Operation Plumbob: Operasi Pengujian Nuklir paling 'Gila' yang pernah dilakukan AS. Ada yang tau kisahnya?

image

Operation Plumbob kabarnya memiliki predikat sebagai operasi tes nuklir terbesar, terlama, dan paling kontroversial dalam sejarah Amerika. Operasi ini melibatkan 29 rangkaian ledakan dan bom terbesar diledakkan pada 5 Juli 1957. Sebuah balon membawa bom tersebut ke udara setinggi 460 meter sebelum kemudian diledakkan. Sobat diskusi ada yang pernah mendengar kisah mengenai operasi nuklir ini?

Berdasarkan yang pernah saya baca, Operasi militer yang dilaksanakan Amerika Serikat tersebut dilakukan untuk membuat simulasi perang nuklir di lapangan. Namun parahnya, pemerintah menggunakan bom nuklir sungguhan untuk melihat apakah mereka bisa menyembuhkan efek radiasi pada para tentara jika seandainya perang nuklir terjadi.

Operasi ini melibatkan ribuan prajurit diletakkan di tempat yang sangat dekat dengan ledakan sebelum kemudian diperintahkan untuk berlari ke arah ledakan untuk menyiapkan diri dalam peperangan nuklir. Para prajurit pada waktu itu setuju melakukan operasi ini karena mereka diberi informasi yang salah mengenai radiasi. Tidak usah ditanya lagi, akibat dari operasi ini, 38 ribu prajurit akhirnya menderita tumor tiroid dan 1.900 orang lainnya tewas. Kejam ya…