Mukesh Ambani, Orang Terkaya di India

http://blubugs.com/wp-content/uploads/2016/09/Drama-Mukesh-Ambani.jpg

Biografi Mukesh Ambani


Pekerjaan

Pengusaha, Direktur pengelola Reliance Industries (perusahaan swasta terbesar di India)


Tempat, Tanggal Lahir

Yaman, 19 April 1957


Kewarganegaraan

India


Pendidikan

  • University of Mumbai (Bachelor of Chemical Engineering)

  • Stanford University-Stanford Graduate School of Business (MBA - dropped out)


Total Kekayaan

US$43 miliar – 882 Trilliun Rupiah


Peringkat Berdasarkan Forbes

  • Orang paling berpengaruh ke-36 di dunia

  • One of the richest sports owners in the world

  • Orang terkaya di India


Riwayat Kehidupan

Mukesh Dhirubhai Ambani (biasa dikenal Mukesh Ambani) lahir di Yaman pada tanggal 19 april 1957. Mukesh Ambani merupakan buah hasil pernikahan Dhirubhai Ambani dan Kokilaben Ambani. Mukesh Ambani memiliki seorang adik laki – laki yang bernama Anil Ambani dan dua orang saudari yang bernama Dipti Salgaoncar dan Nina Kothari.

Mukesh pernah bersekolah di Hill Grange High School di Pedar Road, Mumbai, India. Dia memperoleh gelar sarjana Teknik Kimia dari Institute of Chemical Technology di Matunga. Mukesh sempat melanjutkan pendidikan di Stanford University, tetapi kemudian tidak dilanjutkan karena Mukesh membantu ayahnya merintis Reliance Indsutries.


Riwayat Karir

  • Chairman, managing director, Chairman of Finance Committee and Member of Employees Stock

  • Compensation Committee, Reliance Industries Limited

  • Former chairman, Indian Petrochemicals Corporation Limited

  • Former vice-chairman, Reliance Petroleum

  • Chairman of the board, Reliance Petroleum

  • Chairman and Chairman of Audit Committee, Reliance Retail Limited.

  • Chairman, Reliance Exploration and Production DMCC

  • Former Director, Member of Credit Committee and Member of Compensation & Benefits Committee’, Bank of America Corporation

  • President, Pandit Deendayal Petroleum University, Gandhinagar, Gujarat


Fakta - fakta

  1. Mukesh memiliki rumah seharga satu milliar dolar amerika, tercatat sebagai rumah termahal di dunia

  2. Tinggi rumah nya kurang lebih 173 meter, lebih tinggi daripada monas yang memiliki tinggi 132 meter

  3. Mukesh Ambani memegang gelar orang terkaya di India selama 10 tahun terakhir


Quotes

“I think that our fundamental belief is that for us growth is a way of life and we have to grow at all times.” Mukesh Ambani

“Everybody has equal opportunity, and I think that is true for everything.” Mukesh Ambani

“I don’t think that ambition should not be in the dictionary of entrepreneurs. But our ambition should be realistic. You have to realise that you can’t do everything.” Mukesh Ambani

“Relationships and trust. This is the bedrock of life.” Mukesh Ambani

“You have to manage money. Particularly with market economies. You may have a great product, but if your bottom line bustm then that’s it.” Mukesh Ambani

[details=Referensi]http://www.forbes.com/powerful-people/list/#tab:overall
http://economictimes.indiatimes.com/news/company/corporate-trends/bill-gates-richest-man-in-world-mukesh-ambani-at-36th-forbes/articleshow/51213191.cms
https://en.wikipedia.org/wiki/Mukesh_Ambani
https://id.wikipedia.org/wiki/Mukesh_Ambani
http://www.forbes.com/pictures/eddf45gffi/the-richest-owners-in-sports-2/#64de9e101c6b
http://www.forbes.com/sites/forbespr/2015/09/23/mukesh-ambani-is-indias-richest-on-forbes-list/#4f2ea5732b7a
https://nusantaranews.wordpress.com/2009/10/15/orang-terkaya-asia-dan-rumahnya-seharga-rp-19-triliun/
http://www.quotesigma.com/24-greatest-quotes-by-mukesh-ambani/
[/details]

Mukesh Dhirubhai Ambani lahir pada tanggal 19 April 1957. Ia memiliki adik laki-laki, Anil Ambani, dan dua saudara perempuan, Dipti Salgaoncar dan Nina Kothari. Keluarga Ambani tinggal di sebuah apartemen dengan dua kamar tidur sederhana di Bhuleshwar, Mumbai sampai tahun 1970an. Dhirubhai kemudian membeli sebuah blok apartemen 14 lantai yang disebut ‘Sea Wind’ di Colaba, di mana, sampai saat ini, Mukesh dan Anil tinggal bersama keluarga mereka di lantai yang berbeda.
Dia pernah Hill Grange High School di Peddar Road, Mumbai, bersama dengan saudaranya dan di mana Anand Jain, rekan dekatnya, adalah teman sekelasnya. Ia memperoleh gelar BE di bidang Teknik Kimia dari Institut Teknologi Kimia (UDCT), Matunga. Mukesh kemudian mendaftar untuk mendapatkan gelar MBA di Stanford University namun menghentikan program tersebut untuk membantu ayahnya membangun Reliance, yang pada saat itu masih merupakan perusahaan kecil namun cepat berkembang.

Mukesh D. Ambani adalah seorang Teknik Kimia dari Institute of Chemical Technology, Mumbai (dahulu Universitas Teknologi Kimia, Universitas Mumbai). Dia menempuh gelar MBA dari Stanford University di AS. Dia telah berada di Dewan Ketergantungan sejak tahun 1977. Dia memprakarsai perjalanan integrasi Reliance yang terbelakang - dari tekstil ke serat poliester dan berlanjut ke petrokimia dan penyulingan minyak bumi, dan beralih ke eksplorasi dan produksi minyak dan gas bumi. Dia menciptakan beberapa fasilitas manufaktur kelas dunia baru yang melibatkan beragam teknologi yang telah meningkatkan kapasitas produksi petrokimia Reliance dari kurang dari satu juta ton menjadi sekitar 21 juta ton per tahun.

Setelah kematian ayahnya, dia dan saudaranya Anil berpisah sehingga menghasilkan pembagian perusahaan. Perasaan dan keinginan bisnisnya yang mendalam untuk mencapai tingkat yang lebih tinggi membuatnya menjadi ikon bagi para visioner bisnis pemula di India. Dia telah menciptakan kekayaan besar bukan hanya untuk keluarganya, tapi juga untuk ribuan pemegang saham dan karyawannya. Dia adalah legenda hidup di kalangan komunitas bisnis India dan menjadi inspirasi bagi jutaan orang di seluruh dunia.

Pada akhir tahun sembilan puluhan, Mukesh Ambani mempelopori penciptaan kilang minyak terbesar di dunia di Jamnagar, Gujarat, India, dengan kapasitas 660.000 barel per hari (33 juta ton per tahun), dan mengintegrasikannya dengan petrokimia, pembangkit listrik , pelabuhan dan infrastruktur terkait. Selanjutnya, dia mengarahkan pendirian kilang 580.000 barel per hari lainnya di sebelah kapal pertama di Jamnagar. Dengan kapasitas penyulingan agregat sebesar 1,24 juta barel minyak per hari di satu lokasi, Jamnagar telah menjadi pusat penyulingan dunia.

Dia juga memimpin pengembangan fasilitas infrastruktur Reliance dan implementasi jaringan ritel yang dikelola pan-India yang mencakup berbagai format dan infrastruktur rantai pasokan. Saat ini, Reliance Retail adalah retailer terorganisir terbesar di India. Dia telah menciptakan catatan global untuk akuisisi pelanggan untuk Jio, inisiatif layanan digital Reliance. Dia memimpin dan mendirikan salah satu jaringan nirkabel broadband 4G paling ekspansif di dunia yang menawarkan solusi end-to-end yang memenuhi keseluruhan rantai nilai di berbagai layanan digital di domain utama kepentingan nasional, seperti pendidikan, perawatan kesehatan, keamanan, layanan keuangan, pemerintah -citizen interface, dan hiburan.

Dia juga sarana pengembangan fasilitas infrastruktur. Yang sesuai dengan format dan infrastruktur. Saat ini, Reliance Retail adalah retail terorganisir terbesar di India. Dia telah menciptakan catatan global untuk akuisisi pelanggan untuk Jio, layanan digital Reliance. Dia terus dan terus salah satu jaringan nirkabel broadband paling ekspotif di dunia yang menawarkan solusi end-to-end yang memenuhi keseluruhan rantai di berbagai layanan digital di domain utama kepentingan nasional, seperti pendidikan, perawatan kesehatan, keamanan, layanan keuangan, pemerintah - antarmuka warga, dan hiburan.

http://www.ril.com/OurCompany/Leadership/Mukesh-Ambani-Chairman-and-Managing-Director.aspx
https://www.thefamouspeople.com/profiles/mukesh-ambani-5508.php

Mukesh ambani lahir pada tanggal 19 April 1957 di Aden, Yaman dimana dulu orang tuanya menjadi tenaga kerja dsana karena kondisi keluarganya saat itu sangat miskin. Beliau memliki Istri bernama Ambani, dan mempunyai dua saudara perempuan bernama, Dipti Salgaoncar dan Nina Kothari, dan juga seoranga adik laki-laki bernama Anil Ambani.

