Pakan apa saja yang dapat diberikan pada ikan buntal air tawar ?

Ikan Buntal

Ikan Buntal atau Fugu (Arothron Meleagris) memiliki nama berbeda disetiap daerah, di Indonesia ikan ini dikenal dengan nama “ikan buntek” sedangkan dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Balloonfish dan Globefish. Ikan Buntal

Makanan ikan buntal yang cocok diberikan agar cepat besar :

1. Cacing darah
Cacing darah atau bloodworm dapat diberikan sebagai makanan utama ikan buntal namun dalam memberikan makanan berupa cacing darah sebaiknya cacing darah dicuci terlebih dahulu agar kotoran berupa lumpur tidak mengotori air akuarium nantinya. Untuk mendapatkan cacing darah dapat membelinya di tempat penjualan khusus makanan ikan hias.

2. Cacing sutra
Cacing sutra sebagai makanan ikan buntal juga dapat diberikan sebagai pengganti cacing darah, namun dalam memberi makanan ikan buntal dengan cacing sutra sebaiknya cacing dalam keadaan segar dan hidup karena ikan buntal sangat menyukai makanan yang masih segar dan hidup.

3. Cacing beku

Cacing beku berupa cacing sutra dan cacing darah dapat dijadikan sebagai makanan utama untuk ikan buntal dan menjadi pilihan bagi pemelihara ikan ini dikarenakan tidak repot dalam mencarinya , cukup membelinya saja di tempat khusus yang menjual makanan ini.

4. Siput atau kerang

Siput atau kerang juga dapat dijadikan makanan utama untuk ikan buntal, selain kaya akan nutrisi yang dibutuhkan untuk ikan buntal , daging siput cocok untuk perkembangan gigi ikan buntal.
Nah itulah makanan yang cocok diberikan kepad ikan buntal semoga dapat bermanfaat dalam memelihara ikan buntal nantinya, jika ada pertanyaan dapat bertanya melalui form komentar di bawah.

Ikan buntal air tawar bisa memakan semua jenis pakan hidup. Siput, kerang, cacing darah ataupun pakan beku dilahapnya. Untuk menjaga gigi ikan buntal agar tetap tajam, berikanlah pakan sejenis siput secara teratur agar giginya terkikis. Jika tidak dikikis, gigi ikan buntal dapat tumbuh panjang hingga bawah.

Ikan buntal ini cenderung teritorial. Dengan gigi tajamnya membuat ikan buntal suka menggigit ikan lainnya. Apalagi yang bergerak lambat dan memiliki sirip panjang. Maka, jika akuarium diisi dengan ikan berbagai jenis, usahakan memilih ikan yang bersirip pendek, mampu bergerak lincah dan ukuran tubuhnya sama. Contoh jenis ikan yang cocok hidup dengan ikan buntal, yaitu rasbira, danio, corydoras dan rainbowfish. Jika dipelihara dengan syarat diatas, maka ikan ini bisa hidup berdampingan secara damai. Di sisi lain, ikan ini juga bisa dipelihara berpasangan, namun akuarium harus memiliki tempat persembunyian yang memadai bagi ikan buntal air tawar.

Sumber: