Pada saku jas pria, aksesoris apakah yang digunakan?

Sering kita melihat film seperti James Bond ataupun film lainnya dimana kita bisa melihat pesta dengan para pria nya yang menggunakan aksesoris pada saku nya kita bisa melihat ada nya sapu tangan ataupun kain yang dibentuk, apakah nama dan fungsinya?

Aksesoris ini biasa disebut dengan pocket square.

Pocket square adalah saputangan, alias handkerchief, yang ditempatkan di saku dada jas. Fungsinya dekoratif.

Bukan untuk mengelap ingus atau kotoran lainnya. Tapi hanya berdiam di sana, menunjukkan kalau Anda peduli pada detail.

Umumnya pocket square terbuat dari sutra (silk), katun, wol, atau linen. Dan pocket square yang wajib dimiliki setiap orang pria adalah yang terbuat dari linen dan berwarna putih. Sangat fungsional, cocok digunakan kapan saja. Katun atau wol terlihat lebih kasual. Sutra terlihat formal.

Pocket square yang berkualitas setiap sisinya digulung dengan tangan. Hal ini yang perlu Anda perhatikan kalau ingin membeli pocket square yang berkualitas, selain material tentunya.

Memadukan pocket square dengan keseluruhan pakaian Anda bisa dibilang susah-susah gampang. Yang termudah adalah dengan mencocokkan dengan bagian warna dasi yang bukan warna utamanya. Misalnya Anda memakai dasi biru dengan titik-titik merah. Anda bisa memakai pocket square merah. Kalau tidak memakai dasi, pilih warna pocket square seperti memilih warna dasi. Kalau bingung, pakai saja putih.

Sumber: