Negara mana saja yang menganut ideologi kapitalisme ?

Kapitalisme atau Kapitalis adalah suatu paham yang meyakini bahwa pemilik modal bisa melakukan usahanya untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya. Tahukah kamu negara mana saja yang menganut ideologi kapitalisme ?

Negara-negara yang menganut paham kapitalisme antara lain :

1. Amerika Serikat

Ketika kita membahas mengenai ideologi kapitalisme, maka pastinya negara yang akan terpikir pertama kali oleh kita ialah negara Amerika Serikat. Namun, negara ini sejatinya menggunakan ideologi kapitalisme campuran. Dengan menggunakan sistem ini, negara Amerika serikat menjadi negara eksportir dan importir terbesar kedua di dunia.
Komoditas utama ekspor dari negara Amerika Serikat ialah bahan-bahan kimia.

Keberadaan ideologi kapitalis di negara ini tidak terlepas dari kondisi yang dimiliki olehnya. Amerika Serikat merupakan negara yang sangat luas dan memiliki beragam iklim sehingga memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Pengembangan infrastruktur yang pesat juga mendukung peningkatan kapasitas produksi di negara tersebut. Hal ini tidak terlepas dari tahap-tahap kebijakan publik yang ada di negara tersebut.

2. Inggris

Inggris merupakan negara yang terhitung memiliki perekonomian terbesar di dunia. Sama seperti negara Amerika Serikat, Inggris juga menggunakan ideologi kapitalisme campuran. Artinya, sekalipun yang banyak menguasai kegiatan perekonomian adalah sektor swasta, namun pemberlakuan pajak yang kompetitif turut serta dalam meningkatkan kesejahteraan sosial bagi rakyat negara tersebut.

Dengan adanya pembiayaan dari sektor pajak tersebut, maka tujuan pembangunan nasional dari negara Inggris dapat lebih mudah untuk dicapai. Dapat dikatakan bahwa sejatinya negara Inggris telah menerapkan ideologi ini sejak lama. Banyak pemodal besar yang telah mengembangkan usahanya sehingga usaha tersebut menjadi industri yang lebih besar lagi.

3. Jerman

Bicara mengenai Jerman tentu pembaca akan langsung membayangkan mengenai beberapa produk otomotifnya. Banyak industri yang berkembang di negara Jerman. Setiap industri tersebut memiliki berbagai karakteristiknya sendiri. Sama halnya dengan negara Inggris, negara Jerman juga menerapkan ideologi kapitalisme campuran.

Dengan adanya penggunaan dari ideologi ini, maka negara Jerman juga turut menerapkan tarif pajak yang kompetitif bagi industri yang ada di negaranya. Hal ini menyebabkan adanya pendidikan gratis hingga masa perkuliahan sarjana bagi siapapun yang ada di negara tersebut. hanya saja, bagi setiap warga negara pun tarif pajak juga tinggi. maka dari itu, salah satu kewajiban warga negara ialah membayar pajak.

4. Belanda

Negara yang menganut ideologi kapitalisme selanjutnya ialah Belanda. Negara yang sebagian wilayahnya lebih rendah dari permukaan laut ini menggunakan ideologi kapitalisme. Negara ini memang khas dengan produksi bunga tulipnya, namun ia juga memiliki sektor lain dalam industrinya. Negara Belanda terkenal sebagai salah satu penghasil gas dan energi hijau terbesar di wilayah Eropa.

Di sisi lain, negara Belanda juga memiliki industri IT yang cukup maju. Negara yang pernah menjajah Indonesia ini juga dikenal sebagai salah satu negara yang mengutamakan sektor pertaniannya sebagai salah satu komoditas ekspornya. Dalam menjalankan kegiatan ekspor ini, Belanda menaati segala asas-asas perjanjian internasional.

5. Perancis

Negara yang menganut ideologi komunisme yang terakhir kita bahas dalam kesempatan ini ialah negara Prancis. Negara yang juga berada di belahan benua Eropa barat ini memiliki sistem perpajakan yang hampir sama dengan negara Inggris dan Jerman. Di sisi lain, negara Prancis cukup terkenal dengan industri mobilnya. Beberapa merek mobil di Prancis terkenal sebagai Merek mobil mewah di dunia. Negara Prancis juga menjalin hubungan bilateral dengan negara kita dan kerja sama multilateral dengan beberapa negara lain. Ini merupakan salah satu contoh hubungan bilateral dan multilateral.

Sumber