Pakai lipstik setiap hari membuat bibir jadi hitam, mitos atau fakta?

da3065f0-5dc0-4975-b9de-0266983b5a63_169
Memiliki bibir hitam memang bisa mengurangi kepercayaan diri terutama pada perempuan. Bagi perempuan salah satu mitos yang sering beredar adalah karena menggunakan lipstik setiap hari.

Sering memakai lipstik disebut jadi salah satu penyebab warna bibir menjadi gelap atau hitam. Benarkah demikian? Yuk share pendapat kalian!

Lipstick memang dapat membuat bibir menjadi hitam. Namun, bukan karena intensitas pemakaiannya yang setiap hari melainkan lipstik yang mengandung bahan kimia yang cukup berbahaya seperti asam ricinoleic, sopalmityl diglyceryl sebacate, asam lemak dipentaerythritol dan tar batubara. Bahan berbahaya tersebut dapat menyebabkan alergi bibir sehingga lama-lama akan membuatnya menghitam. Selain itu, menggunakan lipstik yang kedaluwarsa juga jadi penyebab mengapa bibir tidak secerah sebelumnya.

1 Like

Menurut hasil wawancara Beauty Journal dengan dr. Shinta Damayanti, SpKK di Erha Dermatology, bibir yang menggelap (bukan gelap karena genetik) biasanya dimulai karena iritasi. Nah, iritasi ini bisa disebabkan salah satunya oleh penggunaan lipstik dengan formula yang kurang cocok. Salah satu riset di tahun 2013 juga menyatakan bahwa terdapat kandungan metal yang cukup tinggi dalam formula lipstik yang berpotensi menyebabkan masalah kesehatan.

Terlepas dari kandungan apa yang ada dalam lipstik, bibir bisa juga menggelap akibat tidak adanya perawatan untuk bibir yang dilakukan. Menggunakan pelembab bibir dan sering scrub bibir dapat meminimaliris penggelapan pada bibir walaupun kita mengguanakn lipstik setiap hari. Jadi sangat penting merawat kesehatan bibir dengan menggunakan produk-produk terbaik agar bibir kita tidak gelap.

1 Like

Lipstik memang bisa menyebabkan bibir semakin menghitam. Namun, hanya untuk lipstik tertentu saja yang mengandung bahan kimia yang cukup berbahaya seperti asam ricinoleic, sopalmityl diglyceryl sebacate , asam lemak dipentaerythritol dan tar batubara.
Bahan berbahaya di atas bisa menyebabkan alergi bibir sehingga lama-lama akan membuatnya menghitam. Selain itu, menggunakan lipstik yang kedaluwarsa juga jadi penyebab mengapa bibir tidak secerah sebelumnya.

Dikutip dari The Times of India , ada beberapa kebiasaan yang cukup buruk dan biasa dilakukan sehingga membuat bibir semakin menghitam. Berikut 5 kebiasaan yang sebaiknya dihindari agar bibir tetap warna pink cerah.

  • Bibir kering dan pecah-pecah. Membiarkan bibir selalu kering apalagi pecah-pecah membuatnya kehilangan hidrasi alami. Tetaplah menjaga kelembapan bibir.
  • Tidak eksfoliasi bibir dengan baik. Proses eksfoliasi bibir untuk menghilangkan sel-sel kulit mati.
  • Paparan sinar UV juga bisa membuat bibir menjadi gelap. Tambahkan lip balm dengan kandungan SPF 30 bisa mencegah bibir menjadi lebih gelap.
  • Kebiasaan merokok. Bibir gelap juga dapat disebabkan oleh kebiasaan merokok yang setiap hari. Kandungan dalam asap rokok seperti nikotin dan tar akan menempel di bibir yang bisa menyebabkan perubahan warna.
  • Tidak merawat bibir dengan telaten. Tak hanya muka dan badan, bibir juga perlu perawatan seperti lip mask , lip scrub dan sebagainya secara rutin.
1 Like

Memakai lipstick hampir setiap hari dapat membuat bibir menjadi hitam. Maka dari itu, selalu dianjurkan untuk rutin merawat kesehatan bibir. Agar bibir tidak menjadi hitam, dianjurkan untuk selalu memakai lipbalm sebelum menggunakan lipstick. Selain itu, pastikan 3x seminggu melakukan eksfoliasi menggunakan lip scrub untuk mengilangkan zat-zat mati yang terdapat di bibir setelah seringnya menggunakan lipstick.

1 Like

Menggunakan lipstick memang terkadang meyebabkan bibir menghitam tapi bukan satu-satunya faktor. Ada beberapa faktor yang bisa membuat bibir menjadi hitam salah satunya adalah lipstick yang mengandung bahan kimia berbahaya seperti ricinoleic , sopalmityl diglyceryl sebacate , lemak dipentaerythritol dan tar batubara. Bahan berbahaya tersebut akan menimbulkan efek alergi dan menyebabkan bibir menjadi hitam. Selain itu, menggunakan lipstick yang kadaluwarsa juga bisa menyebabkan bibir menjadi tidak secerah sebelumnya. Oleh karena itu, sebelum menggunakan atau membeli lipstick perhatikan kandungannya terlebih dulu.

1 Like

Kalau dari pengamatan saya, saya merasa bibir saya terlihat kurang sehat ketika terlalu sering menggunakan lipstik. Lipstik juga terkadang membuat bibir kering dan mengakibatkan radang pada bibir. Jadi menurut saya kalau pemakaian lipstik yang terlalu sering akan membawa dampak buruk bagi bibir karena lipstik juga mengandung bahan kimia. Selain itu, kita bisa melakukan perawatan pada bibir agar mengurangi dampak tersebut seperti menggunakan scrub bibir, menggunakan lipbalm, menggunanakn mask bibir atau menggunakan serum.

1 Like

Sebenarnya, bisa ya, bisa tidak. Lipstik tidak selalu menjadi penyebab warna bibir gelap. Namun lebih disebabkan oleh kulit bibir yang sensitif terhadap bahan tertentu pada lipstik tersebut. ipstik dengan hasil akhir matte lebih rentan menimbulkan reaksi alergi atau iritasi pada bibir. Maka dari itu ia menyarankan untuk memakai lipstik yang teksturnya lebih lembap jika kamu memang memiliki bibir sensitif. Cara mengatasi bibir yang jadi gelap akibat pemakaian lipstik adalah segera berhenti menggunakannya. Rawatlah bibir dengan lip balm atau lip moisturizer yang mengandung vitamin E dan bahan-bahan lain yang punya khasiat melembapkan.

1 Like

Menurut pengalaman saya sendiri, lipstik jika dipakai setiap hari tanpa dibersihkan saat ingin beranjak tidur dapat membuat bibir menghitam. Beberapa waktu lalu saya seringkali lupa untuk membersihkan lipstik saat tidur karena terlalu lelah dengan kegiatan seharian alhasil keesokan harinya menjadi kering dan sedikit lebih hitam. Tapi, mungkin tidak berubah dalam waktu dekat ya melainkan beberapa kali jika menjadi kebiasaan. Lipstik bisa membuat bibir menghitam karena ada kandungan bahan kimia di dalamnya. Selain lipstik, ada beberapa faktor yang juga mempengaruhi bibir jadi hitam diantaranya ialah paparan sinar UV, bibir kering dan pecah-pecah, tidak melakukan eksfoliasi rutin, kebiasaan merokok, dan lain sebagainya.

1 Like