Mitos Mengerikan Gerhana Bulan Total

image

Gerhana bulan total atau super blue blood bakal terjadi di Indonesia dan beberapa negara di dunia. Meskipun itu merupakan fenomena alam langka, tapi masih banyak orang yang mengaitkannya dengan hal-hal mistis. Apa sajakah kisah mistis yang ada di seluruh penjuru dunia?

Berikut beberapa kepercayaan gerhana bulan di seluruh penjuru dunia:

  • Bangsa Yunani Kuno memercayai jika datangnya gerhana bulan merupakan tanda jika Tuhan sedang marah dan awal dari sebuah bencana besar. Kata gerhana (eclipse) sendiri berasal dari bahasa Yunani Kuno “ekleipsis” yang memiliki arti ditinggalkan.
  • Suku Hupa di bagian utara California. percaya bahwa gerhana bulan disebut sebagai tanda jika bulan sedang terluka. Suku Hupa meyakini kalau bulan memiliki 20 istri dan banyak hewan peliharaan buas seperti singa dan ular. Konon ketika bulan telat memberi makan hewan peliharaannya, mereka akan menyerang bulan hingga membuatnya berdarah. Kemudian, para istri menolong bulan dan melindungi dari serangan hewan peliharaannya.
  • Mitos gerhana bulan total selanjutnya berasal dari masyarakat Indonesia, tepatnya di beberapa daerah Jawa. Mereka percaya jika momen gerhana bulan total merupakan pertanda datangnya Batara Kala. Momen di mana bulan perlahan menghilang, adalah peristiwa raksasa Batara Kala tengah memakan bulan. Untuk mengusir Batara Kala, para penduduk kemudian menabuh lumpang (tempat penumbuk dari besi) dengan maksud menakuti Batara Kala.

baca artikel