Nama-nama lain dari surat Al Fatihaah

###Ummul Kitaab.

Penamaan ini berdasarkan hadits yang diriwayatkan at-Tirmidzi-dan dia menshahihkannya dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah bersabda,

Alhamdulillah adalah Ummul Qur ‘an, Ummul Kitab, dan as-Sab’ul Matsaani.’’ (HR at-Tirmidzi dalam Kitabu Tafsiril Qur’an)

###Ash-Shalat.

Penamaan ini berdasarkan firman Allah ta’ ala dalam hadits Qudsi yang diriwayatkan oleh Muslim, Abu Dawud, at-Trrmidzi, an-Nasa’i, dan lbnu Majah dari Abu Hurairah, dari Nabi saw .Yang di antara isinya adalah,

“Allah ta’ala berfirman, 'Aku membagi shalat menjadi dua; untuk-Ku dan untuk hamba-Ku dan Aku berikan kepada hamba-Ku apa yang dia minta.”’

Para ulama berpendapa t bahwa yang dimaksud dengan shalat di sini adalah surah al-Faatihah, ·karena shalat tidak sempuma tanpa membaca surah al-Faatihah.

###Asy-Syifaa’.

Penamaan ini berdasarkan hadits yang diriwayatkan a-Darirni dari Abu Sa’id al-Khudri bahwa Nabi saw. bersabda,

"Pembuka (Faatihah) Al-Kitab adalah obat bagi semua penyakit.’(HR at-Tirmidzi dalam Kitabu Tafsiril Qur’an)

###Ar-Ruqyah.

Penamaan ini berdasarkan hadits yang diriwayatkan al-Bukhari dan Muslim dari Abu Sa’id al-Khudri bahwa Rasulullah bersabda kepada seorang sahabat yang mengobati seseorang yang disengat binatang berbisa dengan membacakan surah al-Faatihah terhadapnya,

“Bagaimana engkau tahu bahwa surah al-Faatihah adalah ruqyah (obat)?” (HR Bukhari dalam Kitab al ljaarah)

Menurut kitab Khazanatul-Asrar karanganal-Ustadz Muhammad Hakky an-Nazily, Surah al-Fatihah ini mempunyai 30 nama. Nama-nama itu ada yang diambil dari berbagai hadis Nabi mengenai al-Fatihah dan ada pula nama yang ditetapkan oleh para Sahabat dan Tabi’in. Nama-nama tersebut adalah:

  1. AL-FATIHAH ATAU FA-MATUL-KITAB
    Artinya: ialah Pembuka atau Pembuka Kitab. Dan nama ini terdapat di dalam banyak hadis

  2. UMMUL-KITAB
    Artinya: Induk Kitab. Dan nama ini juga terdapat di dalil banyak hadis. Ummul Kitab diartikan bahwa Al-Fatihah mengandung semua persoalan yang terdapat di dalam al-Quran, yaitu Ketuhanan, Alam, Akhirat, lbadat, dan Sejarah-sejarah.

  3. UMMUL-QURAN
    Artinya: Induk al-Quran. juga nama ini terdapat dalam hadist. Berbagai-bagai pendapat kenapa dinamakan Ummul-Quran. Di antaranya adalah karena al-Fatihah ini isinya dianggap sebagai keringkasan dari isi seluruh al-Quran.

  4. AL-QURAN-AL-AZHIM
    Artinya: Bacaan Agung. Nama ini juga terdapat dalam hadits Dinamakan bacaan Agung kerana isi al-Fatihah ini semunya mengenai masalah-masalah yang amat besar atau agung.

  5. AS-SAB’UL MATSANYA
    Artinya: TUJUH yang BERULANG-ULANG. Nama ini paling banyak tersebut dalam hadis-hadis. Dinamakan tujuh, karena memang terdiri atas 7 ayat, dan dikatakan berulang-ulang karena memang banyak ayat-ayatnya dibaca berulang-ulang, baik di dalam ayat -ayat al-Quran atau dalam shalat atau di luar shalat. Ada juga yang mengartikan kata-kata Matsany itu berarti 2 bagian, karena sebagai tersebut di dalam hadis al-Fatihah itu terbagi dua. Satu bagian untuk Tuhan dan satu bagian lagi untuk manusia. Dan ada pula yang mengartikan kata-kata Matsany itu berarti Sanjungan, kerana setiap ayat dari al-Fatihah itu berisi sanjungan atau pujian terhadap Allah.

  6. AL-WAFIAH
    Artinya: Mencakup. Karena isinya mencakup seluruh isi Al-Quran dan meliputi keterangan-keterangan tentang Tuhan dan keterangan tentang manusia.

