pilihan tujuan yang dapat dipilih dan setiap tujuan memiliki tahapan yang berbeda-beda.

2 Likes