Naruatsu Baba, Co-Founder and CEO of COLOPL

Sumber : http://specials-images.forbesimg.com/imageserve/721038e5a1537488ae66fe73faaf86c6/320x486.jpg?fit=scale&background=000000

BIOGRAFI NARUATSU BABA

Pekerjaan
Game daveloper, Co-Founder and CEO of smartphone game maker COLOPL

Afiliasi lainnya
Klab Co., Ltd.
GREE, Inc.

Tempat dan Tanggal Lahir
Itami, hyogo prefektur jepang, Januari 1978

Kewarganegaraan
Jepang

Pendidikan
Kyushu Institute of Technology

Total Kekayaan
US $1.6 billion (Maret 2016)

Peringkat berdasarkan Forbes
• 22 japan’s 50 richest (2016)
• 1476 world’s billionaires (2016)

  • 18 japan’s 50 richest (2015)

Riwayat Hidup


Naruatsu Baba lahir di itami pada tahun 1978.

Pada saat menjadi mahasiswa Naruatsu muda pernah melakukan operasi (heart problem) yang membuatnya tidak dapat melakukan kegiatan fisik yang terlalu berat yang mengakibatkannya beralih ke dunia game untuk membunuh waktu senggang yang malah mengakibatkan menjadi jatuh cinta dengan dunia game daveloping.

Setelah tamat dari Kyushu Institute of Technology,Naruatsu bekerja dalam perusahaan startup dan juga memulai memproduksi gamenya sendiri pada tahun 2003

Pada usia 38 ini Naruatsu memiliki satu anak dengan mantan istrinya.

Riwayat Karir


pada saat kuliah Naruatsu muda telah mencoba mengembangkan aplikasi mobile game dan website sebagai pekerjaan sampingan.

Pada tahun 2003,Naruatsu memutuskan untuk bekerja pada perusahaan startup yang bernama KLab untuk lebih mendalamini mimpinya.

pada tahun 2003 juga, Naruatsu memulai bisnis startup pertamanya dengan membuat game yang dinami dengan “Colony Life” untuk basis private site.

Pada tahun 2007, ia juga memutuskan bekerja untuk GREE.

Pada tahun 2008, Naruatsu memutuskan untuk mebuat “Colony Life” sebagai suatu perusahaan spesialis game secara public dengan mengganti nama “Colony Life” menjadi “Colony Life ☆ plus” atau yang biasa dikenal dengan “COLOPL”.untuk mengenang bagaimana perusahaan tersebut dimulai. Ia juga merupakan pemegang saham terbesar saat itu yaitu

Pada tahun 2009, ia mulai mengembangkan bisnis perusahaanya dengan mengadakan kolaborasi dengan perusahaan perusahaan lain seperti dengan perusahaan JR Kyushu dengan meluncurkan penjualan tiket kerjasama terhubung ke permainan.

Setelah itu untuk tahun berikutnya Naruatsu selalu berinovasi dengan perusahaannya dalam dunia game.dan selalu mencoba untuk memberikan inovasi dalam game yang dibuatnya. Oleh karena itu ia juga bermimpi untuk membuat 30 game dalam setahun.

Untuk tahun 2016 ini, Naruatsu telah berhasil mengumpulkan dana sebanyak $50 million untuk berinvestasi dalam Virtual Reality Game yang merupakan ambisi selanjutnya.

Fakta - fakta


  1. Naruatsu Baba memulai game developing saat masih kuliah sebagai pekerjaan sampingan.

  2. Naratsu Baba memulai “Colony Life” saat berumur 25 tahun.

  3. Salah satu game terkenal yang dibuat oleh perusahaannya yaitu White Cat Project dan Meow Star Acres.

  4. Naruatsu Baba merupakan mahasiswa lulusan dari Kyushu Institute of Technology.

  5. Naruatsu Baba mulai tertarik dengan dunia game setelah mengalami operasi jantung dikarenakan tidak dapat melakukan kegiatan fisik yang berat .

