Pakan tambahan apa saja yang dapat diberikan pada burung cucak hijau ?

image

Pakan tambahan yang dapat diberikan pada burung cucak hijau antara lain :

  1. Jangkrik
    Jangkrik merupakan pakan tambahan bagi cucak hijau yang bermanfaat untuk meningkatkan power suara dan meningkatkan birahi

  2. Belalang
    Belalang ini bisa digunakan sebagai pengganti jangkrik. Setiap satu ekor belalang mengandung serat kasar 12,4 gram/100 gram, protein kasar 62 gram/100 gram, dan lemak kasar 15,5 gram/100 gram. Gizi yang dimiliki belalang tersebut menjadi semakin lengkap dengan adanya asam amino essensial, beberapa jenis vitamin penting, serta beberapa mineral, seperti fosfor, kalium, kalsium, dan sodium (natrium).

  3. Ulat hongkong
    Ulat hongkong atau yang lebih dikenal dengan sebutan meal worm atau yellow meal worm merupakan sejenis larva ulat berukuran panjang tubuh sekitar 33 mm dan diameter 3 mm. ulat hongkong ini merupakan anak dari serangga induk bernama Tenebrio molitor, yaitu serangga pemakan biji-bijian yang disimpan, seperti beras, kacang hijau, gandum, kedelain, jagung, jemawut, dan lain sebagainya.

  4. Ulat bambu
    Ulat bambu atau yang lebih dikenal dengan sebutan ulat bumbung merupakan pakan tambahan bagi cucak hijau yang bermanfaat untuk menurunkan birahi. Di dalam tubuh ulat bumbung terdapat kandungan gizi yang cukup baik, di antaranya protein mencapai 15,7%, lemak mencapai 22,19%, serat kasar mencapai 7,69%, dan air mencapai 61,73%. Kandungan gizi yang dimiliki ulat bambu tersebut sangat baik untuk diberikan pada cucak hijau jantan maupun betina yang mengalami over birahi. Namun, pemberiannya juga tidak boleh terlalu banyak, karena dikhawatirkan dapat menimbulkan lemak berlebih di dalam tubuh cucak hijau, sehingga menjadikan cucak hijau malas berkicau dan aktif bergerak.

  5. Kroto
    Kroto merupakan pakan tambahan bagi cucak hijau yang kaya protein. Kroto dihasilkan oleh semut merah atau biasa dikenal dengan sebutan semut rangrang yang bersarang di pohon-pohon yang memiliki daun lebar dan rapat, seperti pohon jambu air dan mangga. Oleh para pembudidaya, kroto diyakini sebagai pakan tambahan terbaik bagi cucak hijau yang dibudidayakan. Mereka meyakini bahwa di dalam kroto terdapat kandungan protein yang dapat membuat cucak hijau selalu dalam keadaan fit atau sehat.

Apakah ada yang lainnya ?