Mobil 'terkutuk' Franz Ferdinan

Mobil diatas merupakan tunggangan Franz Ferdinan dan istrinya mati terbunuh saat perjalanan mereka menggunakan ke Sarajevo, dan kematian merekalah yang menjadi salah satu penyebab pecahnya perang dunia pertama. Konon mobil tersebut diisukan memiliki kutukan. Sobat diskusi ada yang pernah mendengar kisah mengenai mobil ini?

Franz Ferdinand von Habsburg ini sbnrnya keponakan dari Kaisar Franz Josef dan pewaris Kekaisaran Austria-Hongaria. Dia ditembak mati bersama istrinya Putri Sophie Cothek di Sarajevo, Bosnia. Pelakunya adalah seorang nasionalis Serbia, Gavrilo Princip (19).

Otto von Bismarck yang merupakan kanselir Jerman pertama pada akhir hayatnya pernah mengatakan, “Suatu hari Perang Eropa akan pecah karena dipicu beberapa hal bodoh di Balkan”. Prediksinya terbukti, mengingat kematian Franz Ferdinand menjadi salah satu penyebab pecahnya Perang Dunia I.

Franz Ferdinand dan Sophie yang terluka parah pada akhirnya meninggal dunia dalam waktu satu jam.

Kematian pasangan tersebut dengan cepat memicu serangkaian peristiwa. Austria-Hongaria – seperti kebanyakan negara di dunia-- menyalahkan Serbia. Rusia kala itu menunjukkan dukungan terhadap Serbia, deklarasi perang sempat tertunda hingga akhirnya para pemimpin Austria-Hongaria mendapat kepastian bahwa penguasa Jerman Kaiser Wilhelm akan mendukung mereka.

Pada tanggal 28 Juli, Austria-Hongaria mengumumkan perang terhadap Serbia, membuat perdamaian antara kekuatan besar Eropa runtuh. Dalam seminggu, Rusia, Belgia, Prancis, Inggris dan Serbia berbaris melawan Austria-Hungaria dan Jerman. Perang Dunia I pun dimulai.