  7. AL-WAQIAH
    Artinya: Tameng. Nama ini diberikan oleh Yahya bin Abu Katsir, karena al-Fatihah ini dapat menamengi (menjaga) orang-orang yang membacanya dari berbagai-bagai bahaya dan penyakit, karena hadis yang diriwayatkan oleh ad-Dailamy dari Imran bin Hushain r.a.: Telah berkata Rasulullah s.a.w.:”
    Siapa yang membaca al-Fatihah dan ayat Kursi di rumahnya, tidak dapat menimpa kepadanya penyakit ‘ain dari manusia atau jin di hari itu.”

  8. AL-KANZU
    Artinya: Perbendaharaan, atau tempat yang penuh dengan barang-barang berharga. Nama ini diambil dari hadis: Berkata Rasulullah s.a.w.: “Allah berkata bahwa al-Fatihah adalahsuatu perbendaharaan dari perbendaharaan-perbendaharaan ArasyKu.”

  9. AL-KAFIAH
    Artinya: Memadai. Karena al-Fatihah ini mencakup semua ayat-ayat dalam al-Quran, dan ayat-ayat lain tidak mencakup akan isi al-Fatihah ini. Dinamai al-Kafiah berdasarkan sebuah hadis mursal: Berkata Rasulullah s.a.w.: “Ummul-Quran dapat jadi ganti lainnya, tetapi lainnya tidak dapat menjadi gantinya.”

  10. AL-ASAS
    Artinya: Sendi atau dasar. Dinamakan dengan nama ini oleh Sufyan bin Uyainah, karena dia dianggapnya sebagai dasar dari al-Quran dan ayat BISMILLAHIR-RAHMAANIRAHIIM dianggapnya sebagai dasar dari al-Fatihah.

  11. FATIHATUL-QURAN
    Artinya: Pembuka al-Quran, karena letaknya di permulaan al-Quran. Atau boleh juga diartikan sebagai pintu masuk ke al-Quran.

  12. SURATUN-NUUR
    Artinya: Surah Cahaya, karena surah ini banyak membawa penerangan kepada manusia.

  13. SURATUL-HAMDI
    Artinya: Surah pujian, kerana isinya penuh dengan pujian kepada Tuhan.

  14. SURATUS-SYUKRI
    Artinya: Surah Syukur, karena isinya penuh dengan syukur kepada Tuhan.

  15. SURATUL-HAMDIL-ULA
    Artinya: Surah pujian Pertama.

  16. SURATUL-HAMDIL-QASHWA
    Artinya: Surah pujian Terakhir.

  17. SURATUR-RUQYAH
    Artinya: Surah Mantera atau obat, karena dengan surah ini dapat menyembuhkan berbagai-bagai penyakit, sebagai tersebut dalam hadis.

  18. SURATUS-SYIFA’
    Artinya: Surah yang mengandung kesembuhan (obat).

  19. SURATUS‑SYAFIYAH
    Artinya: Surah yang menyembuhkan.

  20. SURATUS-SHALAH
    Artinya: Surah yang dibaca tiap solat.

  21. SURATUD-DO’A
    Artinya: Surah yang berisi doa. Tiap kita membaca surah ini bererti kita berdoa.

  22. SURATUT-THALAB
    Artinya: Surah berisi tuntutan (perrnintaan).

  23. SURATUS-SU’AL
    Artinya: Surah yang berisi permintaan.

  24. SURATU TAUMIL MASALAH
    Artinya: Surah yang mengajarkan cara berdoa, yaitu dimulai dengan memuji dan mengenangkan kebesaran Tuhan.

  25. SURATUL-MUNAJAH
    Artinya: Surah yang berisi bisikan terhadap Tuhan.

  26. SURATU’I’-TAJWIDH
    Artinya: Surah yang berisi penyerahan diri kepada Tuhan.

  27. SURATUL-MUKAFAAH
    Artinya: Surah Imbangan, yang diturunkan kepada Nabi sebagai imbangan terhadap harta Benda orang lain (hadis).

  28. AFDHALU SUWARIL-QUIUN
    Artinya: Surah yang terbaik dalam al-Quran.

  29. AKfIlRU SUNWARIL-QUIZAN
    Artinya: Surah penutup dari al-Quran.

  30. A’ZHAMtJ SUWARIL-QURAN
    Artinya: Surah terbesar dalam al-Quran. Di dalaninya berbagai Kitab Tafsir, nama-nama tersebut di atas ini ditambah dengan beberapa nama lagi, yaitu:

  31. SURATUL-MINNAH
    Artinya: Surah yang mengandung cita-cita.

  32. SURATUL-MUJZIYAH
    Artinya: Surah yang meniberi balasan.

  33. SURATUL-MUNJIYAH
    Artinya: Surah yang dapat rnembebaskan manusia dari berbagai-bagai kesulitan.

  34. SURATUS-TSAQALAIN
    Artinya: Surah jin dan manusia.