Naveen Selvadurai: Miliarder Muda Dan Co Founder Foursquare.com

Sumber Gambar

Biografi, Naveen Selfadurai


Pekerjaan

US internet entrepreneur dan salah satu pendiri dari situs Foursquare.com

Afiliasi lainnya

• Lucent
• Sony Corp.
• Nokia Corp.
• Sun Microsystems,Inc
• Expa Startup Studio

Tempat dan Tanggal Lahir

Tamil Nadu, India, 27 Januari 1982

Kewarganegaraan

India

Pendidikan

King’s College London di United Kingdom, dan Master’s degree bidang Computer Science Worcester Polytechnic Institute di Amerika Serikat

Total Kekayaan

US$ $80 Million Dollars – 1,07 Trilliun Rupiah (2016)

Riwayat Hidup


Naveen Selvadurai lahir pada 27 Januari 1982 di Tamil Nadu, India. Dia merupakan anak dari pasangan Kuppuswamy Selvadurai dan Latha Selvadurai. Dia merupakan anak pertama dan mempunyai seorang adik perempuan bernama Chinduri Selvadurai.

Riwayat Karir


Selvadurai lulus 4 tahun dari Worcester Polytechnic Institute dengan Bachelor of Science in Computer Science dan Master of Science di Computer Science. Pada saat di Worcester dia menghabiskan 5 bulan di program pertukaran pelajar di King’s College London. Sebelum mendirikan Foursquare.com, dia terlebih dahulu bekerja di Lucent, Sony, Nokia, dan Sun Microsystem.
Setelah bekerja untuk Sony, pada tahun 2009 dia pun keluar dan dengan teman lamanya Dennis Crowley. Dennis sebelumnya sudah pernah membuat aplikasi serupa yaitu Dodgeball, akan tetapi dibeli oleh Google dan kemudian ditutup pada tahun 2009. Mereka pun mendirikan Foursquare.com. Foursquare merupakan Social Network website berbasis lokasi untuk pengguna mobile phone. Pada aplikasi ini lokasi akan berbasis dari GPS mobile phone itu sendiri, dan peta nya berasal dari OpenStreetMap project. Setiap kali check in pada aplikasi, user akan diberi poin, bahkan terkadang “badge”. User yang sering melakukan check in akan diberi gelar “mayor”. Dan setelah diluncurkan website ini menjadi hits dengan pendapatan kurang lebih 600 juta dollar dan lebih dari 15 juta user.
Pada tahun 2012 Selvadurai mengumumkan di blog nya bahwa dia tidak akan terlalu aktif lagi di Foursquare.com. Ada banyak alasan dia menjadi seperti itu, tetapi alasan utamanya adalah Foursquare.com sudah menjadi terkenal dan banyak perekrutan para ahli IT, sehingga dia tidak terlalu berkontribusi besar.
Pada tahun 2013 Selvadurai keluar dari Foursquare.com dan bergabung dengan Expa startup studio hingga sekarang. Banyak yang berspekulasi bahwa dia telah dipecat dari perusahaan startup nya sendiri, tetapi Selvadurai tidak memberi tanggapan.
Setelah perginya selvadurai Foursquare nampaknya mengalami krisis ekonomi, dan memiliki hutang dimana – mana untuk sekedar bertahan.

Fakta-fakta


  1. Berada di daftar ‘World’s New Young Millionaires’ yang dikeluarkan oleh AOL.
  2. Salah satu pendiri Foursquare.com
  3. “Keluar” dari perusahaan startup nya sendiri
  4. Berada di list “millioner dibawah 30 tahun” Inc.com

Quotes



We’re all obsessed with what we want to build and think about it all day long. If you’re really excited about a redesign and only half way there, you go to sleep and dream about the rest of it.” Naveen Selvadurai

Sumber

http://www.therichest.com/celebnetworth/celebrity-business/tech-millionaire/naveen-selvadurai-net-worth/
http://www.businessinsider.com/naveen-selvadurai-tried-to-fight-his-departure-from-foursquare-2012-3?IR=T&r=US&IR=T
https://en.wikipedia.org/wiki/Naveen_Selvadurai
http://www.bloomberg.com/research/stocks/private/person.asp?personId=117091824&privcapId=256453617

                              Naveen Selvedurai

Naveen Selvedurai lahir pada tanggal 27 Januari 1982 di Chennai, Tamil nadu, Hindia. Naveen merupakan anak pertama dalam keluarganya dan memiliki seoran adik permepuan bernama Chinduri Selvedurai. Naveen menperoleh pendidikan di Worcester Polytechnic Institute. Di sana ia lulus dalam 4 tahun dan mendapatkan gelar Bachelor of Science di bidang Ilmu Komputer dan Master of Science di bidang Computer Science. Selama berada di Worcester, ia menghabiskan 5 bulan di tahun pertama untuk mengikuti program studi di luar negeri yaitu di King’s College London. Dia kemudian bekerja sama dengan Lucent, Sony, Nokia dan Sun Microsystems sebelum memulai usaha jejaring sosial mobile Foursquare, bersama dengan Dennis Crowley.

