Mudik Sebelum Lebaran vs Mudik Sesudah Lebaran, Kalian Team apa?

winter-4708505_640

Mudik diartikan sebagai kegiatan pulang ke kampung yang dilakukan oleh para perantau yang biasanya bekerja di kota-kota diluar daerah kelahirannya. Nah, di Indonesia sendiri mudik ini dianggap sebagai tradisi tahunan yang dilakukan ketika mendekati raya besar keagamaan, seperti Lebaran, Natal, Tahun Baru, dan lain sebagainya.
Dipercaya bahwa mudik ini suda ada sejak zaman majapahit, yang mana tradisi ini dimulai oleh para petani Jawa yang merantau dan pulang ke kampung halaman. Para petani ini pulang untuk membersihkan makam leluhurnya. Kegiatan pulang kampung ini memiliki banyak makna dan versinya tersendiri, salah satunya adalah merujuk pada bahasa jawa yang menyebut bahwa istilah mudik ada karena singkatan dari kata “mulih” dan “udik” yang berarti pulang sebentar.
Mudiknya para perantau biasanya mendekati hari raya sebab ingin merasakan bagaimana suasana sahur, ngabuburit dan berbuka bersama keluarga di kampung halaman. Namun, tidak sedikit masyarakat yang memutuskan untuk mudik setelah lebaran, karena tepat dihari besar tersebut masih ada pekerjaan yang harus diselesaikan, dan ada juga yang memutuskan untuk lebaran hari pertama di rantauan.

Nahh, disini adakah dari teman-teman yang juga perantau? Biasanya kalian kalau mudik sebelum atau sesudah lebaran nih? Apa jarang pulang kampung? Atau jangan-jangan semenjak merantau belum pernah pulang kampung? Xixixi.
Komen dibawah yaaa!!!

Saya menjadi perantau sejak masuk kuliah. Biasanya saat lebaran itu bertepatan dengan libur semester genap. Saya lebih suka mudik sebelum lebaran, karena ingin merasakan puasa di kampung halaman yang nuansanya lebih terasa daripada di kota tempat saya merantau. Selain itu, rasanya juga menyenangkan bisa menyiapkan kue lebaran bersama sepupu sehari sebelum hari raya