  6. Pada Desember 2016 naratsu Baba mengumpulkan dana sebanyak $50 million untuk berinvestasi dalam Virtual Reality Game.

Quotes


No matter the time, continue to create new entertainment accepted by large numbers of users, now and in the future. – Naruatsu Baba, COLOPL.

[details=Referensi]

Naruatsu Baba lahir di Itami (dekat Osaka), Jepang. Merupakan lulusan dari Kyushu Institute of Technology. Naruatsu Baba mengalami masalah jantung selama masa mudanya (dikoreksi oleh sebuah operasi saat di universitas) dan mengambil video game sebagai pengganti aktivitas fisik secara intensif. Naruatsu Baba memiliki satu anak dengan status cerai dalam pernikahannya. Naruatsu Baba bergabung dengan KLab pada tahun 2003 dan bekerja sebentar di GREE mulai tahun 2007. Namun, meski bekerja penuh waktu di perusahaan start up, ia telah mengembangkan aplikasi dan situs game mobile sebagai bisnis sampingan sejak saat dia di universitasnya.Dia mendirikan Colopl pada tahun 2008 sebagai pengembang dan memiliki 59% perusahaan. Colopl memiliki lima aplikasi terlaris untuk smartphone Android, termasuk Professional Baseball PRIDE, Treasure Trove Detective dan Dino Dominion.

Berikut merupakan hasil wawancara dengan Naruatsu Baba terkait pekerjaannya saat ini dan pandangan kedepan oleh Naruatsu Baba yang dapat menginspirasi kita.

  • Melihat kembali saat pertama kali memulai dengan game smartphone setahun yang lalu, saya yakin Anda bisa melihat banyak perubahan. Apa langkah yang anda pakai?

Apa yang kita lihat hari ini cukup dekat dengan apa yang saya visualisasikan setahun yang lalu ketika memulai dengan game mobile. Satu-satunya hal yang berbeda dari apa yang saya harapkan adalah bahwa di tahun terakhir ini, pengembang game konsol utama dan usaha IT belum benar-benar turun di lapangan. Masih banyak perusahaan yang memusatkan perhatian pada fitur telepon sebagai outlet utama mereka. Apa yang mengejutkan saya karena lebih mengejutkan adalah bahwa alih-alih perusahaan besar, yang sebelumnya tidak terdengar-dari para pemula adalah orang-orang yang membuat gelombang. Ada beberapa pakaian yang telah membuat nama untuk diri mereka sendiri hanya dengan merilis game smartphone.

  • Sekarang, jika Anda bertanya kepada saya apa yang saya harapkan untuk tahun depan, faktanya ada banyak daerah ambigu yang bisa berjalan dengan baik. Akankah tren ini berlanjut dengan startup, atau apakah rumah game tradisional akan kembali dengan kekuatan penuh?

Sejak didirikan, COLOPL telah dikenal dengan game berbasis lokasi. Apa yang menginspirasi Anda untuk pindah ke game kasual untuk smartphone?

Ketika COLOPL didirikan pada tahun 2008, kebanyakan hanya ada fitur ponsel di pasar Jepang. Kami menggunakan platform COLOPL dan penggunaan data lokasi untuk menargetkan fitur ponsel, menawarkan berbagai layanan, termasuk permainan. Tapi di beberapa titik - dan saya pikir kebanyakan orang di tengah perubahan ini melihatnya - smartphone mulai mendapatkan momentum yang serius, dan segera menjadi sangat jelas bahwa smartphone akan menjadi pemain utama di pasar global.

  • Apakah menurut Anda ini cenderung berubah?

Saya pikir itu akan berubah di beberapa titik di masa depan. Dari sudut pandang pengguna, menggunakan aplikasi yang tidak disetujui berarti Anda tidak dapat menerima pembaruan atau dukungan resmi - ada banyak kerugian. Sekarang, jika Anda bertanya kepada saya kapan situasinya cenderung berubah, saya rasa itu tidak akan terjadi dalam waktu dekat.

  • Game sosial pertama Anda, Treasure Detective, mencapai peringkat penjualan teratas hanya satu minggu setelah diluncurkan. Menurut Anda apa yang membuat peluncuran ini berhasil?