Ayahnya yang bernama Dhirubhai Ambani, seorang pendiri Relaince Industries yang menjadi salah satu terkemuka di India dan dunia, dulunya bekerja di sebuah perushaan di Yaman sebelum pindah ke Mumbai pada tahun 1958 di mana Dhirubai memulai bisnis sendiri. Kemudian ayahnya tersebut beralih ke bisnis tekstil dan secara bertahap berubah menjadi salah satu tokoh bisnis India yang paling terkenal.

Pada masa kecilnya, Mukesh tinggal di apartemen yang kecil dan sempit bersama dengan keluarganya. Namun seiring kondisi keuangan keluarga yang terus membaik akhirnya beliau kemudia pindah ke apartemen yang lebih layak. Mukesh menerima pendidikan awal dari Hill Grange high school di Mumbai, bersama dengan saudaranya. Kemudian ia mendaftarkan diri di University Of Mumbay jurusan teknik kimia dan mendapat gelar B.E. Kemudian beliau melanjutkan kuliahnya di Stanford University,AS, dan mendapatkan gelar Master in Business Administration (MBA), kemudian beliau memilih untuk membantu ayahnya dalam mendirikan Reliance Industries. Dimana sebelumnya dia membantu ayahnya mendirikan pabrik benang poliester (PFY).

Dan pada tahun 1981, Mukesh secara resmi bergabung dengan Reliance Industries. Beliau muncul sebagai penggagas Integrasi Reliance yang terbelakang dari tekstil enjadi serta poliester dan berlanjut menjadi petrokimia. Selama proses tersebut, ia memimpin terciptana beberapa fasilitas manufaktur kelas duia baru yang melibatkan beragam teknologi yang meningkatkan kapasitas produksi Reliance. Beliau juga membantu pembentukan ‘Reliance Infocomm Limited’ yang berfokus pada inisiatif teknologi informasi dan komnikasi. Setelah bisns terbagi antara kedua bersaudara tersebut, adik laki-lakinya mengambil alih perusahaan yang sekarang dikenal dengan nama ‘Reliance Communications Limited’.

Saat ini beliau menjabat sebagai Ketua, Direktur Pelaksana. Ketua Komite Keuangan dan Anggota Komite Kompensasi Saham Karyawan ‘Reliance industries Limited’. Perusahaannya saat ini beroperasi di 5 segmen utama: eksplorasi dan produksi, pemurnian dan pemasaran, petrokimia, ritel, dan telekomunikasi. Beliau kemudian melebarkan sayap usaha perusahaannya di banyak bidan seperti perminyakan, garmen, gas, asuransi bahkan anak perusahaannya lebih banyak bergerak di bidang ritel. Beliau mempunya visi yakni mengahasilkan formasi kilang minyak terbesar di dunia. Salah satu karyanya yang paling menonjol juga melibatkan pembentukan ‘Reliance Communications Limited’. Salah satu inisiatif tekologi informasi dan komunikasi terbesar dan paling kompleks di dunia. Beliau mempunyai banyak penghargaan & Prestasi , seperti World Comunication Award, Business Leader of the Year, dan masih banyak lainnya.

Saat ini, Beliau telah menikah dengan Nita A,bani dan telah diberkati dengan dua anak laki-laki dan seorang anak perempuan. Sekarang keluarganya tinggal di sebuah gedug berlantai 27 pribadi di Mumbai, yang diyakini merupakan rumah paling mahal dalam sejarah, yang senilai US $ 1 miliar.

www.thefamouspeople.com

Mukesh Ambani

Biodata

Nama Lengkap : Mukesh Ambani
Tempat, Tanggal lahir : Yaman, 19 April 1957
Umur : 60 tahun
Negara : India
Tempat tinggal : Mumbai, India
Pendidikan : University of Mumbai (Bachelor of Chemical Engineering)
Stanford University-Stanford Graduate School of Business (MBA - dropped out)
Agama : Hindu

Nama Mukesh Ambani terkenal di seantero India. Ia merupakan pengusaha atau orang paling kaya di India dan juga masuk dalam jajaran orang terkaya di dunia. Ia juga memiliki rumah di India yang ditaksir seharga 2 milyar dollar atau sekitar 27,3 trilyun rupiah yang memiliki fasilitas super mewah. Mukesh Ambani lahir pada tanggal 19 April 1957 di Yaman ketika orang tuanya menjadi tenaga kerja disana karena kondisi keluarganya saat itu sangat miskin. Ayahnya bernama Dhirubhai Ambani pendiri Relaince Industries yang menjadi salah satu perusahaan terkemuka di India dan di dunia. Ibu Mukesh Ambani bernama Kokilaben Ambani.

