Motif Ukir Toraja

Toraja, tidak hanya terkenal akan kain atau kebudayaannya yang tidak mengubur jenazah nene moyang atau sesepuh mereka. Namun ternyata motif ukiran toraja cukup terkenal dan banyak dijual atau disenangi oleh para pecinta ukiran.

Motif ukir toraja ini diaplikasikan utamanya pada kayu. Leluhur mengartikan bahwa ukiran dari Toraja mengandung arti bahwa setiap masyarakat toraja harus memiliki sifat yang saling membantu sesama baik keluarga atau bukan, bekerja keras, da menghormati baik leluhur maupun sang pencipta. Ciri khas yang paling terlihat dari ukirannya adalah warna dasar merah, hitam yang banyak digunakan sebagai simbol tanah toraja, sama pada kain yang biaaa digunakan suku toraja.

Seni ukir toraja memiliki fungsi sendiri sebagaimana setiap seni kriya memiliki fungsi , untuk seni ukir toraja berfungsi sebagai pelengkap hiasan tradisional, penggunaan upacara secara tradisional karena masyarakat toraja sangat banya menggunakan upacara, dan terakhir sebagai sumber ekonomi dan buah tangan khas untuk para turis tanah toraja.