Negara mana yang mempunyai sistem pendidikan terbaik dan mengapa ?

serba_serbi_pendidikan

(Dictio Community) #1

sistem pendidikan

Banyak sistem pendidikan di dunia ini, antara satu dengan yang lainnya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Negara mana yang mempunyai sistem pendidikan terbaik dan mengapa, dilihat dari sisi keberhasilan siswa-siswanya ?


(Achmad Lintang Wiranandha) #2

Secara pasti, tidak ada negara satupun di dunia ini yang memiliki sistem pendidikan yang benar benar sempurna dan terbaik. Kita tidak bisa secara langsung mencomot hasil dan membandingkannya dengan hasil pendidikan negara negara lain.

Akan tetapi, ada beberapa negara yang memiliki sistem pendidikan yang memang lebih unggul daripada sistem pendidikan negara lainnya. Sebagai contoh adalah Finlandia dan Korea Utara yang memiliki sistem pendidikan yang bertolak belakang.

Korea Selatan

  • Murid masuk sekolah 7 hari dalam satu minggu.
  • Sistem edukasi yang benar benar terstruktur
  • Belajar dengan menghafal ditanamkan sejak dini
  • Jam pelajaran yang panjang dan pekerjaan rumah yang banyak

Meskipun kelihatannya sistem edukasi Korea Selatan sangat berat dan penuh tekanan, tapi hasilnya adalah murid-murid yang berprestasi.

Korea Selatan mengedepankan inovasi. Tidak hanya itu, budget yang dikeluarkan pemerintah Korea demi pendidikan yang maju hingga mencapai sebelas milyar dollar untuk memberikan fasilitas yang memadai baik untuk guru maupun murid. Hasilnya, sebesar 97.9% masyarakat Korea bebas buta huruf.

Finlandia

  • Jam sekolah paling lama hanya 3x75 menit
  • Sistem Edukasi berdasar kepercayaan (struktur edukasi lebih sedikit)
  • Interaksi langsung dengan guru tanpa harus belajar berat
  • Tidak ada pekerjaan rumah.
  • Guru minimal harus lulus S2

Finlandia memiliki rataan murid lulus sekolah hampir sebesar 93% yang mana jauh diatas Kanada dengan rataan 78% dan Amerika Serikat dengan rataan 75%

Finlandia mengedepankan pemikiran bebas bagi murid-muridnya, yang mana memberikan gambaran dan praktikal di dunia nyata. Ini dibuktikan dengan sistem sekolah formal yang hanya memberikan dua opsi sekolah wajib (tiga jika ditambah dengan kuliah) yaitu sekolah dasar, sekolah lanjutan tingkat dua (setara SMA) atau Sekolah Kejuruan (setara SMK). Kuliah tidaklah menjadi kewajiban di Finlandia, meski 2 dari 3 murid Finlandia memilih untuk melanjutkan kuliah (rataan terbesar di Eropa).

Kedua negara diatas memang memiliki sistem edukasi yang unggul dan hasilnya pun memuaskan jika dibandingkan dengan negara lain. Akan tetapi masih banyak sistem pendidikan negara lain yang bisa diambil hikmahnya.

Contohnya adalah Jepang

Jepang tidak memberikan ujian kenaikan kelas hingga kelas 4 SD yang mana dari kelas 1 hingga 3, mereka diajarkan tentang tata krama dan etika masyarakat.

Jepang menginvestasikan masa depan negaranya di tangan anak anak mudanya dengan memprioritaskan pendidikan anak anak di usia dini.

Trivia:

Ada satu stasiun di ujung kepulauan Hokkaido yang membawa satu orang murid saja setiap harinya ke pusat kota dimana sekolahnya berada. Stasiun itu hendak dibongkar karena tidak banyak yang menggunakan layanan kereta tersebut kecuali satu murid tersebut.

Akan tetapi rencana pembongkaran itu ditunda hingga murid tersebut lulus sekolah.

Jepang memberikan perhatian yang lebih pada anak anak didiknya di masa muda dan oleh sebab itulah kemajuan negara Jepang bisa tercapai.