Obat apa saja yang sering digunakan untuk pengebotan pada burung kenari?

image

Obat apa saja yang sering digunakan untuk pengebotan pada burung kenari ?

Beberapa obat-obatan diperlukan untuk menyembuhkan penyakit yang diderita burung kenari. Pemberian obat-obatan yang sesuai dengan penyakit yang menyerang akan mempercepat proses penyembuhan.

Macam-macam obat yang umumnya sering digunakan oleh para pengemar burung berkicau, termasuk burung kenari adalah sebagai berikut :

  • Sulfamix

    Sulfamix adalah sejenis obat antibiotic yang diproduksi oleh medion bandung dan telah banyak dijual di took-toko. Obat ini memiliki komposisi kandungan Sulfadimethyl Pyrimidine 750 mg dan Methyl Parasept 6 mg setiap sendok teh. Obat ini dapat digunakan untuk mengobati Coccidiosis (penyakit berak darah), Pullorum (berak kapur), Coryza (snot, pilek, muka bengkak), berak hija ( Acute kolera ), dan CRD (batuk, ngorok). Aturan pakai dan dosis penggunaannya dapat dilihat pada kemasan obat tersebut.

  • Baytrill

    Baytrill 5% diproduksi oleh Bayer dan dapat digunakan untuk pengobatan dan pencegah penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri gram positif dan negatif serta mycoplasma . Obat ini berbentuk cair (drop) dan setiap militernya mengandung enrofloxacian 5 mg. Aturan pakai dan dosis penggunaannya dapat dilihat pada kemasan obat tersebut.

  • Pesona

    Pesona adalah biosidal total dengan formula yang memiliki kekuatan ganda untuk membasmi mikroorganisme dan melindungi burung dari serangan penyakit. Obat ini berbentuk cairan yang diproduksi di Banyurejo dan dapat digunakan untuk membasmi kutu burung dengan cara dicampur pada air mandi. Di samping itu obat ini juga berguna untuk memperindah bulu burung. Aturan pakai dan dosis penggunaannya dapat dilihat pada kemasan obat tersebut.

Cara Penyajian

Obat-obatan di atas umumnya dapat digunakan untuk menghadapi kasus-kasus yang berhubungan dengan penyakit yang sering menyerang burung berkicau Penyajian obat- obatan dapat dilakukan dengan cara dicampur dalam air minun atau dengan cara diminumkan secara langsung dengan perantaraan pipet atau kapas.