Newbee - Komando Pusat untuk Orang Tua Baru

Menjadi orang tua dapat membuat mereka menjadi stress yang dapat menyababkan mereka merasa tak berdaya, tak terbayangkan bagaimana frustasinya. Para orang tua membutuhkan alat yang dapat membantu dalam mengurus bayi agar dapat mengurangi stress dan kelelahan yang mereka rasakan, sehingga mereka bisa menghabiskan waktu untuk bersantai bersama monster kecilnya.

Dari permasalahan tersebut maka muncullah ide untuk menciptaka sebuah aplikasi yang bernama

FITUR

Ketahuilah

penerapan Newbee didasarkan pada landasan peristiwa atau aktifitas yang terjadi setiap hari dalam kehidupan sang bayi, seperti makan, tidur, bermain, buang air, dan banyak yang lainnya.

Anda dapat menggunakan data yang anda kumpulkan untuk mengidentifikasikan pola aktifitas dalam kehidupan sang bayi, hal ini berguna untuk memperkecil pernyebab terjadinya masalah tidur atau mengamati penyebab alergi dan penyakit pada umumnya yang terjadi pada bayi, selain itu juga untuk mengetahui pertumbuhan dan perkembangan dari waktu ke waktu. Untuk menjaga anda dan keluarga anda agar tetap pada halaman yang sama, semua kegiatan anda dengan aman disinkronkan dengan servers Newbee. Data anda akan tetap aman tanpa ada kekurangan sedikitpun.

Dirancang untuk para orang tua pekerja keras

Para orang tua akan mengerti apa yang akan terjadi tanpa harus merasa kesusahan dengan tuntutan daftar data konstra, tetapi layanan dari Newbee ini yang paling membantu ketika kita membutuhkan informasi lebih untuk bekerja sama. Pembuatan Newbee difokuskan dengan pelayanan yang cepat dan mudah untk digunakan, sehingga anda dapat menemukan apa yang anda cari dan melakukan apa yang ingin anda coba lakukan secepat mungkin. Anda hanya cukup menekan instruksi yang ada dimenu sesuai dengan apa yang ingin anda lakukan.

Newbee juga dibuat untuk kebutuhan unik setiap keluarga . anda dapat menyesuiakan atau mengatur sendiri tampilan menu sesuai dengan tindakan yang anda inginkan. Anda dapat menampilkan atau menyembunyikan menu tersebut. Misalnya “menyusui” atau “obat” untuk mengetahui jadwal pemberian obat pada anak anda setiap harinya. Anda bahkan dapat menambahkan kolom “pakaian” anda sendiri dalam setiap kategori untuk mengetahui dengan rinci sesuai kubutuhan keluarga anda.

Satu keluarga berada didalamnya

Setiap keluarga yang menggunakan Newbee mendapat akun keluarganya sendiri, yang dapat mencakup banyak anggota keluarga yang anda inginkan tanpa ada biaya tambahan. Anda tidak perlu membayar setiap kali mendowlnoad apalikasi ini.

Diluar orang tua dan anak, anda juga dapat menambahkan pembantu dengan akses terbatas kea kun keluarga anda. Pengasuh anak, baby sister, dan orang lain yang merawat buah hati anda bisa menerima undangan untuk bergabung sebagai pembantu keluarga anda. Anda bahkan dapat membatasi pembantu untuk jangka waktu yang Anda tentukan tanpa memberikan akses peristiwa atau informasi rekening yang dia tidak perlukan.

Dan Lagi

ada beberapa fitur tambahan seperti mode malam yang membuat ponsel anda senyap selama tidur dimalam hari. Generator suara untuk membantu orang bersantai, nightstand mode untuk tablet dengan waktu saat ini, memberikan rincian waktu makan, waktu untuk tidur. Pemberitahuan opsional untuk update instan ketika anda membutuhkan mereka, anda dapat mengekspor data anda setiap saat.

Tersedia Dimana Mana

Newbee bekerja sama dengan ponsel dan tablet yang menjalankan iOS, Android, Windows phone, dan Firefox OS

Dan itu hanya permulaan. Newbee dibangun menggunakan tekhnologi web, yang berarti cukup fleksibel untuk bekerja pada perangkat apapun dengan web browser modern. Selin itu sebagian besar ponsel dan tablet , Newbee juga bekerja pada desktop computer dan laptop, dan bahkan beberapa tempat yang tidak wajar seperti smart TV, konsol video game, mobil, dan seterusnya.

Refrensi:

.

Saya rasa ide ini benar-benar sangat bagus untuk para orang tua khususnya mereka yang baru pertama kali mempunyai bayi untuk mengurusnya secara terpusat menggunakan aplikasi yang multi platform.

Beberapa kelebihan yang dapat saya rasa seperti tampilan yang user-friendly sehingga para orang tua dapat lebih mudah dan memahami fungsionalitas dari aplikasi ini. Selain itu adanya penggunaan server cloud yang dapat membuat semua penggunanya berada dalam satu tempat tersinkronisasi serta jaminan keamanan di dalamnya. Dan pastinya, dengan aplikasi ini para orang tua akan merasa lebih lega dengan adanya info ter-update dari sang buah hati sehingga mereka bisa lebih fokus dengan kegiatan yang mereka lakukan di kantor.

Namun masih ada beberapa kekurangan yang saya temukan, seperti aplikasi ini lebih ditargetkan kepada orang tua pekerja keras yang baru memiliki anak, sehingga para pengguna aplikasi ini cenderu lebih sedikit. Selain itu aplikasi ini tidak selamanya menjamin kebenaran dari apa yang terjadi dengan sang bayi. Mungkin saja kemungkinan buruk terjadi seperti para pengasuh bayi yang menelantarkan bayi tersebut namun tetap memperbarui status fiktif dari sang bayi. Hal ini tentunya bisa menjadi mimpi buruk oleh semua orang tua yang mempercayakan fungsi dari aplikasi ini.

Saran saya agar aplikasi ini menjadi lebih baik, yaitu dengan menambah fitur-fitur baru, seperti adanya tampilan foto sang bayi beserta informasi yang berkaitan di dalamnya sehingga para orang merasa lebih percaya dan tentunya senang bisa melihat bayinya sedang melakukan apa saat itu juga. Dan fitur lain yang bagus adalah adanya fitur obrolan/chat sehingga para orang tua dapat mengekspresikan atau memberi tahu sesuatu secara langsung dari aplikasi tersebut.

Berbicara soal potensi, saya rasa aplikasi ini mempunyai potensi yang sangat bagus di negara-negara maju dikarenakan banyaknya para orang tua yang lebih membutuhkan aplikasi seperti ini untuk mengurus bayinya. Namun kalau di Indonesia saya rasa masih kurang karena para orang tua di Indonesia lebih mengandalkan bantuan orang disekitarnya secara langsung, terlebih masyarakat Indonesia belum siap hidup berdampingan penuh dengan aplikasi mobile seperti ini. Tetapi setidaknya jika aplikasi ini berada di pasar Indonesia, tentunya aplikasi ini dapat maju dengan baik karena belum adanya para kompetitor yang dapat bersaing dengan aplikasi ini.

Latar Belakang
Pengalaman menjadi orangtua baru terkadang masih perlu adaptasi dalam perawatan anak, terlebih lagi orangtua tersebut merupakan pekerja yang sibuk. Tentunya dalam merawat anak akan dirasa sangat melelahkan dan merepotan. Sehingga menghabiskan waktu bersama anak dengan santai akan selalu tertunda. Namun sekarang tidak lagi. Quality time menjadi sangat penting karena tidak harus terpaku pada satu pekerjaan saja. Hingga munculah ide untuk membantu orangtua baru lainnnya dalam menyelesaikan masalah yang sama. Para orangtua akan dimudahkan oleh aplikasi, yang akan membantu meringankan pekerjaan mereka dalam mengurus bayi mereka tentunya.

Tujuan
Untuk menciptakan sebuah aplikasi yang berfungsi sebagai pedoman aktifitas bagi orangtua baru dalam mengurus bayi mereka. Seperti pengaturan jadwal kapan harus memberikan makan, menidurkan anak, mengganti popok, waktu bermain dan banyak lainya. Aplikasi ini dapat digunakan dengan mudah seperti yang terdapat pada menu. Menu tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan pada setiap kategorinya. Aplikasi ini juga bisa mengajak anggota keluarga lainnya untuk ikut membantu mengawasi si bayi.

Kelebihan

  1. Aplikasi ini memiliki fitur khusus pada menu. Seperti fitur menjaga ponsel tetap tenang saat orangtua dan bayi terjaga, fitur untuk membantu setiap orang menjadi santai, fitur berbagai keperluan untuk tata cara memberi makan dan pengaturan waktu tidur dan fitur aplikasi untuk bisa di update.

  2. Aplikasi ini tersedia pada operasi sistem berbasis iOS, Android, Windows Phone dan Firefox OS.

  3. Aplikasi ini tidak membutuhkan kapasitas penyimpanan yang terlalu memakan memory.

Kekurangan

  1. Untuk kedepannya dalam pembaharuan aplikasi ini saat sulit untuk memperkirakan aspek fitur-fitur yang dibutuhkan.

Potensi
Aplikasi ini benar-benar memberikan layanan kemudahan bagi permasalahan orangtua baru. Karena untuk mengurus bayi bisa dilakukan secara mandiri. Sehingga akan meminimalisir penggunaan jasa pengasuh.

Usulan
Sebaiknya aplikasi ini tidak hanya digunakan untuk mengurus bayi, namun aplikasi ini juga perlu dikembangkan bagi anak anak yang usianya dibawah 10 tahun. Sehingga pemilihan menu nya lebih tepat. Misalnya fitur yang diberikan sesuai dengan anak usia 8 tahun, dengan manajemen waktu untuk kapan harus mengerjakan pr sekolah, ataupun tidur siang, bermain dan lain-lain.

Pasar Indonesia
Pasar Indonesia saat ini belum banyak mengembangkan aplikasi yang serupa dengan Newbee.

Kompetitor Indonesia
Belum ada, jika dilihat dari kondisi di Indonesia saat ini penyedia layanan seperti Newbee masih dirasa awam karena kebanyakan masyarakat Indonesia masih mengandalkan jasa pengasuh bayi. Sebagian besar aplikasi yang berhubungan dengan perawatan bayi di Indonesia hanya terfokus pada perkembangan tumbuh kembang anak.