Olahraga Penting untuk Kesehatan Gigi, Benarkah?

teeth-03

Setelah memiliki keluarga, tidak banyak dari Moms yang mulai malas berolahraga. Padahal, melakukan olahraga hanya cukup dilakukan dalam 30 menit saja, tapi dampak baiknya bisa membuat kesehatan tubuh terjaga. Memang pada umumnya sebagian orang hanya tahu olahraga untuk kekuatan otot atau olahraga tertentu untuk mengurangi risiko stroke atau jantung. Faktanya, olahraga bisa menguatkan kesehatan gigi dan mulut. Benarkah?

Mengurangi Risiko Penyakit Gusi
Penyakit gusi atau periodontitis merupakan penyakit di mana bakteri berbahaya merusak gusi. Gejalanya tentu saja dari gusi yang sering membengkak, maka dengan melakukan olahraga dengan rutin, Moms bisa mengurangi risiko penyakit gusi. Hal ini dibuktikan salah satu studi yang dilakukan Journal of Dentistry menjelaskan orang yang melakukan exercise dan menjauh dari merokok bisa menurunkan risiko hingga 54%. Tidak hanya itu saja Moms, National Health and Nutrition Examination Survey juga menambahkan seseorang yang melakukan olahraga 3x seminggu bisa mengurangi 33% risiko penyakit gusi dibandingkan orang yang tidak melakukan aktivitas fisik sama sekali.

Berat Badan Berpengaruh Pada Kesehatan Mulut
Penyandang obesitas merupakan kondisis di mana massa berat tubuh seseorang melebihi batas maksimal. Sebuah studi yang dilakukan Journal of Periodontology dari the University di Florida bahwa seseorang yang memiliki tubuh gemuk mempunyai risiko yang lebih besar terhadap diabetes dan secara otomatis risiko penyakit gusi pun besar. Kenapa? Karena kadar gula yang tinggi dalam darah bisa membuat masalah penyakit gusi bertambah parah. Itu sebabnya, penyMomsng diabetes lebih rentan terhadap berbagai ancaman kesehatan mulut dan gigi. Salah satu cara mengurangi risiko obesitas sampai diabetes menurut studi adalah dengan melakukan olahraga untuk menstabilkan berat badan dan melancarkan gula darah dalam tubuh.