Objek wisata apa saja yang ada di Barito Timur?

barito

Kabupaten Barito Timur adalah salah satu kabupaten di provinsi Kalimantan Tengah, Indonesia yang ber ibukota di Tamiang Layang. Wilayah Kabupaten Barito Timur dibagi menjadi 10 kecamatan, yaitu: Awang, Benua Lima, Dusun Tengah, Dusun Timur, Karusen Janang, Paju Epat, Paku, Patangkep Tutui, Pematang Karau dan Raren Batuah. Apa saja objek wisata yang terdapat di Barito Timur?

Beberapa objek wisata yang terdapat di Barito Timur, diantaranya :

  1. Konservasi Taman Anggrek Hitam
    Terdapat beberapa species anggrek di hutan di taman Murutuwu, tetapi yang unik adalah keberadaan anggrek hitam yang sudah sulit ditemui di hutan lainnya di wilayah tersebut. Keberadaan taman anggrek tersebut sudah dipublikasikan sebagai obyek wisata unggulan kabupaten tersebut, dan diharapkan menjadi daya tarik bagi dunia wisata setempat.

  2. Air Terjun Riam Kendong
    Tempat wisata air terjun kecil ini dinamai oleh masyarakat setempat dengan Air Terjun Riam Kendong. Objek wisata ini masih asli dan tanpa tersentuh atau di moderasi oleh manusia, serta menyimpan keanekaragaman keindahan alam yang masih tersembunyi, sehingga menyuguhkan pemandangan yang menakjukan. Arus dan riak air nya sangat menkbjubkan dan bisa membawa hati menjadi lebih tenang.

  3. Bendungan Tampa
    DAM TAMPA adalah tempat favorit rekreasi oleh para pemuda, dan masyarakat. Dam tampa di buat untuk mengendali luapan air sungai tampa, yang di aliri untuk persawahan masyarakat. Tampa juga merupakan salah satu desa penghasil padi terbaik di barito timur.

  4. Liang Saragi
    Liang saragi adalah tempat wisata yang menjadi primadonanya Kabupaten Barito Timur,tempat wisata liang saragi ini adalah tempat dimana banyak sekali terdapat liang-liang batu yang membentuk Goa dan juga terdapat sungai yang mempunyai kejernihan yang sangat murni.

  5. Makam Putri Mayang
    Makam putri Mayang ini terdapat di Desa Jaar yang letaknya 6 kilometer dari kota Tamiang Layang, tidak jauh dari makam tersebut terdapat sungai yang bernama Lubuk Kajang yang konon Katanya sungai ini menjadi tempat mandinya Puteri Mayang Sari. Di makam ini juga terdapat makam Uria Mapas Negara yang menurut mitos adalah suami dari Putri mayang Sari. Tempat ini banyak sekali dikunjungi oleh para peziarah-peziarah yang ingin bernajar dengan membawa persembahan-persembahan.

Sumber: