Neptunus - Dewa Air

raja neptunus

Neptunus adalah dewa air dan laut dalam mitologi Romawi Kuno, saudara dari dewa Jupiter dan Pluto. Biarpun sama - sama dewa air dan laut namun dia identik dengan dewa Poseidon dari mitologi Yunani. Konsepsi Romawi terhadap Neptunus berasal dari nama dewa Etruscan Nethuns. Selama beberapa waktu ia dipasangkan dengan Salacia, dewa air asin.Pada awal tahun 899 SM, Jika ada sebuah kemenangan dalam perang laut para orang romawi masih menyembah dan berterima kasih kepada dewa Portunes atau Fortunus. Nama dengan cepat julukan dewa laut jatuh ketangan Neptunus saat seorang pahlawan perang angkatan laut Romawi bernama Pompeius Sextus mengangkat dirinya menjadi “Son of Neptune” setelah Pompeius memperoleh kemenangan.

Raja neptunus memainkan peran sentral dalam tradisi lama Romawi, ada sebuah legenda ketika kapal-kapal menyebrangi garis equator, maka para “Pollywogs” atau yang disebut juga pelaut pada masa kini sebelum dan sesudah melewati garis tersebut maka si pelaut tersebut akan menghadapi Subpoenas atau panggilan dari pengadilan. .

Untuk tambahan informasi jika membahas dewa air, memang sedikit membingungkan siapa sebenarnya poseidon atau neptunus, namun dari artikel yang saya baca begini penjelasannya. Poseidon dalam mitologi yunani dikenal sebagai dewa penguasa laut, sungai, dan danau. sedangkan Neptunus dalam mitologi yunani dikenal sebagai dewa penguasa air dan laut. Dewa Neptunus dan Dewa Poseidon, keduanya adalah dewa laut yang sama hanya saja penganut agama kepercayaanya menyebutkan perbedaan nama tersebut. Penganut Mitologi Yunani akan menyebut dengan nama Dewa Poseidon sedangkan penganut Motologi Romawi akan menyebut dengan nama Dewa Neptunus.