Pertama-tama, ia memiliki tampilan yang khas. Saya pikir ini beresonansi dengan pengguna dan mendatangkan banyak download berdasarkan tampilannya sendiri. Kami juga memiliki arus masuk lateral dari permainan kasual kami yang ada - sejumlah pengguna berasal dari saluran tersebut. Selain itu, kami menerapkan elemen permainan sosial terbaik sambil memastikan untuk menggabungkan elemen untuk menghasilkan uang, yang memastikan aliran pendapatan yang solid.

Dan berikut adalah quote dari Naruatsu Baba:

No matter the time, continue to create new entertainment accepted by large numbers of users, now and in the future. – Naruatsu Baba, COLOPL.

sumber:
https://www.techinasia.com/colopl-ceo-naruatsu-baba

Naruatsu Baba lahir di Itami (dekat Osaka), Jepang. Dia mengalami masalah jantung selama masa mudanya dan mengambil video game sebagai pengganti aktivitas fisik yang intens. Ia telah mengembangkan aplikasi dan situs game mobile sebagai bisnis sampingan sejak masa universitasnya.

Pada tahun 2003, Naruatsu memulai bisnis startup pertamanya dengan membuat game yang dinami dengan “Colony Life” untuk basis private site. Dia mendirikan Colopl pada tahun 2008 sebagai pengembang dan memiliki 59% perusahaan. Colopl memiliki lima aplikasi terlaris untuk smartphone Android, termasuk Professional Baseball PRIDE, Treasure Trove Detective dan Dino Dominion.

Menurut Forbes, dia memperkirakan kekayaan senilai $ 1,9 miliar per Desember 2014. Pada tahun 2009, ia mulai mengembangkan bisnis perusahaanya dengan mengadakan kolaborasi dengan perusahaan perusahaan lain seperti dengan perusahaan JR Kyushu dengan meluncurkan penjualan tiket kerjasama terhubung ke permainan.
Naruatsu berinovasi dalam dunia game. Dengan begitu, ia selalu mencoba untuk memberikan inovasi dalam game yang dibuat. Oleh karena itu ia juga bermimpi untuk membuat 30 game dalam setahun. Dan bahan tahun 2017 ini, Naruatsu telah berhasil mengumpulkan dana sebanyak $50 million untuk berinvestasi dalam Virtual Reality Game yang merupakan ambisi selanjutnya.

COLOPL will continue to embrace new challenges. always looking forward. and forge ahead to futher growth - Naruatsu Baba

Sumber :


https://www.forbes.com/profile/naruatsu-baba/
http://www.mensobsession.com/article/detail/692/bilyuner-muda-yang-berjuang-dari-nol

Naruatsu Baba

Naruatsu Baba adalah seorang pengembang game untuk smartphone di Jepang, pendiri dan pemilik mayoritas saham perusahaan smartphone game, Colopl. Naruatsu Baba lahir di Itami, Perfektur Hyogo, Jepang, Januari 1978. Saat kecil, dia memiliki penyakit jantung (dan dioperasi saat masih kuliah) sehingga dia menjadikan bermain games sebagai aktivitasnya sehari – hari. Dari sini lah dia mulai menyukai games. Dia merupakan lulusan Institut Teknologi Kyushu. Saat masih kuliah, Baba sudah membuat aplikasi mobile game dan membuat website sebagai bisnis sampingannya.

Setelah lulus, pada tahun 2003 dia bergabung dengan Klab dan pada tahun 2007 dia bekerja di GREE. Pada Oktober 2008, ia mendirikan perusahaan Colopl, Inc. Sejak saat itu, ia merupakan direktur di Colopl Next, Inc. Awal mulanya, ia membuat game bernama “Colony Life”, yang menjadi pelopo game berbasis lokasi. Dan game yang ia buat pun menjadi terkenal dengan banyak yang memakai. Sehingga nama perusahaannya menjadi Colopl untuk mengenang bagaimana perusahaannya di buat. Lalu ia juga membuat game bernama “Quiz RPG: The World of Mystic Wiz,” game pertama berbasis kuis, dan juga game bernama “White Cat Project,” yang menampilkan UI revolusioner yang dapat dioperasikan dengan mudah. Perusahhan Colopl juga telah menginvestasikan 50 juta dollar untuk pengembangan Virtual Reality Games.

