Morning Person, Sebuah Kronotipe yang Penuh Manfaat

Morning Person, Sebuah Kronotipe yang Penuh Manfaat

Morning person atau bisa diartikan sebagai orang yang aktif di pagi hari merupakan sebuah gaya hidup yang mana seseorang lebih produktif di pagi hari, mengawali hari lebih awal (early bird), alih-alih menyelesaikan aktivitas sampai larut malam (begadang).

Setiap orang punya gaya hidupnya masing-masing. Disaat ada yang lebih aktif berkegiatan di pagi hari, ada pula yang lebih aktif di malam hari. Ini kembali lagi pada kebiasaan yang ia bangun sejak lama. Akan tetapi, ada yang menarik dari “Morning Person” yang tidak dirasakan atau didapatkan oleh mereka yang “Night Person”.

Dikutip dari Khairiati (2017), mereka yang mengawali hari lebih pagi bisa merasakan banyak manfaat, antara lain sebagai berikut :

  1. Mudah menyerap ilmu
  2. Pintu rezeki lebih terbuka lebar
  3. Waktu yang penuh keberkahan
  4. Menyehatkan
  5. Waktu yang produktif dan berkualitas untuk beramal

Ryder (2020) menyampaikan dalam Trello bahwa ketika Anda pertama kali bangun di pagi hari, otak Anda secara fisik lebih besar daripada ketika Anda pergi tidur? Itu karena otak kita adalah yang paling terhidrasi setelah masa istirahat.

Menurut penulis Dr. Robert Carter dan Dr. Kirti Salwe Carter dalam buku mereka, The Morning Mind, otak yang berkinerja terbaik adalah otak yang terhidrasi. Jadi inilah masalahnya: Jika manusia sudah memiliki keuntungan biologis yang melekat untuk menjadi orang-orang pagi, mengapa begitu (begitu, sangat, sangat) sulit bagi begitu banyak dari kita untuk menjadi lebih tenang dan produktif saat fajar menyingsing?.

Telah banyak disampaikan dalam berbagai kesempatan bahwa salah satu rahasia kecil namun berdampak besar terhadap kehidupan sukses seseorang adalah produktif di pagi hari (Morning Person). Lalu bagaimana dengan gaya hidup atau kronotipe Anda saat ini ?

Menurut Anda, hal menarik dan bermanfaat apa selain di atas dari menjadi “Morning Person” ?

Referensi
  1. Khairiati, Ana. 2017. Spirit Bangun Pagi Dalam Meningkatkan Etos Kerja. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Program Studi Ekonomi Syariah.
  2. Ryder, Leah. 2020. How To Act Like A Morning Person (Even If You’re Not One). Trello. Com. Dakses pada 26 April 2020.