Olahraga apa yang sering kalian lakukan di rumah?

image

Selama pandemi berlangsung semua kegiatan harus dilakukan didalam rumah, tanpa terkecuali salah satu nya olahraga. Biasanya banyak orang yang melakukan olahraga di luar rumah seperti lari dilapangan, pergi ke gym, atau ke tempat kebugaran lainnya. Nah karena pandemi sudah berlangsung sejak lama dan kita dihimbau untuk menjaga kesehatan, otamatis kita hanya bisa berolahraga di dalam rumah. Kalo versi ku, semenjak pandemi ini olahraga yang paling suka aku lakukan adalah yoga dan zumba. Yoga aku lakukan untuk mendapatkan ketenangan pikiran, dan melatih kekuatan tubuh sedangkan zumba aku lakukan karena zumba merupakan salah satu olahraga yang mudah dilakukan dengan cara mengikuti instrumen dari Youtube. dan juga zumba tidak memberikan efek samping yang sangat sakit seperti workout hehehe.
Nah klo versi kalian, olahraga apa yang sering kalian lakukan didalam rumah untuk menjaga kesehatan tubuh selama pandemi berlangsung? Share pengalaman kalian ya!!

1 Like

Kalau saya sendiri lebih suka melakukan workout - workout ringan ketika sedang ada waktu senggang di antara kegitan perkuliahan online dan kesibukan lainnya di rumah selama pandemi. Sebenarnya, saya lebih suka berolahraga di luar terutama bermain futsal bersama kawan - kawan saya. Namun karena situasi pandemi, saya lebih memilih untuk berolahraga full di rumah saja. Workout - workout yang saya jalani pun cukup simple untuk dilakukan dimulai dengan melakukan gerakan - gerakan push-up, pull-up, sit-up, back-up, plank, hingga sikap lilin. saya pun juga memanfaatkan halaman rumah saya untuk menjadi tempat latihan workout pemanasan futsal untuk melatih otot - otot kaki saya agar tetap kuat dan sehat.

Memang saya tidak memilik cone untuk melakukan lari zig - zag, menggocek, dan lain sebagainya, tetapi masih ada beberapa media lainnya yang bisa digunakan seperti botol bekas untuk digunakan sebagai cone. Ketika pandemi mulai agak reda dan posisi saya juga sudah vaksin, maka olahraga pun saya lakukan hybrid. ada yang di rumah, ada yang di luar terutama ketika bermain futsal yang tentunya juga saya menerapakan protokol kesehatan juga saat di luar.

Saya pribadi sebenarnya tidak melakukan olahraga secara spesifik selama pandemi ini, bahkan saya tergolong orang yang jarang berolahraga dan biasanya hanya beraktivitas dengan melakukan pekerjaan rumah, seperti mencuci piring, mencuci baju, dan bersih-bersih rumah. Namun, di beberapa kesempatan saya juga melakukan yoga meskipun hanya gerakan ringan saja.

Senam ringan di rumah pake musik yang nge beat. Atau olahraga tangan pake beban, sambil merenung bahan buat kerjaan.

Kadang kalau pagi-pagi pas lagi nyari sarapan ada yang lagi senam juga suka ikutan hahaha.

Saya sendiri tipikal yang inkonsisten dalam berolahraga, bisa seminggu sangat rutin, kemudian minggu depannya hanya rebahan saja. Tetapi jika berbicara olahraga yang paling sering saya lakukan di rumah adalah workout ringan menggunakan dumbel. Saya rasa hal ini efektif untuk menjaga kebugaran dan stamina, dan tentunya tidak terlalu berat untuk dilakukan

Olahraga yang cukup rutin aku lakukan itu bersepeda dan workout. Kalau pekerjaan cukup banyak biasanya aku memilih workout, karena bisa melakukannya dirumah dengan mengikuti gerakan yang ada di youtube, channel favorit aku adalah Chloe Ting. Walaupun awalnya cukup berat tapi jika sudah dilakukan akan terbiasa dan lebih mudah. Namun, saat pekerjaan cukup ringan dan sekalian menghirup udara segar, aku akan memilih untuk bersepeda karena lebih santai dan senang berkeliling.

Kebetulan di rumah saya ada alat olahraga yaitu treadmill. Saya sering menggunakan itu jika berolahraga. Namun jika merasa bosan menggunakannya, terkadang saya menggunakan youtube untuk senam aerobik atau juga mengajak teman untuk bersepeda bareng. Biasanya saya rutin berolahraga di sore hari.

Olahraga dari YouTube yang mayoritas berdurasi 30 menit itu, tahu kan? (HAHA)

Menurutku, orang-orang yang bikin video olahraga semacam itu sangat-sangat membantu dan berguna untuk orang kayak aku yang olahraganya jarang. Kadang juga mengikuti video olahraga zumba, tapi itu lebih jarang lagi karena biasanya lebih lama dan capeknya lebih terasa. Tapi apa pun itu, aku selalu mengandalkan olahraga dari YouTube karena praktis dan bisa dilakukan kapan saja. Ada kalanya kalau benar-benar niat dan tidak malas, olahraganya bisa jalan kaki atau lari mengelilingi perumahan–tapi kembali lagi, paling sering ikut olahraga YouTube, sih.

Olahraga yang sering dilakukan di rumah versi aku yaitu workout dengan melihat video youtube. Biasanya saya melakukan ini seminggu 3 kali atau terkadang tiap hari kalau mood lagi bagus dan jadwal tidak terlalu padat. Selain workout, saya juga biasanya naik turun tangga untuk memperkuat otot dan tulang kaki.

Workout ringan seperti pilates. Saya biasanya menjadikan web dan youtube sebagai trainer saya. Sama seperti workout ketika di gym bedanya, pilates menggunakan beban tubuh bukan beban dengan alat tertentu. Trainer pilates favorit saya adalah blogilates.

Olahraga favorit saya ketika sedang di rumah yaitu home workout (push-up, sit-up, dan sejenisnya) dan untuk cardio saya biasa melakukan tabata workout. Selama masa pandemi saya lebih sering berolahraga di rumah. Saya selalu mengganti bentuk olahraga ketika di rumah karena saya oragnya gampang bosan untuk olahraga. Terkadang saya juga mengangkat beban misalnya barbel atau benda-benda berat hehehe