Model Kit MONTOR! Mari Intip ! Review : Aoshima 1/12 Kawasaki GPZ900R

Aoshima 1/12 Kawasaki GPZ900R

a Movie that starts it all.

Sebagai anak laki-laki yang lahir di tahun 80an, ada satu film favorit saya, bahkan sampai saat ini, Top Gun. Film ini sangat membekas di hati. Karena film ini saya jadi menyukai dunia dirgantara, bercita-cita menjadi pilot atau engineer pesawat, dan berkenalan dengan hobby model kit.

Selain pesawat, ada adegan lain di film Top Gun yang juga sangat membekas di hati. Adegan Tom Cruise memacu motornya di sisi runway seakan akan balapan dengan F-14 Tomcat. Selain itu juga kagum dengan cara Tom Cruise memikat instruktur cantiknya dengan motor tersebut.


Motor yang digunakan Tom Cruise di film tersebut adalah Kawasaki GPZ900R. Motor ini salah satu yang terbaik di tahun 80an, dan menjadi kebanggaan beberapa orang beruntung yang masih memilikinya. GPZ900R memiliki mesin berkapasitas 900cc water cooled 4 silinder inline. Kawasaki dengan jenius mendisain mesin 900cc ini dengan dimensi relative kecil. Penempatan mesin ini dilakukan dengan cerdas sehingga mesin tidak memjadi beban tapi malah menjadi komponen penguat rangka motor. Hasilnya adalah motor yang ringan, kecil, dan aerodinamis. Sehingga handling GPZ900R ini semudah motor 750cc tapi top speed sebanding dengan motor 1100cc.  

Aoshima 1/12 Kawasaki GPZ900R

Saat ini GPZ900R sudah tidak diproduksi lagi. Bagi bikers yang benar benar serius ingin memiliki motor ini mungkin masih bisa menemukannya. Sayangnya tidak semua fans GPZ900R punya budget ataupun keahlian teknis memadai untuk mengoperasikan motor legendaris ini. Untungnya Aoshima menyediakan replika akurat skala 1/12 GPZ900R.

Aoshima adalah pabrikan mokit dari Jepang yang sudah merilis banyak kit otomotif berkualitas tinggi. Kualitas mokit Aoshima bisa dilihat sejak anda membuka kotak mokit ini. Sprue di grup dan diberi kantung plastik terpisah untuk menjaga parts dari kerusakan selama pengiriman. Hal ini sangat penting karena beberapa parts berukuran sangat kecil dan tipis untuk menangkap detail realistis GPZ900R. Dilihat sepintas pencetakan parts dilakukan dengan baik oleh Aoshima, tidak ada cacat seperti flash yang terlihat.

Aoshima 1/12 Kawasaki GPZ900R parts 1

Aoshima 1/12 Kawasaki GPZ900R parts 2


Detail yang diberikan Aoshima di kit ini pun luar biasa. Pentil dicetak dengan realistis di velg racing. Chain dan sprocket dicetak dalam satu parts dengan detail yang jelas dan tajam.  Detail yang ada di disc brake pun luar biasa. Lubang pendimgin cakram benar benar berlubang, tidak hanya cekungan saja.

Aoshima 1/12 Kawasaki GPZ900R wheel

Aoshima 1/12 Kawasaki GPZ900R chain and sprocket

Aoshima 1/12 Kawasaki GPZ900R disc brake


Bagi saya pribadi, satu satunya kekurangan kit ini adalah chrome plated parts. Tapi ini adalah suatu hal yang ada di semua kit otomotif lainnya. Chrome plated parts ini tidak bisa di cat dan di lem. Sehingga lapisan chrome dia area yang akan di cat atau lem perlu dikikis, bisa secara fisik dengan amplas atau secara kimia dengan bantuan acetone. Kekecewaan saya terobati dengan detail tajam yang diberikan Aoshima di chrome plated parts ini.
 
Aoshima 1/12 Kawasaki GPZ900R chrome plated parts
Overall ini adalah mokit berkualitas dari Aoshima. Mokit ini diperkaya dengan detail yang lengkap dan tajam untuk membuat GPZ900R skala 1/12 yang oke. Cocok bagi penggemar motor sport terutama Kawasaki ataupun fans film Top Gun.

Silahkan kunjungi toko kami, www.rumahmokit.com untuk memiliki mokit ini dengan mudah, Terimakasih.


Sumber
Review : Aoshima 1/12 Kawasaki GPZ900R

waduhhhh untuk ukuran model kit yang kecil dan sederhana ternyata perakitannya rumit banget yahh :scream::scream::scream:

gak rumit gimana coba…partnya aja banyak dan juga kecil banget pula…padahal hanya untuk model kit jenis motor bisa serumit ini ya hahaha :joy::joy::joy: