Mulailah Kesuksesan dari Sebuah Rencana

kesuksesan

Mulailah Kesuksesan dari Sebuah Rencana

Sebuah kesuksesan tak akan berjalan sempurna jika tanpa adanya rencana. Perencanaan menurut Georgy R. Terry (1975) adalah pemilihan dan menghubungkan fakta-fakta, membuat serta menggunakan asumsi-asumsi yang berkaitan dengan masa yang akan datang dengan menggambarkan dan merumuskan kegiatan-kegiatan tertentu yang diyakini diperlukan untuk mecapai suatu hasil tertentu. Dan sebuah kesuksesan adalah tercapainya tujuan kita dan bisa bermanfaat bagi orang lain di sekitar kita.

Hal terpenting dalam sebuah kesuksesan adalah dari sebuah perencanaan. Jika perencanaannya tidak baik maka apa yang dihasilkannya pun tidak akan menjadi baik. Banyak hal yang harus direncanakan seperti hubungan, spiritual, kesehatan, keuangan, dan karir. Buatlah suatu rencana penting yang kita bisa beranggapan bahwa ini adalah hari terakhir kita hidup di dunia ini.

Kita bisa membuat rencana secara tertulis karena dengan rencana yang tertulis kita lebih terarah dalam menjalani tujuan kita. Karena kekuatan perencanaan hanya akan mungkin terjadi jika kita tuliskan dan dinyatakan dengan baik. Isi dari perencanaan tersebut adalah hal-hal yang ada dipikiran anda untuk masa mendatang.

Semakin sering kita melihat perencanaan dan mengubahnya, semakin mudah untuk dapat menyesuaikan diri dengan keadaan yang baru dan memastikan anda tetap berada di jalur yang seharusnya.
Adapula yang terpenting dari sebuah kesuksesan yaitu motivasi diri. Beberapa cara yang dapat dilakukan dalam memotivasi diri dalam mencapai kesuksesan:

  1. Gunakan impian yang ingin dicapai untuk mempengaruhi pikiran bawah sadar kita. Karena pikiran bawah sadar kita akan berpengaruh dalam perilaku dan kegiatan yang kita lakukan sesuai dengan apa yang kita cita-citakan.
  2. Rajin mencari inspirasi. Dengan kita membaca cerita dari tokoh-tokoh sukses dan perjalanan hidupnya, kita bisa dengan mudah mendapat inspirasi.
  3. Bekerja keras dan bertanggung jawab. Dengan kerja keras, semua hambatan serta kegagalan yang terjadi dapat diatasi serta dengan adanya rasa tanggungjawab yang dapat memotivasi kita untuk memberikan hasil yang terbaik.
  4. Disiplin dan konsisten akan kesuksesan yang ingin dicapai. Dengan disiplin, akan membiasakan diri kita memiliki tujuan dan target yang ingin dicapai setiap harinya.
  5. Kembangkan terus impian kita. Seperti pepatah “Yang membedakan orang sukses dan orang gagal adalah bukan karena sesuatu yang memiliki kemampuan atau ide yang lebih baik, tapi karena dia berani mempertaruhkan ide, menghitung resiko, dan bertindak cepat.” Andre Malraux(1901-1976), sejarawan Prancis.
    Namun, terkadang terdapat hal yang negatif dari akibat tercapainya suatu kesuksesan, seperti lupa akan jasa-jasa yang pernah membantu dalam proses mencapai kesuksesan, lupa bersyukur kepada tuhan atas apa yang telah diraih, dan kesuksesannya hanya untuk diri sendiri tidak bermanfaat bagi orang lain.
    CHARLES DARROW

Seorang pemuda berusia 20 tahunan yang bermimpi suatu hari nanti ia menjadi seorang dermawan. Impiannya pun diceritakan kepada pasangannya yang beberapa waktu kemudian mereka menikah. Namun, tidak lama kemudian terjadi krisis ekonomi yang parah. Pasangan ini mendapat suatu musibah seperti kehilangan pekerjaan dan mobil, rumah yang digadaikan dan uang tabungan yang semakin hari semakin menipis.

Seorang pemuda ini mengalami frustrasi luar biasa bahkan menyarankan agar istrinya meninggalkannya karena merasa telah gagal dalam hidupnya. Tetapi, sang istri tetap berada disisinya dan menguatkannya. Dengan tidak bosan-bosannya ia meyakinkan sang suami bahwa impian untuk menjadi jutawan itu belum mati dan mereka pasti bisa mencapainya bersama-sama suatu hari kelak. Namun seorang pemuda ini berkata, “Impian kita telah mati! Kita telah gagal!” Sang istri tetap tidak percaya bahwa impian itu telah mati. Untuk tetap menjaga kehidupan impian tersebut ia mengajak sang suami untuk merancang apa yang akan mereka lakukan jika suatu saat nanti mereka menjadi jutawan.

Waktu terus berlalu dan mereka masih melakukan kegiatan yang sama setiap selesai makan malam. Hingga suatu hari sang suami mendapatkan sebuah ide brilian yaitu menciptakan permainan uang. Yakni barang-barang apa saja yang akan dibeli jika seseorang memiliki uang, misalnya seperti tanah, rumah, gedung, dan lainnya. Ide ini terus mereka matangkan. Mereka menambahkan papan permainan, dadu, kartu, rumah-rumah kecil,dan hotel-hotel kecil. Permainan itu bernama “monopoli”. Pada tahun 1935, permainan ini kemudian dijual kepada seorang pengusaha dengan harga satu juta dolar dan impiannya menjadi jutawan pun terwujud.

Daftar pusaka :

  1. https://aungelsofan.wordpress.com/2010/07/14/kisah-singkat-perjalanan-hidup-orang-orang-sukses/
  2. http://www.akuinginsukses.com/kekuatan-sebuah-perencanaan/
  3. http://susanti1109.blogspot.co.id/2013/12/pengertian-perencanaan-menurut-para-ahli.html
  4. http://tioalvin.blogspot.co.id/2011/03/pengertian-sukses.html
  5. https://bisnisukm.com/motivasi-diri-untuk-mencapai-kesuksesan.html