Museum fatahilah, bangunan yang menjadi saksi bisu sejarah

Museum Fatahillah yang juga dikenal sebagai Museum Sejarah berdirinya Jakarta atau Museum Batavia merupakan sebuah museum yang terletak di Jalan Taman Fatahillah No. 2, Jakarta Barat dengan luas kurang lebih 1.300 meter persegi. Gedung ini dulu merupakan Balai Kota Batavia yang dibangun pada tahun 1707-1710 atas perintah Gubernur Jendral Johan van Hoorn pada waktu itu.

Bangunan itu menyerupai bentuk dari Istana Dam di Amsterdam, terdiri atas bangunan utama di depan dengan dua bangunan di bagian timur dan barat serta bangunan sanding yang dulu digunakan sebagai kantor, ruang pengadilan dan ruang-ruang bawah tanah yang dipakai sebagai penjara. Sobat diskusi ada yang pernah mendengar kisah mengenai tempat ini?

Pernah nii. Katanya di tempat ini terjadi pembantaian sadis yang juga pembunuhan keji oleh rezim Belanda terhadap warga keturunan Tiongkok. Sekitar tahun 1740 silam, dikisahkan tepat di alun-alun depan museum telah terjadi pembantaian sekitar 500 orang China. Mungkin karena hal itulah, hingga kini sesekali masih terdengar suara-suara teriakan histeris hingga tangisan yang terdengar sangat ramai, tepat di tempat pembantaian. Kadang, bahkan ada juga penampakan sosok tanpa kepala.