Negara manakah dengan pengguna Internet terbanyak di Dunia?


(Dictio Community) #1

Perkembangan teknologi informasi, dalam hal ini internet, mempunyai tren peningkatan yang luar biasa.

Negara negara manakah dengan pengguna internet terbanyak saat ini?


(Himawat Aryadita) #2

Saat ini China merupakan negara dengan jumlah pengguna Internet terbesar di Dunia, dengan jumlah lebih dari 710 juta pengguna. Hal tersebut berdasarkan data laporan “The 38th Statistical Report on Internet Development in China”, oleh badan pemerintah China Internet Network Information Centre (CNNIC).

Walapun penggunanya sudah mencapai 700 juta lebih, tetapi kalau dilihat dari populasi China saat ini, pengguna internet di China masih sekitar 52 % dari total jumlah populasi, yang sekitar 1,382 Milyar jiwa. Oleh karena itu, perkembangan pengguna internet di Cina pastinya akan terus meningkat pada masa yang akan datang.

Mengutip situs berita Huffington Post, jumlah pengguna internet China
diramalkan mampu menyentuh angka 1 miliar user pada 2022 atau 2023
mendatang.

Urutan ke dua negara dengan pengguna internet terbanyak di dunia diduduki oleh India, dengan jumlah penggun saat ini sebesar 462.124.989. Berdasarkan data di internetlivestats.

Sama serperti China, walaupun pengguna internet di India merupakan terbanyak ke dua di seluruh dunia, tetapi jumlah tersebut masih sekitar 34,8 % dari total penduduk di India, yang sekitar 1,326 Milyar jiwa. Perkembangan pengguna Internet di India pada masa yang akan datang akan sangat luar biasa, mengingat masih sekitar 65 % penduduk India belum menjadi pengguna Internet.

Urutan ke tiga diduduki oleh Amerika dengan jumlah pengguna Internet sebanyak 286.942.362. Pekembangan pengguna internet di Amerika pada masa yang akan datang tidak akan mengalami peningkatan yang signifikan, mengingat pengguna Internet di Amerika sudah mencapai 88,5 %dari jumlah populasi penduduk Amerika, yang berjumlah sekitar 324,1 Juta jiwa.

Sepuluh negara dengan jumlah pengguna Internet terbanyak di Dunia dapat dilihat pada tabel dibawah ini :

Bagaimana dengan Indonesia ?

Indonesia saat ini menduduki peringkat ke 12 dengan jumlah pengguna Internet sebanyak 53.236.719. Meningkat sebesar 6,5 % dibandingkan tahun lalu.

Sama seperti China dan India, perkembangan pengguna Internet di Indonesia pada masa yang akan datang masih akan meningkat secara signifikan, mengingat jumlah pengguna Internet di Indonesia masih sekitar 20,4 % dari jumlah populasi di Indonesia yang sebanyak 260,5 Juta jiwa.

Sumber :

  • Internetlivestats
  • China Internet Network Information Centre
  • Huffington Post