Negara Mana yang Menjadi Ancaman Terbesar Indonesia Saat Ini?

Dengan lokasinya yang berada di antara dua benua dan dua samudera, Indonesia dikelilingi beberapa negara sebagai tetangganya, dengan beberapa negara yang memiliki ancaman unik terhadap keberadaan Indonesia sebagai negara berdaulat.

Bukan merupakan rahasia umum bahwa Australia di selatan sering ikut campur dalam urusan domestik kita seperti di Timor Timur dan Papua, bahkan beberapa tahun lalu kedapatan menyadap percakapan pemimpin Indonesia |

Atau Tingkok di Utara yang sekarang sedang panas-panas berusaha menguasai laut China Selatan, mencuri ikan di perairan Indonesia, dan melilit Indonesia dengan hutang yang jumlahnya Triliunan, sementara Indonesia sendiri merupakan negara yang bergantung berat secara ekonomi kepada Tingkok.

Bahkan Amerika Serikat yang lokasi jauh di ujung lain dunia juga menjadi ancaman sejak dahulu kala, mulai dari mengamcam Presiden Soekarno, Skandal eksploitasi Freeport, embargo militer jika kita tidak menurut pada AS, atau sekedar bahaya ekonomi yang dapat ditekan Amerika Serikat pada Indonesia.

Memasuki dekade kedua abad ke 21, perang dingin antara Tingkok dan Amerika Serikat terasa ke seluruh penjuru dunia baik secara ekonomi maupun militer, dan terutma di Indonesia karena lokasinya yang dilalui jalur perdagangan dunia di selat Malaka dan lokasinya yang dekat Laut CIna Selatan yang hangat diperebutkan.

Penting untuk membicarakan negara mana yang paling mengancam Indonesia, karena bila konflk benar-benar pecah, Indonesia akan menjadi salahsatu faktor penting yang akan dicoba untuk dikendalikan, jika bukan dikuasai.

Negara apa yang paling berbahaya? Harus kepada siapa kita berpihak?