Pakan apa yang baik untuk burung cucak ijo?

image

Pemilihan pakan pada cucak ijo dapat berpengaruh baik atau buruk pada kesehatannya. Lalu, apakah pakan yang baik yang harus diberikan?

Dalam memenuhi kebutuhan asupan cucak ijo, ada baiknya jika diberikan secara bervariasi misalkan hari pertama disajikan menu A, kemudian hari kedua usahakan dapat tersaji menu B, dan seterusnya. Hal tersebut untuk mencegah kebosanan pada cucak ijo.

Berikut beberapa pakan yang baik :

  1. Buah-buahan segar, seperti pisang, pepaya dan apel. Khusus untuk pisang, sebaiknya dicuci terlebih dahulu sebelum diberikan pada cucak ijo. Karena dimungkinkan kulit pisang terkontaminasi oleh karbit untuk mempercepat buah masak. Apabila cucak ijo mengonsumsinya, maka dapat membahayakan kesehatan.

  2. Ekstra Fooding (EF), misalnya kroto, belalang, jangkrik dan ulat. Namun sangat tidak dianjurkan memberikan EF dalam jumlah banyak, karena dapat mengakibatkan cucak ijo macet bunyi. Disarankan untuk memberikan porsi EF sesuai dengan umur dan keadaannya.

  3. Voer. Voer berkadar protein 12-18%. Disarankan untuk memberikan voer secara konsisten, yaitu fokus pada satu merk tertentu.

1. Pisang kepok

Pisang kepok merupakan pakan utama bagi cucak hijau yang harus diberikan setiap hari. Pisang jenis ini memiliki banyak kandungan gizi, diantaranya 35 mg fosfor, 11 mg kalsium, 1 mg zat besi, 503 mg potassium, 260 IU vitamin A, 14 mg vitamin C, dan 1 mg niasin. Semua kandungan gizi tersebut sangat dibutuhkan oleh cucak hijau untuk dapat bergerak aktif dan berkicau merdu di dalam kandang.

2. Tomat

Tomat merupakan jenis buah-buahan yang sangat disukai cucak hijau. Setiap 1 buah tomat memiliki kandungan vitamin C lebih tinggi dibandingkan jeruk. Selain itu, tomat juga kental dengan kandungan vitamin A. semakin matang buah tomat, vitamin C dan A yang terkandung di dalamnya juga semakin banyak. Dua vitamin ini tentu sangat baik untuk memelihara kesehatan harian tubuh dan pengelihatan cucak hijau.

3. Pir

Pir merupakan jenis buah-buahan yang juga disukai cucak hijau karena rasanya yang manis dan segar. Buah jenis ini memiliki kandungan gizi lengkap, mulai dari karbohidrat, protein, vitamin, hingga kalsium. Bahkan, menurut penelitian, setiap 100 gram pir mengandung karbohidrat 14,46 g, energy 242 KJ (58 kkal), protein 0,38 g, gula 9,80 g, diet serat 3,1 g, thiamine (vitamin B1) 0,012 mg, riblofavin (vitamin B2) 0,025 mg, asam pantotenat (vitamin B5) 0,048 mg, vitamin B6 0,028 mg, folat (vitamin B9) 7 mg, vitamin C 4,2 mg, fosfor 11 mg, kalium 119 mg, kalsium 9 mg, magnesium 7 mg, besi 0,17 mg, dan seng 0,10 mg.

4. Apel merah

Apel merah sangat kaya vitamin, mulai dari vitamin A 98 IU, B1 (thiamine) 0,031 mg, B2 (riboflavin) 0,047 mg, B3 (niacin) 0,166 mg, B6 0,075 mg, C 8,4 mg, E 0,33 mg, K 4 mcg. Folate 5 mcg, hingga pantothenic achid 0,111 mg. selain itu, apel merah juga sangat kaya kandungan mineral, antara lain potassium, magnesium, kalsium, zat besi,dan zinc.

5. Papaya

Papaya merupakan jenis buah-buahan untuk cucak hijau yang paling menyehatkan di antara empat jenis buah-buahan sebelumnya. Pasalnya, papaya mengandung gizi-gizi penting yang sangat dibutuhkan cucak hijau setiap hari, seperti betakaroten 276 mikrogram/100 g, betacryptoxanthin 761 mikrogram/100 g. lutein dan zeaxanthin 75 mikrogram/100 g. gizi-gizi tersebut dapat berfungsi sebagai antioksidan yang sangat ampuh dalam menangkal serangan radikal bebas.