Museum Antik Hingga Unik di Solo yang Menarik untuk Dikunjungi

Berkunjung ke Solo atau Surakarta tak akan lengkap jika tidak menelusuri jejak sejarah di berbagai museum antik hingga unik yang tersebar di belahan kota. Dalam museum-museum berikut pengunjung dapat menyaksikan benda-benda peninggalan budaya hingga mendapat informasi baru.

Kota Solo sendiri memiliki julukan keren yaitu the spirit of Java. Tentu benar-benar merupakan keputusan yang baik untuk mengunjungi museum keren berikut ini.

Museum Radya Pustaka

Museum Radya Pustaka Surakarta merupakan salah satu museum tertua di Indonesia dan merupakan museum tertua di Solo. Arti “radya” adalah pemerintah, sementara “pustaka” berarti surat. Museum ini dulunya merupakan tempat penyimpanan surat-surat kerajaan.

Namun seiring berjalan waktu museum ini terdapat berbagai macam benda sejarah yang mendidik dan menginformasi para pengunjung. Museum ini didirikan pada tanggal 28 Oktober 1890 pada masa pemerintahan Pakubowono IX oleh Kanjeng Raden Adipati Sosrodiningrat IV.

Museum ini sejak 1 Januari 1913 dipindahkan menjadi berlokasi di Jalan Slamet Riyadi, jalan utama di Kota Solo. Letaknya masih satu kompleks dengan kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.

Saat itu, gedung museum merupakan kediaman warga Belanda bernama Johannes Busselaar. Koleksi antik yang terdapat di museum ini berbagai macam, ada topeng, patung, baju tradisional, wayang kulit, buku dan foto-foto kuno, gamelan dan lain-lain.

Museum antik lainnya mungkin adalah Museum Batik Danar Hadi. Museum Batik Danar Hadii merupakan salah satu tempat yang wajib dikunjungi ketika berkunjung ke kota Solo. Pengunjung museum akan disuguhkan dengan keragaman serta perkembangan batik yang menjadi identitas kebanggaan bangsa Indonesia.

Museum Batik Danar Hadi yang berada di Jalan Slamet Riyadi, No. 261. Koleksi batiknya sungguh lengkap dan mencerminkan perkembangan Indonesia, mulai dari Batik Kraton, Batik Belanda, Batik Hokokai, Batik Sudagaran, Batik Indonesia, hingga Batik Cina.

Terdapat pula ruang workshop di museum ini yang memperbolehkan pengunjung melihat proses pembuatan batik secara langsung sambil praktik langsung mengulas canting di atas kain. Adapun pusat perbelanjaan berbagai cinderamata khas Solo dari Batik Danar Hadi. Cinderamata ini merupakan hasil karya yang diproduksi langsung melalui workshop museum.