Operasi Plastik Hewan Peliharan

Di Korea, operasi plastik telah menjadi budaya bagi Negeri Ginseng tersebut. Sehingga bukan hal baru lagi apabila warga Korea banyak yang melakukan hal tersebut. Dari selebriti hingga warga biasapun seolah menggebu-gebu melakukan oplas demi mempercantik diri. Namun, belakangan ini beredar berita bahwa kini operasi plastik juga tersedia bagi hewan peliharaan, misalnya anjing.

Operasi yang dilakukan meliputi pelebaran mata, operasi kelopak mata ganda, memotong ekor, mengangkat telinga, botox, menghilangkan keriput dan masih banyak lagi. Konon, prosedur oplas tersebut menghabiskan dana mulai dari 60$ sampai ribuan dolar. Hal yang lebih buruk, para profesional medis justru menganjurkan praktik tidak manusiawi tersebut. Tren ini bermula pada operasi beberapa anjing untuk mengurangi penumpukan bakteri dan infeksi pada lipatan kulit atau mengurangi kesulitan bernafas. Namun, semakin lama operasi pada hewan peliharaan justru hanya untuk alasan kecantikan.

Sebuah survei yang dilakukan oleh majalah dokter hewan Korea Selatan, yaitu Daily Vet, menunjukkan bahwa 63% responden mengatakan bahwa operasi plastik tersebut harus dihentikan dan dilarang. Bagaimanapun tidak, operasi plastik pada hewan peliharaan dinilai tidak layak dan dapat menyakiti hewan tersebut. Aktivis pecinta hewan juga mengecam serta menganggap perbuatan ini kejam dan masuk ke dalam tindakan kekerasan terhadap hewan.

Bagaimana pendapat kalian, setuju atau tidak dengan operasi plastik pada hewan peliharaan?

Sumber :
https://www.hipwee.com/hiburan/di-korea-oplas-pada-hewan-peliharaan-malah-didukung-oleh-tim-medis-kekejaman-macam-apa-lagi-ini/

Saya sangat tidak setuju dengan tindakan tersebut. Menurut saya, tindakan operasi plastik untuk hewan peliharaan kurang berguna dan hanya akan menyakiti hewan tersebut. Merupakan tindakan yang kurang manusiawi apabila melakukan oplas pada hewan hanya untuk tujuan estetika, tanpa memikirkan dampak (perasaan sakit) yang akan di rasakan si hewan.