Mulai Belajar Politik? Ini Istilah di Dunia Politik yang Wajib Kamu Tahu

Belajar politik bisa dimulai sejak usia dini, mulai dari membaca artikel, melihat berita, dan lain sebagainya. Namun, tak jarang ada banyak sekali kata-kata yang terdengar asing di telinga. Yuk simak beberapa istilah di dunia politik berikut ini.

  1. Kasasi
    Kasasi adalah kata yang cukup sering terdengar ketika kita sedang menonton persidangan. Bagi kalian yang awam, kasasi memiliki arti pembatalan keputusan yang dilakukan oleh Mahkamah Agung terhadapat keputusan hukum. Pembatalan ini dilakukan dikarenakan keputusan yang dikeluarkan tidak sesuai atau menyalahi undang-undang.
  2. Moratorium
    Moratorium artinya adalah penangguhan pembayaran utang atau kewajiban tertentu selama batas waktu yang ditentukan. Kata ini cukup sering digunakan untuk mengacu ke waktu penundaan pembayaran itu sendiri, sementara otorisasinya disebut sebagai undang-undang moratorium.
  3. Akuntabel
    Di dunia politik, akuntabel atau akuntabilitas memiliki arti sebagai berikut, dapat dipertanggungjawabkan dan tidak melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku. Lalu kenapa tidak menggunakan kata yang lebih mudah yaitu pertanggungjawaban? Beberapa ahli menjelaskan bahwa dalam kaitannya dengan birokrasi, tanggung jawab memiliki arti sebagai otoritas yang diberikan atasan untuk melaksanakan suatu kebijakan. Sedangkan akuntabilitas merupakan kewajiban untuk menjelaskan bagaimana realisasi otoritas yang diperolehnya tersebut. Jadi akuntabilitas memiliki arti yang berbeda.
  4. Komprehensif
    Menurut bahasa Indonesia, komprehensif memiliki 3 buah arti. Arti yang pertama yaitu bersifat mampu menangkap atau menerima dengan baik. Kedua adalah memiliki ruang lingkup luas dan lengkap. Ketiga adalah mempunyai dan memperlihatkan wawasan yang luas. Jika dilihat dari kalimat, maka yang sesuai adalah arti yang kedua yaitu ruang lingkung yang luas dan lengkap. Jadi, presiden RI Joko Widodo membuat suatu program yang memiliki ruang lingkup luas dan juga lengkap.
  5. Referendum
    Referendum merupakan salah satu bentuk demokrasi dalam sebuah negara. Memiliki arti yaitu pemberian hak kepada rakyat, untuk memilih solusi dalam penyelesaian sebuah perkara domestik.
  6. Reklamasi
    Reklamasi adalah pekerjaan atau usaha pemanfaatan suatu kawasan atau lahan yang tidak berguna dan berair untuk dijadikan lahan yang berguna dengan cara dikeringkan. Tempat-tempat yang biasa dijadikan sebagai tempat untuk melakukan reklamasi seperti kawasan pantai, lepas pantai, danau, rawa-rawa ataupun sungai yang lebar.
  7. Permakzulan
    Pemakzulan memiliki arti sebagai sebuah proses dari sebuah badan legislatif yang secara resmi menjatuhkan dakwaan terhadap seorang pejabat negara. Pemakzulan berbeda dengan pemecatan atau pelepasan jabatan tapi hanya merupakan pernyataan dakwaan secara resmi, mirip pendakwaan dalam kasus kriminal. Dakwaan ini hanyalah langkah pertama menuju kemungkinan selanjutnya yaitu pemecatan.
  8. Elektabilitas
    Elektabilitas adalah tingkat keterpilihan yang disesuaikan dengan kriteria pilihan. Elektabilitas bisa diterapkan kepada barang, jasa maupun orang, badan atau partai. Elektabilitas partai tinggi berarti partai tersebut memiliki daya pilih yang tinggi.
  9. Makar
    Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, makar memiliki beberapa arti, pertama adalah akal busuk, tipu muslihat. Kedua adalah perbuatan atau usaha dengan maksud hendak menyerang atau membunuh orang dan sebagainya. Ketiga adalah perbuatan atau usaha menjatuhkan pemerintah yang sah.
  10. Petahana
    Petahana dalam bahasa Inggris berarti incumbent, adalah kata yang berasal dari tahana. Memiliki arti kedudukan, kebesaran, atau kemuliaan. Dalam dunia politik, istilah ini diberikan kepada pemegang suatu jabatan politik yang sedang menjabat dan akan mencalonkan lagi untuk jabatan yang sama di periode selanjutnya.

Kira-kira istilah apa lagi ya yang wajib diketahui? Sharing dibawah yuk!

1 Like

Mau nambahin satu kak “koalisi” soalnya sering dengar. Koalisi mempunyai arti kerja sama antara beberapa partai untuk memperoleh kelebihan suara dalam parlemen.

Hai! Terimakasih sudah membaca artikel ini.
Betul banget, makasih udah sharing tambahan istilahnya. Sedangkan berdasarkan KBBI berkoalisi adalah bekerjasama antara beberapa partai atau sebagainya.
Sekian dari saya, terimakasih.

Terima Kasih atas ilmunya kak, kalau kakak ngehapalin istilah-istilah gitu langsung sekaligus cari semuanya(di kamus dll) atau langsung baca-baca(berita dll) dan kalau ada yang tidak diketahui langsung cari?

Menarik topiknyaa…
Ka izin menambahkan, istilah lain ada namanya oposisi ka. Pada dunia politik, arti kata oposisi dimaknai sebagai partai penentang di dewan perwakilan dan sebagainya yang menentang dan mengkritik pendapat atau kebijaksanaan politik golongan yang berkuasa.

Sumber : ciputrauceo.net

Hai! Terimakasih sudah membaca artikel ini.
Wah tentu saja gak langsung dihafalinnya karena ada banyak banget istilah dalam dunia politik. Langkah mudahnya yaitu dengan terjun langsung ke dunia politik, minimal melalui membaca artikel atau melihat berita. Dengan demikian informasi yang kita dapatkan termasuk kosa kata juga akan bertambah. Jika memang ada yang terlampau sulit dipahami bisa langsung cek artinya di KBBI.
Sekian dari saya, terimakasih.

Hai! Terimakasih sudah membaca artikel ini.
Betull banget, terimakasih udah sharing tambahan istilahnya. Sedangkan untuk penggunaannya, kata “oposisi” erat hubungannya dengan partai politik.
Sekian dari saya, terimakasih

1 Like

Wah! Terimakasih kak, artikelnya sangat bermanfaat. Saya jadi tahu banyak istilah-istilah yang sebelumnya saya gatau.

Wah terima kasih kak, menambah pengetahuan baru bagi saya tentang dunia perpolitikan, selama ini sering dengar beberapa istilah di atas, tetapi masih tidak tahu artinya.

1 Like

Hai! Terimakasih sudah membaca artikel ini.
Selain membaca artikel ada cara lain untuk mudah memahami istilah-istilah politik yaitu dengan melihat berita, film, atau cerita pendek bertema politik. Dengan demikian maka kosa kita akan semakin bertambah. Diskusi juga menjadi cara lain untuk belajar istilah politik, tidak hanya secara teoritis tapi juga implementatif.
Sekian dari saya, terimakasih.

bagus buat nambah kosakata. masih banyak lagi sih biasanya di situs terkemuka ada pula yang dari pihak akademis menyediakan istilah a sampai z tentang politik. selebihnya oke