Pada tahun 2009, Selvadurai mendirikan Foursquare bersama Dennis Crowley. Foursquare adalah situs jejaring sosial berbasis lokasi untuk perangkat seluler, seperti smartphone. Dengan Foursquare, Naveen memiliki tujuan agar orang – orang dapat membentuk jaringan sosial dimana mereke bisa mengatur waktu untuk bertemu. Pada tahun 2011, Naveen Selvedurai mendapatkan penghargaan sebagai “ technology Pioner 2011”. Kesuksesan Foursquare dalam jejaring sosial berbasis lokasi membuat perusahaan raksasa seperti yahoo! Ingin memeli aplikasi bikinan Naveen tersebut. Yahoo ! menawarnya dengan harga mencapai $125 juta atau sekitar Rp 1,2 triliun.

Dari kisah Naveen selvedurai, kita bisa mengambil banyak pelajaran. Dalam mengejar mimpi kita dituntut untuk fokus dan selalu mendedikasikan diri kita kepada mimpi tersebut, maka hal tersebut dapat menghantarkan diri kita menuju pada kemakmuran dan kebahagiaan hidup. Naveen selvedurai merupakan contoh yang sangat tepat bagi kita semua. Naveen bukanlah siapa – siapa, namun ia berjuang keras hingga sekarang ia dikenal sebagai online intrepenuer yang sukses. Ia juga telah mendapatkan banyak penghargaan dan salah satu penghargaanya ialah sebagai “Worlds New Young Millionairs”
“Tidak peduli dimana anda dilahirkan dan butuh berapa lama anda untuk bisa menggapai kesuksesan, Kesuksesan akan anda raih selama anda masih memiliki keinginan dan kemauan untuk menggapai tujuan anda.”

Referesi :



Riwayat Hidup

Naveen Selvadurai merupakan anak pertama dari Kuppuswamy Selvadurai dan Latha Selvadurai, dia memiliki seorang adik perempuan yang bernama Chinduri Selvadurai. Naveen meraih gelar master di bidang Ilmu Komputer dari Worcester Polytechnic Institute di AS.

Orang – orang biasa mengenal Naveen Selvadurai sebagai seorang CoFounder dari media sosial Foursquare, namun baru-baru ini Naveen keluar dari perusahaan dan menjadi American Internet Entrepreneur.


Karir Naveen Selvadurai

Sebelum mulai membangun media sosial Foursquare Naveen sempat bekerja di perusahaan, seperti Lucent, Sony, Nokia dan Sun Microsystems. Tentu ini merupakan sebuah pengalaman yang sangat perlu sebelum lanjut membangun perusahaan sendiri.

Disaat bekerja sebelum membangun Foursquare Naveeen berada dalam bagian yang mengawasi dan mengembangkan berbagai aplikasi yang menangani pengelolaan konten dan distribusi produk mobile dan menjadi developer utama aplikasi mobile Music Box Sony.

Pada tahun 2009, Selvadurai mendirikan Foursquare bersama Dennis Crowley. Foursquare adalah situs dengan layanan berbasis lokasi. Jadi kita bisa bagi info tentang lokasi yang kita kunjungi, berbagi review singkat, sekaligus bermain dengan berlomba untuk mendapatkan badge yang keren.

Lokasi didasarkan pada perangkat keras GPS di perangkat seluler atau lokasi jaringan yang disediakan oleh aplikasi, dan peta didasarkan pada data dari proyek OpenStreetMap.

Sayang kabar mengejutkan pada tanggal 4 Maret 2012, Selvadurai mengumumkan di blognya bahwa dia akan turun dari peran operasional sehari-harinya di perusahaan pada akhir bulan itu. Dia mengatakan akan terus menjabat sebagai anggota dewan dan penasihat perusahaan.

Kemudian Selvadurai bergabung dengan studio startup Expa, yang didirikan pada bulan Mei 2013 oleh mantan pendiri Uber dan StumbleUpon Garrett Camp. Selvadurai bergabung dengan Expa sebagai mitra yang berfokus pada operasi New York untuk organisasi tersebut. Expa merupakan sebuah company yang berfokus menciptakan company lagi. Untuk saat ini expa telah menjalankan 2 project seperti kit.com dan current.com.

