Ngintip Model Kit Kapal Review Tamiya 1/700 E class destroyer

Tamiya 1/700 E class destroyer

E class adalah tipe destroyer RN dengan kemampuan anti kapal selam cukup bagus. E-class juga punya sedikit persenjataan anti kapal berupa 4 meriam utama 120mm dan sepasang quad torpedo launcher. Sepasang senapan mesin quad 12.7mm  juga tersedia untuk pertahanan udara.


Persenjataan anti kapal selam utama E class adalah sepasang pelontar depth charge. Posisi kapal selam bisa dibaca dengan cukup akurat berkat sistem ASDIC atau SONAR. Sebagai catatan Inggris menggunakan nama ASDIC untuk merahasiakan cara kerja sistem ini. Kepanjangan dari ASDIC sendiri cukup simpang siur, tapi tidak ada kata-kata sound dan quartz piezoelectric yang menjasi komponen kunci sistem ini.

Semasa operasionalnya konfigurasi persenjataan E class banyak diubah. Kebanyakan mengurangi jumlah meriam utama untuk menambah persenjataan anti pesawat dan jumlah depth charge yang dibawa. Dua buah E class bahkan menjalani modifikasi lebih ekstrim sebagai mine layer. Ranjau laut yang berat perlu diimbangi dengan melepas banyak sistem persenjataan E class.

Tamiya 1/700 E class destroyer
Tamiya 1/700 E class paint scheme
Tamiya 1/700 E class hull breakdown and detail
Parts breakdown kit ini berbeda dengan kit destroyer Tamiya keluaran lama. Kit ini masih tergolong waterline display, jadi hanya bagian hull diatas waterline saja yang disediakan, cocok untuk waterline diorama. Perbedannya upper hull pada kit ini tidak disediakan dalam satu parts utuh, tapi dalam 3 parts untuk dek, sisi kiri, dan kanan. Metode ini memang menambah step perakitan, dan jika tidak disambung dengan benar akan ada seam yang perlu dirapikan. Namun dengan cara ini lebih banyak detail tajam bisa dijejalkan ke seluruh sisi lambung, menghasilkan kit kapal yang lebih realistis. Selain itu Tamiya terkenal dengan parts yang presisi, kemungkinan besar saat disambung dengan benar tidak ada seam yang sulit dirapikan.
Tamiya 1/700 E class parts 1
Superstructure dan funnel disediakan dalam parts terpisah dengan detail permukaan yang baik. Sudut kemiringan main mast ditunjukkan dengan jelas di instruction sheet. Detail lain seperti jangkar disediakan dalam part terpisah untuk resolusi detail yang lebih baik.
Tamiya 1/700 E class parts 2
Keempat meriam utama open mounting E class dicetak dengan cukup baik oleh Tamiya. Secara jujur memang tidak sedetail aftermarket resin ataupun PE. Tapi detail mekanisme meriam open mount sudah cukup terlihat walau hanya mengandalkan styrene biasa. Sepasang quad torpedo launcher yang cukup bagus juga tersedia di kit ini. Keempat meriam dan kedua torpedo launcher dipasang ke hull menggunakan polycaps, sehingga posisi persenjataan kapal bisa di set lebih dinamis untuk pemotretan atau diorama.  

Overall parts kit ini sudah cukup detail out of the box. Ukuran kapal kecil dan jumlah parts relatif sedikit. Sehingga Tamiya 1/700 E-class destroyer adalah kit yang tepat untuk memulai merakit mokit kapal. Hasilnya akan memuaskan dengan usaha yang tidak terlalu berat. Modeller berpengalaman tentu saja bisa memanfaatkan komponen dasar yang sudah cukup detail dari kit ini, dan menambahkan beberapa aftermarket PE dan resin untuk menghasilkan model destroyer E-class super realistis.  

Silahkan kunjungi toko kami www.rumahmokit.com untuk memiliki kit ini dengan mudah, terimakasih. 


sumber
Review Tamiya 1/700 E class destroyer

kalau aku pribadi sih kurang tertarik dengan model kit battleship…memang sih kalau dilihat dari detailnya emang keren dan pembuatannya cukup sulit…
yang bikin aku kurang tertarik itu karena bentuk dasarnya yang terlalu sederhana aja haha…
jangan marah ya buat pengkolektor model kit jenis ini hahaha kan tiap orang beda-beda pendapat dan ketertarikannya :joy::joy::rofl::rofl: