Pandangan kalian tentang perkembangan komik di Indonesia?


(Nur Shafiya) #1


Perkembangan komik di Indonesia sudah semakin pesat, ditambah lagi dengan kemajuan teknologi yang memudahkan seseorang dapat mengakses nya secara online sekarang. Sudah banyak juga beredar beberapa situs komik online, dimana dapat memudahkan seseorang dalam menikmatinya. Tetapi, seiring dengan berkembangnya teknologi ada beberapa orang yang lebih memilih untuk tidak lagi membeli komik secara langsung pada bookstore. Dapat dilihat juga dari harga yang semakin naik hingga kisaran tiga puluh ribu rupiah. Tetapi untuk para pecinta komik masih ada beberapa orang yang memilih untuk membelinya secara langsung dilihat dari sisi jika melakukan pembelian secara langsung maka komik tersebut secara fisik dapat dijadikan koleksi walaupun harganya sudah melejit di pasaran. Sedangkan komik yang bersifat online walau dapat dinikmati dengan akses yang mudah dan bersifat free tidak dapat dijadikan koleksi.

Referensi Gambar : https://www.google.com/url?sa=i&rct=j&q=&esrc=s&source=images&cd=&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwip-JH2-O7ZAhUBvo8KHZPWADoQjRwIBg&url=https%3A%2F%2Fbluewind97.deviantart.com%2Fart%2FKocchi-Muite-Miiko-253224868&psig=AOvVaw26InaJ4jN77V10uJ5ly0NY&ust=1521224415194914


(Suri) #2

Perkembangan komik di Indonesia menurut saya paling ramai ketika pertengahan tahun 70an sampai 90an. Dengan didominasi komik-komik yang bercerita tentang legenda atau pahlawan lokal. Namun semakin mendekati tahun 2000an perkembangan komik di Indonesia kian meredup. Komik lokal semakin sepi peminat dan malah sudah tidak diproduksi kembali.

Tetapi, akhir-akhir ini para creator komik Indonesia semakin bermunculan lagi. Seperti menghidupkan kembali tren komik asli Indonesia. Salah satu cara untuk mempromosikan komik-komik Indonesia, para creator komik mempromosikan komiknya lewat media sosial seperti Instagram. Menurut saya cara tersebut lebih efektif diterapkan sekarang ini.