Obstacle in Our Path

Pernah ada raja yang sangat kaya dan penasaran. Raja ini memiliki batu besar yang ditempatkan di tengah jalan. Lalu dia bersembunyi di dekatnya untuk melihat apakah ada orang yang mau melepaskan batu raksasa itu dari jalan.

Orang-orang pertama yang lewat adalah beberapa pedagang terkaya raja dan bangsawan. Alih-alih memindahkannya, mereka hanya mengitarinya. Beberapa bahkan menyalahkan sang Raja karena tidak menjaga jalan. Tak satu pun dari mereka mencoba menggerakkan batu itu.

Akhirnya, seorang petani datang. Lengannya penuh dengan sayuran. Ketika dia sampai di dekat batu besar itu, daripada hanya berlalu lalang di sana seperti yang dilakukan orang lain, petani tersebut menurunkan muatannya dan mencoba memindahkan batu itu ke sisi jalan. Butuh banyak usaha tapi akhirnya dia berhasil.

Petani itu mengumpulkan muatannya dan siap untuk pergi saat dia mengatakan sebuah tas tergeletak di jalan di mana batu itu berada. Petani membuka dompetnya. Tas itu penuh dengan koin emas dan sebuah catatan dari raja. Catatan raja mengatakan emas dompet itu adalah hadiah untuk memindahkan batu dari jalan.

Kira-kira pelajaran apa yang dapat kita petik dari cerita tersebut?

Sumber:

Kisah ini mengajarkan kepada kita bahwa setiap orang pasti mampu menyingkirkan atau mengatasi hambatan dalam hidup. Seperti petani dalam cerita tersebut, dia memerlukan usaha yang banyak untuk menyingkirkan sebuah batu besar dari jalanan. Memang berat, dan diperlukan banyak energi dan usaha dalam melakukannya. Namun, dia berhasil melakukannya. Begitu pula dengan kita.