Museum unik di Indonesia yang wajib dikunjungi

Indonesia merupakan negara yang kaya akan objek wisata. Salah satu yang sering dikunjungi adalah objek wisata edukasi seperti museum. Saat ini museum tidak lagi dipandang sebagai tempat usang untuk menyimpan berbagai kenangan atau sejarah masa lalu. Museum malah menjadi tempat menarik karena konsepnya yang unik dan berbeda.

Berikut yang saya ketahui beberapa museum di Indonesia:

1. Museum Angkut

Museum angkut

Museum ini terletak di Kota Batu, Malang yang sudah cukup terkenal. Museum ini menyimpan berbagai koleksi alat transportasi atau alat angkut zaman dulu hingga saat ini. Selain dapat melihat koleksi alat transportasi, pengunjung juga bisa mengekplorasi sebagai objek wisata yang menarik secara visual karena begitu banyak zona-zona yang menarik yang di desain mirip dengan lokasi-lokasi yang ada di Eropa.

2. House of Sampoerna

House of sampoerna

Museum ini berada di Surabaya milik perusahaan rokok terkenal dan menceritakana perkembangan perusahaan dari zaman dahulu hingga saat ini. Hal yang menarik di museum ini yaitu pengunjung bisa melihat para buruh rokok melakukan pekerjaannya untuk membuat rokok kretek. Tempat ini juga ditata dengan sangat modern. Ada beberapa benda vintage yang ada di dalamnya dan menarik untuk spot foto.

3. Museum Kata

Museum Kata

Museum Kata berada di Belitung dan merupakan Museum literasi pertama di Indonesia. Yang menjadikan Museum Kata unik adalah pengunjung bisa membaca buku, novel, dan berbagai quotes yang menarik danunik di musuem tersebut. Selain itu ada berbagai novel Laskar Pelangi yang sudah diterjemahkan ke dalam 20 bahasa.

4. Museum Tubuh Bagong

Museum Tubuh Bagong

Di Batu ada lagi salah satu museum unik di Indonesia yaitu Museum Tubuh Bagong. Tempatnya berada di Jawa Timur Park 1 kota Batu. Hal menarik dari sini adalah pengunjung yang diajak masuk ke dalam organ tubuh manusia. Dimana museum ini memiliki beberapa anggota tubuh raksasa yang bisa dimasuki pengunjung, mulai dari gigi, jantung, paru, dan lainnya.

5. Museum Aceh

Museum aceh

Di museum ini, pengunjung bisa melihat berbagai hal dan kejadian yang menggambarkan bagaimana dahsyatnya bencana alam tersebut. Pengunjung bisa merasakan sensasi yang lebih mengarah ke perjalanan religi atau spiritual.

Tempat Wisata di Aceh ini mengingatkan pengunjung akan kebesaran Tuhan yang bisa mengatur seluruh kehidupan di dunia. Ada juga nama-nama korban Tsunami yang dipasang di ruang khusus dengan kata Allah di bagian atasnya.

6. Museum Geologi

Museum geologi

Museum yang satu ini sesuai dengan namanya yang menyimpan koleksi tentang geologi.

Lokasinya yang berada tidak jauh dari Gedung Sate Bandung menjadikan museum ini masih diminati pengunjung. Bahkan pengunjung museum ini tidak pernah sepi. Loaksi tepatnya yaitu di Jalan Diponegoro.

Sumber: