Operasi Biting: operasi pencurian teknologi perang oleh Inggris

Operasi Biting merupakan sebuah operasi yang dilakukan oleh militer Inggris untuk mencuri radar terbaru dan juga tercanggih pada saat itu yang dimiliki oleh Jerman. Radar ini dibangun di Prancis dan kelak akan digunakan untuk mendeteksi musuh dari jauh. Sobat diskusi ada yang pernah mendengar kisah mengenai operasi ini?

Berdasarkan yang pernah saya baca, Operasi Biting merupakan sebuah operasi rahasia yang dilakukan oleh militer Inggris untuk mendapatkan radar baru dan peralatan dari Jerman. Radar ini dibangun di Prancis dan berfungsi untuk mendeteksi musuh dari jauh. Inggris ingin mengetahui mekanisme radar ini agar mereka bisa menjiplaknya dengan baik. Akhirnya pada 20 Februari 1942, satu batalion berparasut milik Inggris diterjunkan ke Prancis untuk mendapatkan radar itu.

Misi ini berhasil membuat Inggris mendapatkan beberapa alat yang hebat. Bahkan mereka berhasil mengembangkan alat itu menjadi sesuatu yang lebih maju. Sayangnya, apa yang mereka lakukan tak begitu memengaruhi Jerman. Negeri ini tetap tak terkalahkan meski diam-diam sekutu ingin menghancurkannya dari dalam.

Referensi : boombastis.com