Mitos kesehatan yang salah tapi kalian percaya!


Berikut ini adalah beberapa mitos kesehatan yang (mungkin) kalian percaya :

  1. Sel Otak tidak dapat dipulihkan
  2. Membaca di ruang gelap dapat merusak mata
  3. Suplemen vitamin dapat membantu kesehatan
  4. Ngemil di malam hari bisa gemuk
  5. Minum air putih untuk menghilangkan jerawat

Adakah mitos-mitos lain yang kalian percaya? Tulis pendapat kalian di kolom dibawah ini!

1. Mengurangi Makan Buah Karena Banyak Mengandung Gula

Ya memang benar bahwa buah meiliki banyak gula, tetapi Gula pada buah adalah gula alami yang tidak akan menyebabkan kenaikan gula.

Kandungan Fruktosa yang ditemukan dalam buah justru akan membantu mengolah tumpukan glikogen dalam hati. Hal ini lah yang merupakan salah satu faktor keputusan apakah tubuh akan melepaskan energi atau tidak.

2. Cokelat Sangat Menyebabkan Obesitas

Banyak Dari kita menganggap bahwa coklak dapat membuat gemuk dan Bahkan dapat membuat Obesitas. Tetapi Anggapan tersebut tidak benar/ hanyalah Mitos .

Bahkan, sebuah penelitia menemukan bahwa cokelat tidak bikin gemuk justu bisa membuat cepat kurus.

Namun yang harus diperhatikan adalah berapa banyak jumlah cokelat yang kita makan.

Kemudian penelitian menunjukkan bahwa orang yang rutin mengonsumsi cokelat dan dibarengi dengan olahraga cenderung lebih kurus. Perbedaannya cukup signifikan dan jelas dibanding yang tidak makan cokelat.

3. Tidur Siang Berdampak buruk pada Kualitas dan Kuantitas Tidur Malam

Sebagia Orang banyak mengganggap bahwa orang tidur siang akan memperburuk kualitas tidur di malam harinya atau mengurangi Kuantitas tidur malam.

Tetapi, hal tersebut hanyalah mitos , Karena menurut penelitian bahwa tidur siang justru memperbaiki kualitas tidur di malam hari.

Pada penelitian tahun 2011 juga menegaskan bahwa kualitas tidur malam tidak selalu disebabkan Karena kebiasaan tidur siang. Malahan, badan jadi lebih bugar karena total waktu istirahatnya lebih panjang. eskipun Efeknya memang bisa bervariasi pada setiap individu.

4. Banyak Minum Air Tidak Berbahaya, Malah Dianjurkan

Banyak dari kita menganggap bahwa minum Air yang sangat banyak akan berdampak baik pada kesehatan. Tetapi hal itu salah , Karena dapat menyebabkan yang namanya Overhydrating

Overhydrating ini bisa sangat berbahaya, meskipun kondisi tersebut jarang terjadi.Overhydrating ini dikarenakan terlalu banyak air yang diminum yang dapat menyebabkan hiponatremia.

Apa itu hiponatremia?

Hiponatremia yaitu kadar natrium dalam tubuh menjadi encer dan menyebabkan sel-sel membengkak. Gejala hiponetermia yang dapat dan biasanya muncul yaitu mual, muntah, sakit kepala, pusing, kebingungan, kelelahan, dan kejang.

Jadi Lebih baik minum Sebanyak yang dianjurkan oleh pakar kesehatan.

5. Stres Bisa Bikin Rambut Beruban dalam Semalam

Yah memang benar jika Stress dapat membuat rambut kita Beruban, Kondisi fisik kita keriput dan muka kusam dan pucat. Namun yang perlu dicatat bahwa kondisi tersebut tidak mungkin terjadi dengan cepat apalagi semalam.

Rambut anda beruban pada waktu semalan itu dapat terjadi jika anda pada malam harinya mengecat rambut anda sendiri dengan pewarna rambut warna putih kemudian anda lupa pada pagi harinya jika anda telah mengecat rambut anda sendiri.

6. Memakan Makanan Pedas dapat Membuat Sariawan

Banyak orang atau bisa anda juga gemar makanan pedas ya kan? Namun, kita sering mendengar dan sangat identik jika terlalu sering makanan pedas bisa menyebabkan sariawan di mulut.

Tetapi pada kenyataannya, Penelitian mengungkapkan bahwa orang yang tidak makanan pedas justru memiliki tiga kali risiko mengalami sariawan, daripada mereka yang gemar masakan pedas.

Hal ini Mungkin karena capsaicin yang terkandung di cabai mengubah keasaman rongga mulut sehingga salah satu kuman penyebab sariawan yakni helicobacter pylori tidak bisa hidup.

7. Telur Membuat Bisulan

Banyak orang Indonesia yang percaya bahwa telur dipercaya bisa menyebabkan bisul. Hal itu Di percaya karena kandungan telur yang tinggi protein di anggap dapat menyebabkan Bisulan.

Padahal Telur merupakan salah satu makanan yang hampir memenuhi seluruh sumber protein untuk tubuh.

Namun, Apabila ada orang yang memang terkena bisul ada kemungkinan ia memiliki alergi. Makanan yang bisa menyebabkan alergi itu ada banyak sehingga telur tak bisa dipegang penuh sebagai penyebab bisul.

8. Makan Jambu Biji Bikin Usus Buntu

Banyak Orang percaya bahwa yang gemar menelan biji jambu dan cabai akan terkena usus buntu karena biji-biji tersebut tidak dapat dicerna dengan baik oleh tubuh. Sehingga, dikhawatirkan masuk ke usus buntu alias sekum yang mengakibatkan peradangan.

Tetapi itu hanyalah mitos, faktanya tak ada kaitan antar biji jambu atau biji cabai yang tertelan dengan terjadinya peradangan pada usus buntu. Meskipun menyangkut, biji-biji tersebut akan keluar lagi bersama kotoran (feses).

9. Mandi Malam Dapat Menyebabkan Rematik

Orang-orang sangat percaya bahwa ngilu yang sering dikeluhkan setelah mandi malam membuat sebagian orang menyangkut pautkannya dengan ‘mandi malam bisa picu rematik’. Padahal hal tersebut hanya mitos belaka.

Rasa ngilu yang terjadi setelah mandi malam bukan karena gejala penyakit rematik. Namun, akibat saraf seseorang yang terkadang memang sensitif terhadap suhu dingin dan mengartikan sebagai rasa sakit.

10. Jangan Mandi atau Terkena Angin Saat Campak

Masih banyak orang yang mempercayai mitos tersebut. Beberapa bahkan mengklaim bila penyakit ini akan lebih sulit disembuhkan karena virus akan meluas bila tersiram air atau hembusan angin.

Seseorang yang terkena campak dengan bintik merah boleh mandi karena tak ada hubungannya dengan perluasan virus dan bagaimanapun kebersihan diri harus dijaga