Dalam 2 project inipun Naveen menjabat sebagai atasan, untuk kit.com Naveen berada pada posisi CoFounder dan Chariman. Untuk current.com Naveen berada pada posisi President dan Chairman.


Skill Naveen Slevadurai

Memiliki latar belakang komputer tentunya Naveen memiliki skill terutama di bidang coding. Skill lain, seperti leadership, management, dan controlling tentunya jgua dimiliki oleh Naveen melihat dari posisi-posisi yang diisi oleh Naveen dalam company Foursquare, Kit, dan Current.

Skill lain yang dimiliki oleh Naveen seperti pengembangan mobile device, user experience, dan startup. Data ini dapat kita lihat pada akun LinkedInnya Naveen.


Prestasi

30 under 30 versi Inc pada tahun 2010.

Quote

Let me show you the best summer you ever had.

It was definitely a surprise. I wanted to stay. It was definitely some of the most difficult times at the company. I truly feel like an orphan.


Bahan Bacaan

https://www.allamericanspeakers.com/celebritytalentbios/Naveen+Selvadurai

https://www.linkedin.com/in/naveen

https://en.wikipedia.org/wiki/Naveen_Selvadurai

 

Naveen Selvadurai lahir pada 27 Januari 1982 di Chennai, Tamil Nadu, India. Beliau adalah wiraswasta di bidang internet dan co-founder dari perusahaan berbasis lokasi bernama foursquare.com. Bekerja pada studio startup bernama Expa yang ditemukan oleh co-founder dari uber dan StumbleUpon- Garret camp.

Selvadurai lulus kuliah 4 tahun di Worcester Polytechnic Institute dengan gelar sarjana science di computer science dan master of science di computer science di Worcester, MA. Ketika berada di Worcester, selama 5 bulan beliau belajar mengenai abroad programme di king’s college London. Lalu lanut bekerja di Lucent, Sony, Nokia dan Sun Microsystems sebelum memulai perusahaan Foursquarenya dengan Dennis Crowley

Beliau juga pernah bekerja pada fox business network dan CNN.

Hal ini menjadikan akhir pekan yang sangat sibuk bagi Naveen Selvadurai. Dan akhirnya beliau mendirikan perusahaan berbasis lokasi social network yang bernama Foursquare pada 2009. Mendirikan dengan hanya berjumlah 20 juta dollar pada seri B dan dipimpin oleh founder NetScape, Marc Andreessen’s venture capital firm, Andreessen Horowitz. Kurang dari 2 minggu, Foursquare mendapatkan 2 juta user, ditambah lagi pengikut sejak april lalu. Bisnis ini lalu berkembang hingga mendapatkan 100 ribu member baru pada setiap bulannya dengan rencana yang besar dan didesain ulang setiap akhir musim panas.

Sekarang ketenaran foursquare sudah menjadi hal yang biasa. Selvadurai mengatakan bahwa “kami hanya gatal untuk memulai sesuatu berdasarkan kemauan kita.” Hal itu tentu telah mempermainkan ide tentang ‘Delicious for places’ yang dapat membuat user menentukan tempat favorit dan merasakan berbagai tempat disekitar kota.

Pada januari 2009, selvadurai dan Crowley membuat produksi naik, mereka meminta 100 temannya untuk mencari bugs dan kekurangan fungsi dari software. ‘Kita hanya membutuhkan waktu selama 2 minggu terus-terusan untuk mengcoding.’ Kata selvadurai.

Hal itu sangat sukses. Hal pertama yang menjadi penyuluh Foursquare sukses adalah Twitter. Lalu, banyak pengguna yang terjun untuk mencoba. Bagi selvadurai, hal itu tentu sangat tidak mudah. Banyak perbedaan poin infleksi yang terjadi. Pada September lalu juga, foursquare mendapatkan dana dari Union Square Ventures’ Fred Wilson and Twitter’s Jack Dorsey. Lalu pada desember, foursquare dapat diakses secara internasional melalui smartphone. Bagi selvadurai semua inni tidak ada rasanya, banyak tekanan dari semua arah. Semua yang dilakukan pasti akan terlihat oleh banyak pengguna.

Dengan makin bertumbuhnya foursquare, beliau sangat gelut dalam bidangnya. Beliau dalam kesehariannya pun juga berubah. Semisal dengan kurangnya tidur pada malam hari Karena kerja beliau untuk foursquare. Obsesi beliau yang selalu ingin membangun dan membuat setiap saat. Selalu senang dengan ide yang baru dan mendesain semuanya.

Saat ini perusahaan telah menemukan pendapatan tetapnya pada sponsor dari Starbucks dan The New York Times, ketika mereka menggunakan aplikasinya untuk memancing pelanggan.



https://www.linkedin.com/in/naveen