© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Pamali, game horror-budaya yang mengajarkan...pamali?

image

Pernahkah kalian duduk di di dekat pintu, lalu orangtua kalian mengingatkan agar tidak melakukannya? Atau kita harus menghindari menempatkan kursi yang menghadap langsung dengan jendela?

Hal tersebut, dalam budaya Indonesia disebut Pamali. Jika kalian mencoba melanggar sebuah pamali, percaya tidak percaya kalian akan mengalami berbagai macam hal-hal buruk, entah itu kena sial, menderita penyakit aneh, hingga diteror oleh semacam mahluk halus.

StoryTale Studios, sang developer asli dari kota Kembang, Bandung ingin mencoba mengembangkan sebuah game horror yang dapat memberikan kalian sedikit edukasi mengenai pengalaman dan budaya Pamali yang biasa dipercayai oleh masyarakat di negeri kita tercinta, Indonesia. Terutama mengenai latar belakang dari kepercayaan masyarakat terhadap keberadaan entitas-entitas supernatural, seperti Kuntilanak, Pocong, Leak, sampai ke Tuyul.

Tidak seperti Dreadout yang sangat begitu mengedepankan aspek eksplorasi beserta petualangan yang bersifat naratif, game yang kebetulan juga memiliki judul “Pamali” ini akan lebih membawa kita ke sebuah aspek simulasi yang dikemas ke dalam beberapa macam skenario pamali. Contohnya seperti kalian yang ditugaskan untuk membersihkan sebuah rumah kosong tanpa harus menganggu ketenangan para mahluk-mahluk astral yang mendiami rumah tersebut.

image

Ketika kita berhasil menyelesaikan skenario tersebut dengan selamat ataupun tidak, di akhir game kita akan diberikan sebuah informasi mengenai hal-hal apa saja yang sekiranya kurang tepat untuk kita lakukan ketika menginteraksikan suatu objek, baik di saat kalian sedang menyalakan lampu, tempat menaruh barang, menyalakan radio, dan masih banyak lagi.

Jika kalian menyaksikan sejenak trailer yang mereka sajikan di atas, kalian akan mendengarkan percakapan para karakter-karakternya yang diungkapkan dengan bahasa asli Indonesia plus juga dengan adanya tambahan subtitle Inggris bagi para gamer-gamer mancanegara. Jadi, bisa dipastikan bahwa game Pamali ini benar-benar dikerjakan secara serius dan sangat begitu diharapkan bahwa pada masa perilisannya, game ini bisa mendapat sebuah hype yang tidak kalah dengan Dreadout.

Game Pamali sendiri saat ini masi berada di dalam proyek kickstarter. Bila penggalangan dananya berhasil, game horror simulasi tersebut rencananya akan segera dirilis di PC melalui platform Steam pada sekitaran Q4 (kuartal ke-4) di tahun 2018 ini. Untuk kalian yang mau mencoba preview seperti apa game ini, kalian bisa mendownload versi demo dari “Pamali” melalui Steam.