Olahraga apa yang paling efektif dalam menurunkan berat badan?

run_cardio Salah satu alasan orang - orang melakukan olahraga adalah untuk menurunkan berat badan. Olahraga apa yang paling efektif dalam menurunkan berat badan dan mengapa demikian?

Olahraga yang efektif menurunkan berat badan:

  1. Lari
    Lari merupakan salah satu olahraga yang cepat menurunkan berat badan. Setidaknya, dalam durasi 30 menit, 240–355 kalori dapat terbakar. Namun dengan catatan, Anda harus berlari dengan lutut yang diangkat tinggi.

  2. Renang
    Bagi Anda yang memiliki gangguan persendian, renang bisa menjadi pilihan olahraga yang tepat untuk membantu menurunkan berat badan. Renang yang dilakukan selama 30 menit mampu membakar sekitar 200–300 kalori. Renang juga merupakan salah satu pilihan olahraga yang menyenangkan sekaligus mampu meningkatkan kekuatan otot, serta meningkatkan kesehatan paru-paru dan juga jantung.

  3. Sepeda statis
    Jika Anda ingin berolahraga di dalam rumah, bersepeda menggunakan sepeda statis merupakan pilihan yang tepat. Gerakan mengayuh yang Anda lakukan selama 30 menit mampu membakar sekitar 210–310 kalori. Namun, Anda perlu untuk mengayuh pedal sepeda statis dengan kecepatan sedang atau cepat.

  4. Lompat tali
    Olahraga yang cepat menurunkan berat badan berikutnya adalah lompat tali. Olahraga yang cukup sederhana ini bisa membakar sekitar 230–300 kalori jika dilakukan selama 30 menit.

  5. Naik turun tangga
    Menghabiskan banyak waktu di kantor dan merasa tidak punya waktu untuk berolahraga? Cobalah naik turun tangga saat jam istirahat atau saat jam kantor usai. Berjalan menaiki tangga selama 30 menit, mampu membakar 300 kalori, lho.

Lakukan olahraga tersebut jika Anda ingin menurunkan berat badan dengan cepat. Namun perlu diingat, keampuhan olahraga dalam membakar kalori di tubuh mungkin akan berbeda untuk setiap orang. Pasalnya, jumlah kalori yang dibakar per sesi olah raga juga akan akan bergantung pada intensitas olah raga dan berat badan.

  1. Yoga
    Yoga juga menjadi salah satu olahraga yang bisa menurunkan berat badan dengan baik. Meskipun olahraga ini kelihatan sangat sederhana dan hanya berupa gerakan yang lambat saja, tapi terbukti ampuh membakar kalori dalam jumlah yang banyak.

  2. Kick Boxing
    Olahraga yang populer dan banyak diminati ini merupakan perpaduan antara Muay Thai dengan tinju. Kick boxing dilakukan dengan beberapa gerakan yang aktif dan melibatkan kedua kaki serta tangan, sehingga seluruh tubuh akan bergerak dan membakar banyak kalori.

Untuk yang suka olahraga seru dan menggunakan banyak energi, Kick Boxing akan menjadi pilihan yang sangat tepat. selain mendapatkan penurunan berat badan, Anda juga akan mendapatkan tubuh yang lebih berotot melalui olahraga yang satu ini.

  1. Aerobik
    Olahraga yang cukup banyak diminati kaum hawa ini juga sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Aerobik telah dikenal sejak lama dan masih sangat diminati hingga saat ini. Gerakan yang lincah dan juga bersemangat menjadi ciri khas aerobik.

Tubuh akan bergerak aktif dan mengeluarkan banyak keringat ketika melakukan olahraga yang satu ini, sehingga pembakaran kalori bisa terjadi dengan maksimal. Dengan begitu, bisa dipastikan berat badan akan turun dengan cepat.

Kapan waktu yang tepat untuk berolahraga?
Dilansir dari berbagai penelitian, waktu olahraga terbaik untuk menurunkan berat badan adalah di pagi hari. Terlebih jika dilakukan sebelum sarapan. Penelitian oleh Gonzalez pada tahun 2013 lalu menunjukkan bahwa berolahraga sebelum sarapan dapat membakar 20% lemak tubuh lebih banyak.

Dalam rangka mengurangi lemak, tubuh harus menggunakan cadangan makanan dalam bentuk lemak, bukan dari makanan yang kita konsumsi. Dengan berolahraga sebelum makan, sumber energi yang dibakar berasal dari lemak tubuh dan cadangan energi yang sudah siap digunakan. Bukan membakar makanan yang masih ada dalam perut.

Pada gilirannya, ini akan meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga kalori yang terbakar akan lebih banyak. Anda juga jadi tak cepat kelaparan selama seharian setelah berolahraga pagi.

Sebabnya, saat kita berolahraga sebelum makan, tubuh akan menyesuaikan produksi hormon insulin. Hormon ini akan bekerja lebih sensitif sehingga lebih efektif membantu menyerap nutrisi dari makanan, dan lebih baik menyalurkannya ke otot dan hati.

Kadar gula darah yang stabil ini juga membuat kita tidak cepat lapar sehingga tidak akan makan lebih banyak atau kelaparan sepanjang hari.

Sumber:https://www.cermati.com/artikel/7-olahraga-efektif-yang-bisa-turunkan-berat-badan
https://www.alodokter.com/coba-olahraga-yang-cepat-menurunkan-berat-badan-ini
https://amp.kompas.com/lifestyle/read/2017/10/19/051600820/kapan-waktu-olahraga-terbaik-agar-berat-badan-cepat-turun-