Negara apa saja yang membiarkan Indonesia bebas visa?

travelling

Kegiatan liburan seringkali terkendala kelengkapan dokumen-dokumen penting untuk bepergian. Jika memilih untuk bepergian ke luar negeri, tentu yang dibutuhkan adalah paspor dan visa untuk beberapa negara. Indonesia memang mendapat bebas visa ke negara-negara tetangga, tapi ternyata Indonesia juga bisa bebas visa ke puluhan negara lainnya, apa saja negara tersebut?

Indonesia juga bebas visa tak hanya di negara Asia, namun juga di banyak negara eksotis lain seperti Amerika Latin dan Afrika. Paspor Indonesia bisa dipakai bepergian ke 70 negara lain tanpa visa atau dengan visa on arrival yang bisa diurus dengan mudah di bandara kedatangan.

Salah satu negara yang memberi Indonesia bebas visa adalah Peru. Peru memiliki destinasi sejarah favorit dengan runtuhan Machu Pichuunya. Atau kamu bisa menengok kura-kura purba raksasa Galapagos di Ekuador.

Dia Asia sendiri, kita bisa ke seluruh negara ASEAN bebas visa. Juga ke Hong Kong dan Macau, India, bahkan Maldives Atau masukan Qatar yang tidak kalah dengan Dubai ke dalam daftar kunjungan wisata manca negara kamu.

Untuk Eropa, kamu bisa masuk ke Turki yang juga berbatasan dengan Asia, atau ke Ukraina. Untuk negara Afrika, Maroko bisa jadi destinasi paling eksotis dengan masjid dan berbagai pasar tradisional megah di sana.

Masih ada banyak pula negara Afrika lain, terutama yang memiliki kepulauan seindah Maldive. Sebut saja Kepulauan Seychelles dan Maurutius yang cocok juga jadi destinasi romantis kamu.

Sumber: