Modal apa saja yang dibutuhkan seseorang didalam memulai usaha?

Modal apa yang dibutuhkan seseorang didalam memulai usaha ?

Untuk menjadi seorang pebisnis yang handal, selain membutuhkan modal finansial, setidaknya ada dua modal penting lainnya yang perlu anda perhatikan berkaitan dengan kesiapan pribadi anda. Dua modal penting itu adalah Kesiapan mindset (pola pikir) dan Pengetahuan tentang Business Skill, yakni strategi membangun bisnis yang benar.

Visi yang Jelas

Kesuksesan selalu berawal ketika anda mampu membayangkan gambaran akhir dari tujuan anda, seolah-olah begitu jelas tergambar di dalam pikiran anda. Bayangkanlah kesuksesan anda dalamberbisnis ataupun dalam karir anda, nampak menjadi sesuatu yang sudah jelas di depan mata dan syukuri seolah-olah telah terjadi dan anda berbahagia karenanya.

Anda harus bisa membayangkan sebesar apa skala bisnis anda dalam waktu lima sampai sepuluh tahun ke depan. Berpikirlah seperti anda akan membangun sebuah perusahaan besar. Buanglah dari alam bawah sadar anda bahwa ini hanyalah bisnis sampingan. Bisnis yang besar diawali dari mimpi besar, yang di tindaklanjuti dengan tindakan yang besar pula, terus-menerus dan pantang menyerah. “Begin with the end in mind”, mulailah de­ngan memikirkan tujuan akhir," begitulah salah satu dari 7 kebiasaan orang yang efektif menurut Stephen R. Covey, dalam bukunya yang sangat terkenal, The Seven Habits of Highly Effective People.

Pantang Menyerah

Tidak ada bisnis yang sukses dalam waktu singkat dan buku yang sedang anda baca ini tidaklah mengajarkan bagaimana cara cepat menjadi orang kaya. Buku ini mengajar-kan proses yang harus anda lakukan dan lalui.Gagal terkadang menjadi“menu wajib”dari setiap usaha yang kita jalankan. Manfaatkan setiap kegagalan untuk mengambil pelajaran dan mengoreksi kembali langkah yang sudah kita lakukan. Terimalah kegagalan sebagai tanda bahwa anda semakin dekat menuju kesuksesan. Sebagaimana tanaman, bisnis juga memerlukan waktu untuk tumbuh, bertunas dan berkembang, sebelum nantinya menjadi pohon bisnis yang memberikan buah yang manis, lebat dan berbuah terus-menerus tiada henti. Karena itu janganlah anda mudah menyerah, teruslah berjuang, membangun kerajaan bisnis anda.

Latar belakang perusahaan

Latar belakang perusahaan bercerita mengenal data perusahaan, orang-orang dibalik bisnis Kita, struktur organisasi, konsultan atau ahli yang mendampingi, susunan pemilik saham (berlaku jika bisnis berbadan hukum Perseoran Terbatas).

Analisis Pasar dan Pemasaran

Analisis pasar dan pemasaran bercerita mengenai strategi Kita melakukan pemasaran produk. Dalam tindak lanjutan biasanya orang menggunakan rencana pemasaran (marketing plan) untuk menjelaskan detill atau strategi pemasaran.

Analisis Produksi

Analisis produksi menjelaskan sistem operasi bisnis Kita. Misal bisnis Kita adalah jenis produksi atau manufaktur, perlu diketahui bagaimana proses dari penerimaan pesanan, produksi, distribusi barang-barang dan penagihan. Jika bisnis Kita adalah bisnis jasa, Kita harus menuliskan dengan jelas bagaimana cara Kita menyalurkan jasa kepada pembeli.

Analisis Sumber Daya Manusia

Analisis sumber daya manusia menceritakan orang-orang yang dibutuhkan dari kompetensi, jumlah orang yang dibutuhkan. Rencana pengemabangan sumber daya manusia. Bagi sebagian calon entrepreneur bagian ini biasanya dianggap remeh, tetapi hal inilah yang salah satunya penentu kecepatan dalam bisnis.

Analisis Keuangan

Analisis keuangan berisi proyeksi (forecasting atau peramalan) pendapatan dan pengeluaran, pengembalian modal (break event point), pengembalian atas investasi (return on investment), perhitungan penggunaan daya ungkit (leverage) dan lainnya.

Referensi

A post was merged into an existing topic: Bagaimanakah membangun mindset seorang pemula untuk melakukan analisis biaya dan manfaat dalam merancang business case?