Padu Padan Baju Batik untuk Situasi Kasual

batik

Selamat Hari Batik Nasional Kadics!

Warga negara Indonesia sudah sepatutnya bangga karena batik merupakan salah satu warisan kebudayaan bangsa Indonesia yang telah diakui oleh dunia. Bentuk kebanggaan yang dapat diwujudkan adalah dengan memakai pakaian batik. Ayo Kadics bagikan tips padu padan batik dalam pakaian santai atau kasual :wink:

1 Like

Saat ini sedang ramai kombinasi kontemporer antara budaya tradisional dengan modern. Salah satu hasil kebudayaan yang juga mengalami kombinasi tersebut adalah batik. Kain batik tidak diaplikasikan secara monoton pada pakaian akan tetapi dicampur dengan jenis kain lain. Josephine W. Komara atau yang kerap disapa sebagai Obin sebagai salah satu desainer batik ternama di Indonesia bahkan dunia juga memeberian pendapat bahwa kain batik yang baik adalah kain batik yang mampu berhasil diproduksi dan dipasarkan berdasarkan kondisi zaman. Bahkan meskipun masih menggunakan metode handmade seluruh batiknya dapat teruji standar internasional. Pembuatan secara handmade menanamkan pada masyarakat bahwa kain batik memiliki nilai tertentu sehingga apresiasi terhadap kain batik bisa lebih meningkat. Saya tidak memiliki banyak kiat kiat mengenai padu padan pakaian batik, akan tetapi akan saya tampilkan beberapa referensi.

Rayuan Kain, Jakarta Fashion Week 2020


batik 1
Sumber: wollipop.detik.com

Obin memamerkan desain batik dengan kombinasi kebaya putih kontemporer. Hal ini dapat dilihat dari jenis potongan pada kerah atas pakaian yang asimetris. Meskipun terdapat kemben pada bagian dalam baju, baju pada desain tersebut terkesan modern. Kain batik digunakan sebagai rok bawahan, jenis potongan juga asimetris sehingga terdapat kesan tumpukan. Obin menjelaskan melalui konferensi press pada 24 Oktober 2019 setelah acara hari ketiga bahwa batik yang digunakan pada desain ini memiliki tujuan digunakan dalam situasi formal seperti acara kantor, pernikahan, dll.

Pop U by Populo Batik - Batik Parang



Sumber: jakartafashionweek.co.id

Populo Batik memberikan gambaran lain pada pakaian batik hasil desainnya yaitu tema ā€œRooted Transformationā€. Pada pakaian tersebut, batik menjadi lebih modern karena menjadi gaun. Bahkan terdapat makna pada jenis kain batik yang digunakan yaitu motif batik Parang. Batik Parang memiliki arti kekuasaan hal ini ditunjukan dari bentuk huruf ā€˜Sā€™ pada motif. salah satu motif batik tertua di Indonesia. Meskipun gaun, dengan nilai yang ditunjukan dan bentuk pakaian maka menimbulkan kesan playful. Gaun ini dapat digunakan dalam kondisi formal maupun non formal.