My First Plane Model Kit

                                Pesawat Tempur Pertamaku :D

hehehe… sejak pertama kali nonton film top gun dua dekade lalu (duh, udah tua…) saya kesengsem sama pilot pesawat tempur dan selalu tertarik kalau lihat pesawat tempur atau peperangan di udara. perang di udara kok rasanya lebih keren dan gak banyak melibatkan darah yang muncrat dari bagian tubuh :fufu: (mungkin sih potongan anggota tubuh yang melayang, ya)

koleksi beberapa mobil-mobilan die cast (bukan, bukan yang hot wheels. yang murahan aja kok) udah lenyap  diminta sama sepupu dan saya jadi gak punya hobi beginian lagi. lalu gara-gara pengki yang suka sama pesawat rakitan saya baru tahu ada barang beginian… pesawat tempur dari plastik yang bisa dirakit sendiri! saya coba-coba beli model kit SPAD XIII skala 1/72 dan satu F-16C Falcon skala 1/48. buat latihan pake aja yang kecil dulu, gitu kata pengki. jadi hari ini saya coba-coba ngerakit pesawat dengan alat seadanya, dan tanpa cat yang harganya mahal itu. (peng, kalo udah beli cat aku minta ya). kira-kira begini cara ngerakitnya:

1. pelajari sejarah pesawat tempur yang akan dirakit. hal ini penting terutama untuk tahu konstruksi dasar seperti bahan pembuatan, kekuatan dan kelemahan, siapa saja pilot yang sukses menang perang dengan pesawat ini dan yang paling penting kontribusinya selama perang dan cerita-cerita menarik di baliknya. membaca sejarah pesawat juga penting untuk menentukan warna-warna serta stiker (decal) apa yang akan ditempel di bodi pesawat. step satu inilah blunder terbesar saya di perakitan pertama. kenapa? nanti ya 😀

F16C & SXIII

F16C & SXIII

2. siapkan peralatan. gak usah yang keren, yang ada ajalah di rumah. alat-alat yang harus ada antara lain gunting, pinset, potongan kuku, pisau atau cutter, nail clipper, tang, ampelas atau kalo gak ada bolehlah pakai kikir kecil, jarum dan cotton bud. oh iya siapkan juga wadah kecil untuk menampung air. dikit aja. satu lagi, lem khusus model kit. lem khususnya berwarna bening kayak top coat kuteks *halah*, rada encer tapi untuk plastik model kit bisa menempel sangat kuat.

tools

tools

3. buka box model kit dan baca baik-baik instruksi yang ada di dalamnya. instruksi yang tersedia biasanya mengenai langkah-langkah perakitan (bagian yang mana dulu yang dipasang) dan tips-tips memotong bodi dari sprue (papan penahan onderdil pesawat sebelum dipotong-potong dan dirakit) serta menempel decal.

4. bersihkan sprue dan onderdil dari debu dan kotoran dan potong sesuai langkah yang tertulis di instruksi. jangan langsung dipotong semua, nanti bingung masangnya. belum lagi untuk model kit pesawat tempur skala 1/48 atau 1/32 yang punya onderdil lebih banyak dan detail. hati-hatilah saat memotong onderdil, anda bisa pakai tang cucut (tang yang ujungnya lancip) untuk memuntir onderdil yang ukurannya sangat kecil, karena jika dipotong dengan pisau bisa jadi justru mematahkan part-nya.

5. kalau mau mengecat, catlah part terlebih dahulu saat masih terpasang di sprue. fungsi dari mengecat sebelum merakit adalah agar tidak sulit memegang dan membolak-balik apalagi kalau partnya kecil, juga agar proses pengecatan bisa berlangsung baik tanpa terganggu part-part lain seperti kalau ngecatnya setelah merakit.

6. setelah cat kering mulailah merakit sesuai instruksi. sapukan lem tipis-tipis pada kedua sisi part yang akan disatukan. meskipun biasanya antar part sudah memiliki engsel pengunci namun lem tetap diperlukan untuk mencegah bagian-bagian pesawat bergeser selama proses perakitan.

on progress

on progress

7. tempelkan decal (stiker) di bodi pesawat. gunting decal yang sudah disediakan sesuai dengan bentuk obyeknya lalu rendam sebentar dalam mangkok berisi air kira-kira 15 detik. angkat decal dengan pinset (jangan langsung dengan jari tangan!) dan tempelkan di bodi pesawat. kertas tempat decal menempel bukanlah seperti stiker tapi lapisan tipis saja jadi memang stiker yang berlatar belakang bening baru bisa dibuka saat kondisinya basah. sambil menata letak decal tekan-tekanlah dengan cotton bud untuk menyerap air dan memastikan decal menempel dengan sempurna.

decal (cut), cotton bud dan pinset

decal (cut), cotton bud dan pinset

nah kalau mau lihat seperti apa SPAD XIII saya,  ini gambar akhirnya. SPAD XIII adalah pesawat tempur buatan perancis tahun 1917 yang eksis selama perang dunia pertama. gak cuma perancis, amerika serikat pun cukup banyak memakai SPAD XIII dalam pertempuran udara dan terbukti memetik banyak kemenangan. coba lihat, apa yang salah di situ?

voila! :D

voila! 😀

yak. decalnya. semua decal yang diberi dalam set model kit saya tempel dan hasilnya adalah cross-country fighting aircraft. ada roundel (logo berupa lingkaran) perancis, strip bendera perancis serta tulisan S.XIII (SPAD XIII) di atas latar belakang bendera perancis. sudah cukup memberikan identitas perancis? otidabissa… sayang sekali keotentikan ini terganggu oleh adanya lambang swastika dan kepala indian sioux, logo khas amerika serikat lambang keberuntungan yang banyak dipakai di pesawat-pesawat tempurnya.

itulah blunder yang saya bilang tadi… semuanya karena saya malas membaca sejarah. cuih. jadinya pesawat saya gak punya jati diri deh (terdengar suara pengki ketawa di whatsapp). jangan ditiru ya. ada yang suka model kit beginian juga? bagi tips dong 😀

:open_mouth::open_mouth::open_mouth::open_mouth::open_mouth:
Diawali dari military model kit…Mantab juragan.Coba next bikin yang gundam grade A wkkwkwwkw biar agak greget di mental dan dompet