Negara mana saja yang sudah mencapai ketahanan pangan?

Berbicara mengenai ketahanan pangan dan Indonesia masih belum bisa mencapai ketahanan pangan, negara mana saja yang sudah mencapai ketahanan pangan?

Halo kak, izin menjawab. Menurut Lassa dalam Suryanto (2011), beberapa negara yang sudah mencapai ketahanan pangan adalah USA, Kanada, Australia, Brunei, Norwegia, Jepang, dan Singapur. Semoga menjawab pertanyaan kakak yaa

1 Like

Sebelum membahas mengenai negara mana saja yang telah mencapai ketahanan pangan, sebaiknya diluruskan terlebih dahulu mengenai perbedaan mendasar antara ketahanan pangan dan juga swasembada pangan karena terdapat perbedaan mendasar antara dua hal tersebut.

Ketahanan pangan , menurut UU No. 18/2012 adalah “kondisi terpenuhinya pangan bagi negara sampai dengan perseorangan, yang tercermin dari tersedianya pangan yang cukup, baik jumlah maupun mutunya, aman, beragam, bergizi, merata, dan terjangkau serta tidak bertentangan dengan agama, keyakinan, dan budaya masyarakat, untuk dapat hidup sehat, aktif, dan produktif secara berkelanjutan” .

Sedangkan, swasembada pangan adalah kemampuan suatu negara untuk memenuhi kebutuhan pangan tanpa harus mengimpor dari negara lain dengan memaksimalkan hasil pertanian sendiri.

Menurut Suharyanto (2011), terdapat beberapa negara yang dapat dikategorikan kedalam ketahanan pangan dan swasembada pangan, seperti USA, Canada, Australia, dan Brunei yang memiliki kapasitas pangan yang paling kuat karena memiliki kondisi pangan ideal di mana mereka mampu berswasembada pangan tetapi sekaligus juga memiliki ketahanan pangan yang kuat.

Sedangkan untuk negara yang mencapai ketahanan pangan namun tidak swasembada pangan adalah Singapura, Norwegia dan Jepang. Negara-negara tersebut sama sekali tidak swasembada pangan tetapi memiliki fondasi ketahanan pangan yang jauh lebih kuat dari negara negara yang swasembada pangan tetapi tidak tahan pangan. Yang termasuk kedalam kategori tersebut adalah Indonesia, Filipina dan Myanmar. Sedangkan untuk negara yang tidak mencapai ketahanan pangan dan juga swasembada pangan adalah Malawi, Eritrea, Kenya, dan Kongo.

Referensi

Suharyanto, Heri. (2011). Jurnal Sosial Humaniora. Ketahanan Pangan. Vol 4 No.2