Filosofi perusahaan COLOPL adalah “Hiburan dalam Kehidupan Nyata” - membuat kehidupan sehari-hari lebih menyenangkan dan menyenangkan melalui hiburan. Misi kami adalah untuk membuat hidup orang lebih menyenangkan dan menyenangkan dengan memberikan kualitas dan keheranan baru bagi kehidupan sehari-hari masyarakat melalui hiburan. Ada banyak cara untuk menikmati momen luar biasa, seperti traveling dan makan di luar, hanya untuk beberapa nama saja. Namun, sebenarnya ada beberapa cara untuk melakukan rutinitas, kehidupan sehari-hari menyenangkan. Kami bertujuan untuk membantu orang menikmati kehidupan sehari-hari mereka, yang merupakan bagian terbesar dari kehidupan kita.

Dari quote yang di sampaikan oleh Naruatsu Baba, ada satu yang menarik yaitu : “No matter the time, continue to create new entertainment accepted by large numbers of users, now and in the future.”

Referensi ;



https://www.techinasia.com/colopl-ceo-naruatsu-baba

“No matter the time, continue to create new entertainment accepted by large number of users, now and in the future.” – Naruatsu Baba kepada pegawai perusahaannya

Naruatsu Baba adalah seorang developer game smartphone dan pebisnis, penemu dan pemilik saham mayoritas dari perusahaan Colopl. Beliau memegang hampir 50% dari saham perusahaan tersebut, yang telah berdiri dari tahun 2008. Tetapi, beliau sendiri sudah memulai melakukan development game sejak tahun 2003. Dengan dana lima puluh juta dollar US, perusahaannya diharapkan untuk menciptakan game virtual reality (VR).

Kehidupan
Beliau lahir pada tahun 1978 di Itami, Jepang, sebuah daerah di dekat Osaka. Dia memiliki masalah jantung ketika muda, yang kemudian menyebabkan dia harus menjalani operasi. Sebagai ganti aktivitasnya, beliau menghabiskan waktunya dengan game. Beliau merupakan lulusan dar Kyushu Institute of Technology.

Pada tahun 2003, beliau bekerja di KLab, dan bekerja di GREE untuk sebentar pada tahun 2007. Walau bekerja full-time, dia tetap meluangkan waktunya untuk menciptakan aplikasi mobile serta mendesain website dari waktunya di universitas.

Ketika Colopl diciptakan pada tahun 2008, di pasaran Jepang banyak memiliki handphone biasa. Colopl digunakan untuk mentarget handphone, menyediakan jasa yang banyak seperti game, tetapi smartphone mendapat perhatian lebih dan banyak orang menyadari smartphone akan menjadi komoditas yang sangat vital kedepannya. Orang-orang pindah ke smartphone melalui Colopl dan akhirnya kembali Colopl berkutik di bidang tersebut.

Awalnya mereka berfokus untuk mencari game yang ringan dan tidak menggunakan banyak data untuk game-game awal mereka. Mereka mencetak angka download yang sangat tinggi, bahkan diatas dari ekspektasi beliau, dan akhirnya mereka terus membuat game. Tidak seperti perusahaan lain, Colopl berfokus mendevelop game pada platform Android terlebih dahulu karena lebih mudah untuk memasarkannya dibanding iOs.

Saat ini beliau sudah bercerai dan memiliki satu anak. Net worthnya adalah 700 juta dolar Amerika menurut situs Forbes.

Peraihan

  • Orang terkaya #50 di Jepang (2017, Forbes)
  • Milliuner #1476 di dunia (#18 di Jepang) pada tahun 2016

Sumber



https://www.techinasia.com/colopl-ceo-naruatsu-baba