Pada masa kecilnya Mukesh tinggal di apartemen yang kecil yang sempit bersama dengan keluarganya. Namun seiring kondisi keuangan keluarga yang terus membaik akhirnya ia kemudian pindah ke apartemen yang lebih layak. Sekolahnya ia selesaikan di Hill Grange High School, ia kemudian melanjutkan pendidikannya dengan kuliah di University Of Mumbay jurusan teknik kimia dengan gelar B.E. Ia kemudian melanjutkan kuliahnya di Stanford University dan mendapatkan gelar MBA dalam kurun waktu satu tahun saja.

Berkat perusahaan Reliance Industries yang didirikan oleh ayanya bersama sepupunya membuat keluarga Ambani menjadi salah satu taipan atau konglomerat di India. Ayah Mukesh Ambani ayitu Dhirubhai Ambani kemudian meninggal dunia pada tahun 2002 akibat penyakit Stroke. Akhirnya ia kemudian mewariskan perusahaannya kepada dua anaknya yaitu Mukesh dan Anil Ambani.

Dibawah kepemimpinan Mukesh dan adiknya, perusahaan Reliance Industries yang bergerak di sektor pertambangan dan gas berkembang dengan sangat pesat. perusahaan tersebut tercatat mempekerjakan lebih dari 85.000 karyawan pada tahun 2012 dan juga menjadi salah satu sumber pendapatan pemerintah India untuk sektor pajak sebab Reliance Industries menyumbangkan sebesar 5% dari total pendapatan pajak pemerintah India. Perusahaan tersebut dibawah nauangan Mukesh Ambani bahkan masuk dalam daftar Fortune 500 sebagai perusahan terbesar di dunia.

Perusahaan Mukesh Ambani
Sebagai seorang pengusaha dan juga CEO Reliance Industries, Mukesh Ambani kemudian banyak melebarkan sayap usaha perusahaannya di banyak bidang seperti perminyakan, garmen, gas, asuransi bahkan anak perusahaanya lebih banyak bergerak di bidang ritel. Perkembangan yang pesat dari perusahaannya menjadikan pundi-pundi keuangan Mukesh Ambani semakin bertambah.

Mukesh Ambani bahkan masuk dalam jajaran 10 orang terkaya di dunia pada tahun 2010. Di tahun 2015 total kekayaannya mencapai 20,8 milyar dollar atau sekitar 284,9 trilyun rupiah menurut majalah forbes dan berada di urutan 39 daftar orang terkaya di dunia. Ia menikah dengan dengan Nita Ambani yang juga seorang pengusaha wanita yang mendirikan Dhirubai Ambani International School.

Mukesh Ammabi juga banyak memperoleh penghargaan sebagai tokoh paling berpengaruh dan juga pebisnis paling berpengaruh di dunia. Adapun penghargaannya yaitu Bussiness Of The Year dari Financila Chronicle, Global Leadership Award dari bussines councill for international understanding, School Engineering and Applied Science Dean’s Medal dari University of Pennsylvania.

Qoutes

“All of us, in a sense, struggle continuously all the time, because we never get what we want. The important thing which I’ve really learned is how do you not give up, because you never succeed in the first attempt.” – Mukesh Ambani

“You have to manage money. Particularly with market economies. You may have a great product, but if your bottom line bustm then that’s it.” – Mukesh Ambani

“I have turned into a big nature fan as well… I can afford it more today. These childhood influences have shaped me into what I am today.” – Mukesh Ambani

Inilah 10 pelajaran sukses dari Mukesh Ambani :

  1. Biarkan pekerjaan Anda berbicara untuk dirinya sendiri

  2. Mimpikanlah

  3. Percaya semua, tapi tidak bergantung sama sekali

  4. Resiko memberikan pelajaran terbesar

  5. Percayakan naluri usus Anda

  6. Jadilah lapar, jangan sabar

  7. Jangan panik, tetap kuat

  8. Kredibilitas membawa premi tinggi

  9. Jagalah matamu terbuka lebar

  10. Bangun sebuah tim


Referensi

https://addicted2success.com/quotes/25-quotes-from-mukesh-ambani-the-richest-man-in-india/
https://id.wikipedia.org/wiki/Mukesh_Ambani
http://www.biografiku.com/2016/02/biografi-mukesh-ambani-kisah-pengusaha-terkaya-di-india.html
http://knowstartup.com/2016/12/10-success-lessons-from-mukesh-ambani/