Negara apa saja yang menyediakan transportasi khusus perempuan?

transportasi khusus wanita

Berita pelecehan seksual di dalam transportasi umum semakin merajalela, salah satunya karena ke-hectic-an di transportasi umum, terlebih lagi saat rush hour. Alhasil, banyak transportasi khusus perempuan yang diberikan di setiap negara. Negara apa saja yang menyediakan transportasi khusus perempuan?

1. Ladies Special Service Khasmir, India
India memang udah memiliki Women-Only Train, alis kereta khusus perempuan yang ada di Delhi, Mumbai, Kalkuta dan Madras. Tapi meskipun hanya dikhususkan untuk penumpang perempuan, tapi kehebohan juga masih sering terjadi di antara para penumpang perempuan tersebut. Namun untungnya, tahun 2016 lalu baru saja diresmikan Ladies Special Service Bus di Khasmir untuk menuju ke Universitas Khasmir. Tentunya, transportasi ini bener-bener membantu dan menguntungkan para mahasiswa dan juga masyarakat setempat.

2. Women Exclusive Car Brazil
Rio de Janeiro Metro juga punya Women-Only Subway Car yang udah berjalan sejak tahun 2006 lalu. Subway khusus perempuan ini yang berwarna merah muda yang berlaku setiap hari Senin hingga Jumat dari pukul 6-9 pagi dan juga pukul 5 sore hingga 8 malam. Pada dasarnya, peraturan ini diperuntukan untuk mengurangi tingkat pelecehan seksual yang sering terjadi di transportasi Meksiko saat rush hour saat kereta dalam keadaan penuh.

3. Women Only Train Jepang
Meskipun Jepang terkenal sebagai negara yang tertib dan taat peraturan, tapi saat rush hour, transportasi di Jepang juga sama hectic-nya. Bahkan, nggak jarang terjadi pelecehan di dalam transportasi campur perempuan dan laki-laki.

4. TransJakarta khusus perempuan
Gerbong kereta khusus perempuan di Jakarta memang udah ada sejak lama. Namun, tahun 2016 lalu, demi menyambut Hari Kartini, dikeluarkanlah Bus Pink, yaitu TransJakarta yang beroperasi khusus untuk penumpang wanita dengan rute Blok M – Kota.

5. Women Only Subway Cars – Kairo
Women Only Subway Cars di Kairo diciptakan bukan cuma karena mayoritas penduduknya adalah Muslim untuk memberikan jarak antara perempuan dan laki-laki, namun karena tingginya tingkat pelecehan seksual di dalam transportasi umum. Makanya, tahun 2007 lalu, pemerintah Kairo mengeluarkan Women Only Subway Cars untuk mengatasi permasalahan pelecehan seksual tersebut.

Sumber:

1 Like

Ngga cuma itu saja, di KRL di daerah Jabodetabek juga sudah ada gerbong khusus wanita loh. Tapi menurut info sih banyak yg lebih memilih gerbong campur sebab di gerbong wanita karena terbatas yg menempati jadinya penuh sesak.