Olahraga Pagi atau Olahraga Malam: Mana yang Lebih Baik?

image

Olahraga menjadi salah satu aktivitas untuk melatih tubuh seseorang agar menjadi sehat secara jasmani dan juga rohani. Olahraga memiliki banyak manfaat diantaranya yaitu mengurangi stres, meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan kemampuan otak, dan sebagainya.

Setiap orang terkadang juga merencanakan jadwal dan pola olahraga yang akan dilakukan. Ada yang lebih menyukai olahraga di pagi hari dan ada juga yang lebih senang berolahraga pada malam hari. Tentunya, ada yang menganggap bahwa olahraga pada pagi hari memberikan manfaat yang lebih baik dibandingkan dengan olahraga pada malam hari dan begitupun sebaliknya. Hal ini memunculkan pertanyaan kapan waktu yang tepat untuk melakukan olahraga.

Menurut kalian, kapan waktu terbaik untuk melakukan olahraga? Apakah dilakukan di pagi hari atau di malam hari? Berikan alasannya ya! :grinning_face_with_smiling_eyes:

Menurut saya, olahraga lebih baik dilakukan di saat pagi hari karena udara yang masih segar dan juga sinar matahari pagi yang bagus untuk pertumbuhan tulang karena kaya dengan vitamin-D. Biasanya, olahraga pagi yang saya lakukan itu bentuknya adalah olahraga - olahraga ringan seperti jogging dan senam - senam ringan sekedar untuk merilekskan dan memanaskan tubuh. Olahraga pagi pun juga bermanfaat untuk merevitalisasi metabolisme tubuh dan membuat tekanan darah lebih stabil dari banyak artikel kesehatan yang saya baca di internet.

Tetapi dari pengalaman pribadi pun, saya juga cukup sering melakukan olahraga di malam hari. Nah untuk olahaga di malam hari ini, intensitasnya bisa dibilang tidak setiap hari seperti saat berolahraga pagi mengingat olahraga yang saya lakukan di malam hari itu adalah bermain futsal bersama dengan teman - teman saya. Biasanya saya bermain futsal dari rentang waktu antara jam 7 hingga 10 malam. Bermain futsal sendiri cukup rutin saya lakukan setidaknya sekali dalam seminggu. Dan ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika berolahraga malam seperti misalnya, kita harus memberikan rentang waktu antara 1 - 1,5 jam sebelum tidur dan ketika memulai olahraga di malam hari jangan lupa melakukan pemanasan di awal dan pendinginan ketika di akhir.

Jadi, boleh dibilang, saya melakukan keduanya baik berolahraga di pagi hari maupun berolah raga di malam hari. Tidak masalah jika kita memilih olah raga di pagi hari atau malam hari karena semuanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Tetapi selalu ingat , ketika berolahraga, lakukanlah olahraga yang bisa ditolerir oleh kemampuan tubuh kita.

1 Like